in

Cara Transfer Uang Lewat ATM Beda Bank Dengan Cepat

Cara Transfer Uang Lewat ATM Beda Bank – Fungsi bank tidak hanya sebagai tempat menyimpan uang dengan aman, tapi juga bisa berfungsi sebagai sarana atau layanan transfer uang antar nasabah. Sedikit melihat ke belakang dulu mungkin kita memakai wesel sebagai sarana transfer uang untuk seseorang yang dituju.

Proses menggunakan layanan wisel nya terlalu banyak dan untuk sampai ke tempat tujuan juga memerlukan waktu sampai berhari hari tergantung lokasi. Akan tetapi sekarang dengan menggunakan perantara Bank kita dapat mentransfer uang lebih mudah, kapan saja, dimana saja, dan hanya dalam waktu yang sangat singkat langsung sampai ke rekening orang yang kita tuju.

Kita dapat melakukan transfer uang dengan cara ke kantor bank terdekat, lewat ATM, SMS Banking, ataupun lebih simple lagi menggunakan Internet Banking. Di artikel kami akan menjelaskan cara transfer uang lewat ATM beda bank. Maksudnya ialah antara pengirim dan penerima menjadi nasabah dari bank yang berbeda.

Cara Transfer Uang Lewat ATM Beda Bank

Sebelum membahas mengenai langkah – langkah nya, ada baiknya kita mengetahui apa yang dimaksud ATM itu sendiri. Jika dijabarkan ATM merupakan singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Automatic Teller Machine.

Mesin ATM adalah sebuah alat elektronik yang ikut membantu tugas bank melayani para nasabahnya untuk berbagai macam keperluan perbankan.

Salah satu fungsinya adalah untuk melakukan proses transfer uang. Dalam hal ini kita tidak perlu repot – repot lagi mendatangi teller bank dan mengantri untuk bisa melakukan transfer.

Transfer Uang Lewat ATM Untuk Beda Bank

Untuk transfer uang ke nasabah yang sama proses nya tidak terlalu sulit karena kita hanya perlu mencri ATM dari bank yang sesuai, seperti ATM bank BRI, ATM bank mandiri dan lain – lain.

Namun untuk transfer ke orang yang beda bank maka kita harus menggunakan ATM khusus yang melayani beberapa jaringan bank misalnya bank BNI, BCA, BRI, Mandiri, Danamon Panin dan lain-lain yang terdaftar dalam 3 jaringan.

Adapun ATM khusus itu adalah :

  • ALTO
  • BERSAMA
  • PRIMA

Masing – masing dari ketiga ATM diatas mempunyai tanggung jawab jaringan nya sendiri. Oleh karena itu anda harus memahami prosedur nya sebelum melakukan transfer.

Di bawah ini kami juga memberi daftar bank yang termasuk dalam masing – masing jaringan, yaitu :

Contoh bank yang tergabung pada jaringan ATM ALTO di sini

http://alto.co.id/

Contoh bank yang tergabung pada jaringan ATM BERSAMA di sini :

http://atmbersama.com/id/

Contoh bank yang tergabung pada jaringan ATM PRIMA di sini :

http://www.jaringanprima.com/

Baca Juga:  Kode Bank Kalsel Untuk Transfer Dari Bank Lain

Cara Transfer Uang Lewat ATM Beda Bank

Cara Transfer Uang Lewat ATM Antar Bank dan ke Bank lain

Sebelum melakukan transfer ke ATM kita harus memastikan terlebih dahulu saldo dalam kartu masih dalam batasny (tiap bank berbeda – beda).

Untuk menghindari kesalahan atau salah kirim, hal terpenting yg perlu anda ketahui adalah memastikan nomor rekening tujuan, nama pemilik yang tertulis di rekening tersebut, dan jenis Bank yang dituju. dibawah ini kami tulis secara detail langkah – langkah nya :

1. Pertama anda cari mesin ATM yang memiliki salah satu dari ketiga logo yang kami pasang di atas artikel, sesuaikan juga dengan kartu yang anda gunakan.

2. Seperti biasanya masukkan kartu terlebih dahulu ke lubang ATM. Pastikan cara memasukkan nya sesuai prosedur, selain itu anda pastikan juga mesin ATM tidak dalam masa perbaikan.

3. Setelah itu masukan PIN ATM anda dengan hati – hati, karena jika kesalah terjadi berturut – turut selama 3 kali maka ATM anda bisa diblokir.

4. Pertama – tama anda pilih menu transaksi lainnya.

5. Pilih tombol transfer

6. Kemudian pilih transfer ke Atm Bersama / bank lain untuk opsi transfer ke bank yang berbeda.

7. Selanjutnya anda ketikkan kode bank tujuan yang terdiri dari 3 digit angka untuk masing – masing bank dan dibelakang nya No Rekening Penerima.

Contoh : 014 (kode bank) 0123456789 (no rekening) tanpa ada spasi.

7. Pilih tombol Benar jika dirasa sudah benar untuk meneruskan.

8. Kemudian anda masukkan jumlah nominal uang yang akan ditransfer lalu pilih tombol Lanjutkan/Benar.

9. Masukkan no referensi (hanya untuk keperluan transfer dengan referensi) jika tidak bisa dilewati.

10. Setelah semua langkah – langkah sudah dilakukan, layar ATM akan memunculkan data transaksi yang akan diproses.

11. Periksa lagi, jika memang sudah sesuai tekan tombol Benar.

12. Sebagai bukti transaksi, mesin ATM akan mengeluarkan struk ATM.

Baca Juga:  Cara Mengurus ATM Hilang Dengan Beberapa Langkah Mudah

Demikian langkah-langkah cara transfer uang lewat ATM beda Bank, semoga bermanfaat bagi anda yang belum faham dalam meggunakan ATM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Registrasi dan Aktivasi Danamon Online Banking

Cara Registrasi dan Aktivasi Danamon Online Banking

CIMB Niaga CRISP Plus Tabungan Investasi

CIMB Niaga CRISP Plus Tabungan Investasi Sekaligus