Cara Transfer Uang Lewat Alfamart + Cara Mengambilnya

Bagi anda yang tidak punya rekening ataupun jauh dari ATM, tentu cara transfer uang lewat Alfamart menjadi satu-satunya pilihan yang tepat untuk dilakukan.

Seperti yang kita tahu, jaringan Alfamart saat ini sudah tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. Selain untuk berbelanja, Alfamart juga melayani transaksi keuangan seperti halnya transfer uang.

Dengan begitu, kita dapat melakukan transfer dengan lebih dekat dan lebih cepat. Juga sangat membantu bagi mereka yang belum memiliki rekening bank.

Hal-Hal Penting Terkait Cara Transfer Uang Lewat Alfamart

Sebelum anda memutuskan untuk transfer uang melalui Alfamart, pastikan untuk mengetahui beberapa hal penting berikut ini:

a)      Lokasi Alfamart yang Didukung

Sayangnya, tidak semua cabang Alfamart dapat melayani transfer uang. Menurut pihak Alfamart, saat ini hanya 2800 cabang minimarket yang melayani transaksi keuangan.

Umumnya, Alfamart yang memiliki ATM di dalamnya bisa kita gunakan untuk transfer uang. Tapi, untuk lebih jelasnya silakan tanyakan saja secara langsung ke kasir atau karyawannya.

b)      Syarat Transfer Lewat Alfamart

Transfer dapat dilakukan apabila memenuhi persyaratan berikut:

  • Cabang pengirim dan penerima harus mendukung layanan transfer.
  • Pengirim wajib menunjukan KTP untuk WNI, dan KITAS untuk WNA.
  • Memberikan nomor HP pengirim dan nomor HP penerima.
  • Uang yang akan dikirimkan harus diberikan terlebih dahulu ke kasir.
  • Minimal uang yang dikirimkan ialah Rp10.000
  • Maksimal uang yang dikirimkan ialah Rp5.000.000
  • Membayar biaya kirim dan biaya admin.

c)      Biaya Transfer Uang via Alfamart

Terkait biaya kirim, pihak Alfamart membebankan biaya antara Rp15.000 – Rp25.000 untuk setiap kali pengiriman dengan nominal di atas Rp100.000.

Biaya tersebut sudah termasuk PPN dan biaya admin sebesar Rp5000. Biaya ini dibayarkan di awal, sehingga uang yang diterima nantinya utuh, tidak dipotong lagi.

d)      Transfer Uang dari Alfamart ke Bank

Bagi anda yang bertanya-tanya, apakah bisa transfer uang dari alfamart ke bank seperti BRI, BCA, BNI, Mandiri? Jawabannya tentu saja bisa.

Disini kita harus menggunakan layanan bernama TrueMoney. Anda dapat menginstalnya terlebih dahulu. Setelah itu lakukan top up saldo. Nantinya, pengiriman dana dapat dilakukan via Alfamart.

Baca juga: Cara Transfer Uang Lewat HP Secara Praktis dan Cepat

Cara Transfer Uang Lewat Alfamart

Untuk mengirim uang lewat Alfamart, anda dapat mengikuti beberapa panduan yang kami berikan di bawah ini:

1.      Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Untuk melakukan transfer, dibutuhkan data diri berupa KTP / SIM / Paspor beserta dengan selembar foto copy nya. Tanpa menyerahkan dokumen tersebut, maka transaksi akan ditolak.

Untuk itu, sebelum mengunjungi Alfamart, anda harus sudah menyiapkan persyaratan tersebut agar transaksi dapat langsung diproses.

Ingat, siapkan juga uang yang akan dikirimkan beserta uang tambahan sebagai biaya layanan dan biaya admin sekitar Rp25 ribu.

2.      Datanglah ke Alfamart Terdekat

Karena tidak semua cabang minimarket Alfamart menerima transfer uang, maka pastikan dulu untuk menanyakannya ke Alfamart terdekat.

Apabila ternyata tidak menyediakan layanan transfer, maka anda dapat mencari Alfamart lain yang yang tersedia.

3.      Berikan Uang ke Kasir

Begitu sampai di Alfamart, segera minta formulir transfer uang kepada kasir atau petugas lain sambil menyertakan bukti data diri yang telah disiapkan sebelumnya.

Beritahukan juga jumlah uang yang akan anda kirimkan. Lalu, serahkan uang tersebut beserta biaya yang diperlukan. Begitu uang diserahkan ke kasir, maka transaksi akan segera diproses.

4.      Simpanlah Kode MTCN

Apabila transaksi sudah selesai, maka kasir akan memberikan beberapa angka unik yang disebut sebagai kode MTCN.

Kode MTCN merupakan kode rahasia yang berfungsi sebagai verifikasi dalam proses pencairan uang. Kode ini harus diberitahukan ke pihak penerima disaat ingin mengambil uang.

Cara Mengambil Uang di Alfamart

Pengambilan uang bisa dilakukan dengan melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Pastikan sudah menerima kode MTCN dari pihak pengirim.
  2. Bawalah KTP beserta foto copy nya.
  3. Datang ke Alfamart terdekat.
  4. Minta formulir pengambilan uang.
  5. Buktikan data diri dengan menyerahkan KTP.
  6. Pencairan akan segera di proses.

Note: Kode MTCN hanya berlaku selama sebulan. Jadi pastikan untuk segera mengambil uangnya setelah diberi kodenya oleh pengirim.

Demikianlah beberapa cara transfer uang lewat Alfamart beserta dengan cara mengambilnya. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment