Cara Transfer Uang Ke Rekening Orang Tanpa ATM

Teknologi modern membuat pekerjaan manusia dapat berjalan dengan mudah. Salah satu hal yang kini dapat dilakukan dengan hadirnya teknologi ialah cara transfer uang ke rekening orang tanpa ATM. Dulu, kebanyakan orang memilih untuk menjadikan ATM sarana untuk mengirimkan uang ke kerabat ataupun sahabat. Namun kini, sarana apa yang digunakan?

Perubahan zaman menuntut setiap orang untuk bekerja dengan cepat dan tepat. Karenanya, teknologi hadir untuk mewujudkan harapan tersebut. Bayangkan bila manusia melulu harus datang ke ATM dan menjadikannya cara kirim uang utama. Tentu akan menghabiskan waktu dan tenaga, khususnya bila transaksi harus dilakukan secara berulang. Lantas, apakah solusi masalah ini?

Apa Itu Transfer Uang?

Sebelum beranjak ke cara-cara yang dapat dilakukan sebagai solusi, penting untuk memahami apa itu proses transfer. Karena tidak melulu setiap orang memahami pemaknaannya, namun menjalankannya sebagai rutinitas. Transfer dana adalah proses pemindahan sejumlah dana ke nomor rekening nasabah bank tertentu, yang dilakukan oleh pihak pengirim uang.

Transfer biasanya dapat dilakukan dengan pengiriman uang tunai ataupun uang yang berada di rekening. Anda dapat memilih salah satunya sebagai cara transfer uang ke rekening orang tanpa ATM, sehingga uang dapat sampai ke penerima. Sudah paham dengan maknanya, kini waktunya memahami cara-cara umum yang banyak dilakukan untuk pengiriman uang.

Cara Tranfer Tanpa ATM: Melalui Bank

Cara Tranfer Tanpa ATM Melalui Bank

Cara ini dikenal sebagai cara paling konvensional saat melakukan transfer uang. Namun dikategorikan sebagai cara paling efektif. Untuk melakukannya, ikuti ulasan berikut

  • Siapkan Persyaratan

Langkah pertama, siapkan seluruh persyaratan yang dibutuhkan. Persyaratan yang dibutuhkan diantaranya identitas pengirim dan penerima, uang dan rekening penerima. Tanpa seluruh persyaratan tersebut, kemungkinan besar anda tidak akan dilayani. Terlebih bila jumlah uang yang ditransfer cukup besar.

  • Antrian dan Formulir

Setelahnya, setiba di bank, anda diminta menunggu sesuai nomor antrian. Sembari menunggu, isikan formulir transfer sesuai dengan data diri. Bila dana yang ditransfer terdapat di tabungan, maka mintalah bantuan petugas untuk pengisian. Karena terdapat formulr berbeda yang harus diisikan.

  • Serahkan Formulir

Selesai dengan formulir, tunggu beberapa saat hingga nomor antrian dipanggil. Kemudian serahkan formulir pada teller agar dapat diproses. Pada saat yang sama, transfer dengan uang tunai diminta menyerahkan dana sebesar yang tertulis di form. Tanpa menunggu lama, uang akan masuk ke rekening penerima.

Cara ini tepat dijadikan pilihan, saat anda bertransaksi dalam jumlah besar dan membutuhkan bukti rekening yang valid.

Transfer Tanpa ATM, Kini Bisa dengan Mbanking

Tidak hanya bank, anda dapat melakukan transfer dengan mudah melalui layanan Mbanking. Layanan ini dapat kendalikan hanya melalui handphone. Bagaimana caranya?

  • Buka Apps

Setiap bank kini memiliki layanan mobile banking untuk seluruh nasabahnya. Layanan ini disediakan untuk membantu agar transaksi dapat berjalan lebih cepat. Namun untuk menjadikannya cara transfer uang tanpa kartu atm, anda harus melakukan pendaftaran di bank. Bila telah memilikinya, bukalah apps dengan memasukkan username dan password.

  • Menu Transfer Uang

Mobile banking dinilai lebih mudah digunakan karena dilengkapi dengan gambar-gambar transaksi. Untuk transaksi transfer, anda dapat menemukannya dengan gambar tanda panah keluar dan masuk. Masuklah pada menu tersebut dan masukkan nomor rekening dan kode bank. Setelahnya, input jumlah uang yang akan ditransfer.

  • MPIN

Periksa kembali semua data yang telah anda input, pastikan tidak ada data yang salah dimasukkan. Karena langkah selanjutnya ialah memasukkan MPIN dan uang akan dikirimkan ke rekening penerima. Dalam memasukkan MPIN, tidak perlu terburu-buru, karena kesalahan memasukkan MPIN, dapat memblokir Mbanking anda.

Baca juga : Kirim Uang Lewat Alfamart,Transfer THR dengan Mudah

SMS Banking, Solusi Transfer Tanpa ATM

Saat anda tidak memiliki kartu ATM sebagai metode transfer, anda dapat menjadikan SMS banking sebagai metode lainnya. Adapun langkah-langkah yang harus dijalankan ada dibawah ini,

  • Periksa Uang Ditabungan

Pertama, siapkan uang yang akan dikirimkan ke penerima. Transfer dengan SMS Banking, artinya memanfaatkan uang yang ada di rekening untuk dikirim ke penerima. Karenanya sebelum dilakukan, pastikan bahwa uang di rekening cukup memadai. Karena bila uang tidak mencukupi, proses pengiriman tidak dapat dilanjutkan.

  • Format SMS

Langkah berikutnya ialah memasukkan format SMS yang telah ditentukan. Format masing-masing bank untuk transfer uang tanpa ATM berbeda-beda. Karenanya, perlu disesuaikan dengan aturan bank yang dimaksud. Umumnya, format SMS dimulai dengan Transfer spasi no rekening tujuan, nominal dan PIN.

  • Konfirmasi

Setiap data yang dimasukkan harus kembali diperiksa oleh pengirim. Karena kesalahan pengiriman dapat berdampak pada tidak diterimanya uang oleh penerima. Bila terjadi, pihak bank terkadang enggan memberikan penggantian. Oleh karenanya, selalu pastikan bahwa data yang dimasukkan sudah sesuai.

Cara Transfer Uang Ke Rekening Orang Tanpa ATM Melalui Aplikasi Ketiga

Cara Transfer Uang Ke Rekening Orang Tanpa ATM Melalui Aplikasi Ketiga

Di kalangan anak muda, kini tersedia banyak aplikasi yang dapat membantu pengiriman uang. Tentunya semua dilakukan tanpa campur tangan bank, berikut beberapa aplikasi yang dimaksud,

  • Aplikasi Flip

Bagi anak muda, kini aplikasi menjadi penolong setia saat transaksi rekening bank. Karena aplikasi ini disediakan untuk transfer tanpa dikenai biaya. Untuk memanfaatkannya, hanya diperlukan aplikasi yang dapat didownload di app store. Kemudian mengikuti langkah-langkah berikutnya, hingga proses transfer dinyatakan usai.

  • Aplikasi Gojek

Tidak hanya menyediakan jasa pengantaran dan penjemputan, Gojek kini miliki layanan berbeda. Layanan tersebut ialah layanan transfer uang. Berbeda dengan cara mentransfer uang lewat bank, transfer dapat dilakukan hanya dengan memanfaatkan handphone. Hal yang perlu diperhatikan hanyalah nomor rekening tujuan si penerima.

  • Aplikasi Dana

Tidak memiliki keduanya? Pilihlah dana sebagai solusi transfer ke rekening orang tanpa ATM. Anda akan dipuaskan dengan beragam voucher didalamnya. Salah satunya voucher free transfer ke berbagai rekening bank. Menariknya, jumlah uang dapat mencapai maksimal total saldo. Jadi, konsumen tidak perlu menyisakan uang didalamnya.

  • Aplikasi OVO

Dompet digital lain yang dapat dijadikan pilihan ialah OVO. Cara kerjanya sama dengan dompet digital lainnya. Namun OVO memiliki kelebihan, karena dapat dijadikan metode pembayaran untuk parkir di beberapa mall di Indonesia. Untuk transfer, OVO sediakan banyak kelebihan, seperi jumlah maksimal transfer yang cukup besar.

  • Link Aja

Terakhir, masyarakat banyak memanfaatkan Link Aja sebagai metode transfernya. Link Aja dikenal sebagai dompet digital yang memberikan kemudahan dalam transaksi keuangan bagi konsumennya. Namun untuk transfer, dibutuhkan verifikasi khusus melalui Link Aja, sehingga layanan ini dapat dimanfaatkan.

Ada banyak pilihan cara transfer yang dapat diandalkan, saat anda tidak miliki kartu ATM. Namun, pilihlah satu diantaranya yang dapat membantu agar cara ransfer uang ke rekening orang tanpa ATM dapat membuahkan hasil. Utamanya, pilihlah sekiranya yang telah dimiliki layanannya, sehingga tidak perlu melakukan pendaftaran ke bank sebelumnya.

Leave a Comment