Cara Transfer Sesama Bank Mandiri

Cara Transfer Sesama Bank Mandiri, Hafalkan Agar Tidak Salah

Posted on

Bank Mandiri adalah bank milik BUMN yang memiliki banyak nasabah. Nasabah memilih Mandiri karena layanannya yang beragam dan selalu memudahkan nasabah. Salah satu layanan yang memudahkan nasabah ialah panduan-panduannya yang dibuat simple dan mudah dipahami. Misalnya, cara transfer sesama bank mandiri yang disampaikan melalui website dan pamflet.

Tidak berhenti pada panduan-panduan, Mandiri sediakan peralatan perbankan modern. Salah satunya dengan menyediakan mesin ATM yang memudahkan pengguna untuk transfer, penarikan hingga menabung. Seluruhnya dihadirkan untuk membantu nasabah melakukan transaksinya tanpa perlu mendatangi bank. Lantas, apakah cara transfer atm sesama mandiri dapat dilakukan?

Layanan Bank Mandiri

Mandiri telah hadir di Indonesia dalam waktu panjang. Kehadirannya diawali dengan layanan perbankan umum, seperti menabung dan penarikan uang. Namun seiring berjalannya waktu, Mandiri memiliki perkembangan pesat dengan layanan-layananannya. Salah satunya menghadirkan layanan transfer ataupun pengiriman uang ke sesama ataupun antar bank.

Hadirnya layanan transfer di Mandiri, akan memudahkan nasabah untuk mengirimkan uang. Proses pengirimannya pun dapat dilakukan dengan cepat. Uang yang dikirimkan hari ini, dapat segera diterima di hari yang sama. Jika demikian, apakah transfer bank mandiri dapat dilakukan melalui internet banking dan m-banking?

Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri

Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri

Hal paling mudah yang dapat dilakukan saat akan transfer uang adalah menggunakan ATM. Untuk melakukannya, anda dapat mengikuti ulasan dibawah ini,

  • Kartu ATM dan PIN

Temukan mesin ATM terdekat dengan posisi anda saat ini. Kemudian masukkan kartu ATM dan PIN yang telah didaftarkan. Selanjutnya pilih opsi transfer dan tentukan apakah transfer dilakukan ke sesama ataupun antar bank. Bila ke sesama, pilihlah menu ke rekening mandiri. Dan lanjutkan dengan memasukan nomor rekening.

  • Nomor Rekening dan Nominal

Langkah selanjutnya ialah memasukkan nomor rekening sesama mandiri. Masukkan nomor rekening dan jangan sampai memasukkannya secara asal. Karena kesalahan dalam memasukkan nomor rekening, dapat menyebabkan kegagalan dalam cara transfer atm mandiri. Setelahnya, masukkan nominal uang yang akan dikirimkan.

  • Konfirmasi Layar

Terakhir, periksa kembali layar dan lakukan konfirmasi. Pada layar akan tercantum nominal uang yang akan dikirimkan dan rekening tujuan. Bila anda selesai mengkonfirmasinya selesaikan dengan menekan lanjut. Setelahnya tunggu beberapa saat, hingga terdapat struk yang menyatakan bahwa transaksi telah berhasil dilakukan.

Cara Transfer Sesama Mandiri Via Mbanking

Anda yang telah memiliki Mbanking, dapat melakukan transfer uang melalui aplikasi perbankan tersebut. Namun sebelumnya, ikuti langkah-langkah dibawah ini,

  • Registrasi

Sebelum melakukan langkah-langkah apapun, anda perlu melakukan registrasi. Registrasi m-banking mandiri hanya dapat dilakukan di bank. Registrasi m-banking membutuhkan syarat tertentu, seperti nomor handphone dan pulsa, KTP, buku tabungan dan kartu ATM. Karena seluruhnya diperlukan untuk dikoneksikan antara satu dengan yang lain.

  • Login Username dan Password

Selesai dengan registrasi dan handphone telah terkoneksi, waktunya mencoba login. Login dapat dilakukan dengan memasukkan username dan password. Anda perlu memperhatikannya, karena kesalahan password sebanyak tiga kali menyebabkan akun diblokir. Untuk itu, berhati-hatilah saat login.

  • Opsi Transfer

Pilihan yang tersedia setelah anda login cukup beragam. Namun pada kesempatan kali ini, pilihlah opsi transfer untuk mengirimkan uang. Pilihlah transfer ke sesama dan masukkan rekening tujuan. Kemudian dalam cara transfer bank mandiri melalui mbanking ialah masukkan pula jumlah uang yang akan dikirimkan serta deskripsi.

  • Konfirmasi

Bila sudah memasukkan seluruh data yang dibutuhkan, kemudian tekan lanjut. Anda perlu melakukan konfirmasi pengiriman uang dan tekan konfirmasi. Setelah konfirmasi dilakukan, masukkan MPIN yang telah didaftarkan. Tunggu beberapa saat, hingga akhirnya transfer dinyatakan selesai dan berhasil.

Baca juga : Transfer Antar Bank BNI, Hanya Melalui Handphone

Cara Transfer Sesama Bank Mandiri Via SMS Banking

Cara Transfer Sesama Bank Mandiri Via SMS Banking

Cara lain yang dapat dilakukan untuk melakukan transfer uang melalui bank mandiri ialah melalui SMS Banking. Namun dalam menjalankannya, diperlukan format-format khusus, seperti dibawah ini

  • Aktivasi Layanan

Bila registrasi layanan sebelumnya perlu dilakukan di bank, berbeda dengan layanan SMS banking. SMS banking dapat dilakukan secara mandiri melalui ATM terdekat. Namun, untuk memanfaatkannya, hanya dapat menggunakan jaringan Indosat, XL dan Telkomsel. Setelah dinyatakan berhasil, anda dapat melanjutkannya dengan mencoba transfer.

  • Panggilan Atau Dial Up

Langkah berikutnya adalah melakukan panggilan telepon atau dial up. Nomor yang dapat dihubungi ialah *141*6#. Kemudian masuk dalam menu transfer dan pilih nomor 2. Nomor 2 merupakan opsi untuk melakukan transfer antar rekening. Di sinilah perlu dimasukkan nomor rekening penerima atau tujuan pengiriman.

  • Nominal Uang

Setelah memasukan nomor rekening yang dimaksud, anda perlu memasukkan nominal uang. Saat memasukkannya, pastikan bahwa jumlah tabungan mencukupi. Agar tidak terjadi kegagalan dalam proses cara transfer ke sesama mandiri. Bila telah sesuai, tunggu beberapa saat untuk mendapatkan PIN tertentu.

  • SMS PIN

PIN yang dimasukkan dalam pesan, akan didapat setelah dikirimkan oleh pihak bank. Jumlah pin yang dimasukkan tidak banyak, yaitu dua digit PIN. Setelahnya, masukkan PIN tersebut dan tunggu beberapa saat hingga mendapatkan notifikasi. Notifikasi inilah yang akan mengabarkan apakah cara transfer sesama bank mandiri berhasil atau sebaliknya.

Tips Jalankan Cara Transfer Bank Mandiri

Setiap cara membutuhkan kehati-hatian dalam menjalankannya. Untuk itu, dibutuhkan tips agar proses ini dapat berjalan lancar, seperti ulasan berikut

  • Catat Rekening

Hal utama dalam melakukan transfer uang ialah nomor rekening. Nomor rekening inilah yang perlu diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan pengiriman. Utamanya anda yang menjalankan cara transfer uang di ATM mandiri. Karena tidak ada data yang tersimpan dalam mesin saat proses dilakukan. Oleh karenanya, pastikan catat rekening tanpa kesalahan.

  • Password dan MPIN

Selain rekening, anda perlu memperhatikan saat memasukkan password dan MPIN. Setiap memasukkannya pastikan sudah benar dan tanpa kesalahan. Hal ini akan mendukung keberhasilan cara transfer. Karena kesalahan dalam input MPIN dan password dapat menyebabkan akun terblokir dan tidak ada transaksi yang dapat dilakukan.

  • Uang di Rekening

Proses transfer uang melalui mbanking dan internet banking akan memanfaatkan uang yang tersedia di tabungan. Hal serupa berlaku untuk cara mentransfer uang lewat ATM mandiri. Karenanya, pastikan bahwa uang dalam tabungan mencukupi untuk melakukan transfer. Bila tidak mencukupi, maka proses transfer tidak dapat dilanjutkan.

  • Perhatikan Limit

Terakhir, perhatikan limit anda saat melakukan transfer. Setiap nasabah memiliki limit yang disesuaikan dengan jenis kartu dan rekening yang dimiliki. Transfer yang melebihi limit tidak dapat dilakukan. Nabasah dapat kembali melakukan transfer pada hari berikutnya, karena limit dapat diperbaharui setiap harinya.

Setiap nasabah dapat menikmati seluruh layanan tersebut. Namun, nasabah harus melakukan registrasi untuk masing-masing layanan. Sehingga, dapat memanfaatkan semua cara transfer sesama bank mandiri yang disediakan oleh bank. Namun bila kesulitan, pilihlah salah satunya sebagai andalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *