Cara Transfer Uang Lewat ATM

Cara Transfer Uang Lewat ATM, Benarkah Ada Biaya Admin?

Posted on

Setiap bank menyediakan layanan untuk nasabahnya dengan memberikan kartu ATM. Kartu inilah yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai transaksi yang biasa dilakukan di bank. Salah satunya untuk transfer uang ke bank yang sama ataupun antar bank. Tetapi dalam melakukan cara transfer uang lewat ATM tidak dapat dilakukan sembarangan. Mengapa demikian?

Proses transfer melalui ATM sebenarnya tidak sulit. Namun kesalahan dalam melakukannya akan memberikan dampak fatal. Salah satunya dana yang tidak terkirim atau salah mencapai tujuan dan yang terburuk ialah kartu ATM yang terblokir. Bila demikian, bagaimanakah cara tf yang benar agar tidak ada kesalahan yang terjadi?

Jaringan ATM Bersama

Jumlah bank di Indonesia hingga saat ini sangatlah beragam. Hal ini senada dengan tingginya kebutuhan nasabah untuk menggunakan ATM. Namun kedua fakta ini justru menjadi alasan bagi beberapa bank untuk melakukan kerjasama. Sehingga nasabah dapat lebih mudah memanfaatkan ATM dan melakukan transaksi, tanpa perlu ke bank.

Kerjasama ini dikenal dengan mesin ATM Bersama. ATM Bersama disediakan oleh bank untuk membantu nasabah, termasuk untuk melakukan transfer antar bank. Adapun ciri khas ATM Bersama ialah Link, Alto, Prima dan ATM Bersama. Bila kartu anda memiliki logo tersebut, maka cara mentransfer uang lewat ATM dapat dilakukan dengan mudah.

Cara Transfer Uang Lewat ATM Ke Sesama dan Antar Bank

Cara Transfer Uang Lewat ATM Ke Sesama dan Antar Bank

Dalam menjalankan cara transfer, anda perlu memperhatikan bank apakah yang menjadi tujuan transfer. Karena cara transfer antar dan sesama bank berbeda, seperti yang akan diulas dibawah ini,

  • Masukkan Kartu

Pertama, masukkan kartu ATM ke mesin. Namun sebelumnya, pastikan bahwa kartu yang digunakan telah sesuai dengan mesin. Periksa kembali apakah arah kartu telah sesuai atau sebaliknya. Bila arah kartu tidak sesuai, mesin tidak dapat menerima kartu. Untuk itu, pastikan bahwa garis hitam di belakang kartu telah menghadap ke bawah.

  • Pilih Opsi

Berbeda dengan waktu lalu, kini anda diperkenankan untuk memilih opsi sebelum memasukan PIN. Karenanya, cara transfer uang selanjutnya ialah memilih opsi transfer. Opsi ini dapat ditemukan di bagian kanan bawah layar. Namun peletakannya berbeda pada setiap mesin.

  • Masukkan Pin dan Tujuan Bank

Setelah selesai dengan tujuan transaksi, masukkan PIN ATM. Nomor PIN sudah didaftarkan di bank sebelumnya. Jadi, anda harus memasukkan nomor tersebut di mesin. Kesalahan yang terjadi pada nomor PIN dapat menyebabkan diblokirnya kartu. Lolos dengan PIN, tahapan berikutnya ialah memilih bank penerima dana yang ditransfer.

  • Jumlah Dana

Bila anda melakukan pengiriman ke bank yang sama, maka segera masukkan nomor rekening tujuan. Namun untuk tujuan antar bank, pilihlah opsi rekening bank tujuan berbeda. Selanjutnya masukkan kode bank dan nomor rekening tujuan. Setelahnya masukkan jumlah dana yang akan dikirimkan ke rekening tujuan.

  • Konfirmasi Ulang

Sebelum pengiriman uang dilakukan, ATM akan melakukan konfirmasi ulang atas data yang dimasukkan. Tahapan ini merupakan cara transfer uang yang terakhir, karena setelah konfirmasi dilakukan, dana akan dikirimkan. Dan bila terjadi kesalahan, anda tidak dapat melakukan membatalkan transaksi di ATM.

Baca juga : Tips Investasi Emas Menguntungkan Bagi Pemula 

Berapa Biaya Transfer Dana Antar Bank?

Pengiriman dana sesama nasabah tidak akan dikenakan biaya. Namun biaya akan dikenakan untuk anda yang berencana kirimkan dana ke nasabah yang berbeda bank. Pada beberapa waktu lalu, nasabah harus mengirimkan dana dengan biaya admin sebesar Rp 4.000. Namun pada cara transfer uang lewat ATM yang terbaru, biaya yang dibutuhkan adalah Rp 6.500/ transaksi.

Keuntungan Pahami Cara Menstransfer di ATM

Keuntungan Pahami Cara Menstransfer di ATM

Ada hal-hal menarik yang akan anda dapatkan bila memahami cara transfer di ATM. Apa saja keuntungan tersebut? Berikut informasinya,

  • Hemat Waktu

Banyak yang mengatakan bahwa memahami cara tf uang lewat ATM memiliki keuntungan dalam hal waktu. Dalam hal ini, tidak perlu mengantri saat akan melakukan transfer seperti di bank. Di sisi lain, ATM berada di tempat-tempat seperti mini market, sehingga meminimalisir jarak tempuh ke bank.

  • Fleksibel

Berbeda dengan bank yang dibatasi waktu operasional, ATM dapat anda gunakan kapanpun. Namun pengecualian diberikan pada ATM yang berada dalam mini market, karena tetap akan ditutup bersamaan dengan mini market. Untuk ATM yang berada di sekitar bank, akan tetap dibuka, sehingga tidak akan menganggu aktivitas dan transaksi keuangan nasabahnya.

  • Lebih Mudah

Keuntungan terakhir ialah anda dapat melakukan transaksi dengan mudah. Karena cara transfer uang lewat ATM dapat dilakukan dalam beberapa langkah. Sementara transfer melalui bank mengharuskan nasabah melakukan pengisian form, mengantri hingga akhirnya dilayani. Karenanya, transfer melalui ATM banyk diminati di masa kini.

Tips Lancar Jalankan Transfer Uang di ATM

Dalam menjalankan cara menstransfer uang di ATM terkadang ada kendala yang terjadi. Namun tips ini akan membantu agar kendala ini tidak menganggu, berikut ulasannya

  • Ketahui Nomor Rekening

Hal pertama yang harus diperiksa ialah memeriksa nomor rekening tujuan. Untuk menyiasatinya, catatlah nomor rekening sebelum menuju mesin ATM. Karena kesalahan input nomor rekening dapat menyebabkan kesalahanan penerima dana. Tentunya, hal ini akan merugikan anda sebagai pengirim.

  • Saldo Mencukupi

Pengiriman dana melalui ATM akan memanfaatkan dana yang tersedia di tabungan. Untuk itu, anda perlu memperhatikan apakah saldo yang tersedia di rekening mencukupi. Ketidaktersediaan dana di ATM, acap kali menjadi penyebab gagalnya cara transfer uang dari ATM dilakukan. Untuk karena itu, pemeriksaan ketersediaan dana adalah hal yang penting.

  • PIN Sudah Tepat

Masalah lain yang dapat terjadi saat pengiriman dana ialah adanya kesalahan PIN. Kesalahan PIN dapat terjadi karena terlupa dan tidak dicatat. Anda dapat menyiasatinya dengan mencatat PIN ATM sebelum berangkat. Karena kesalahan memasukan PIN sebanyak tiga kali dapat menyebabkan kartu ATM terblokir.

  • Periksa Layar Berulang

Sebelum dikirimkan, dana dan informasi lain akan dikonfirmasi pada layar mesin. Di sinilah anda perlu melakukan pemeriksaan informasi secara berulang. Periksa kembali setiap data, seperti nama nasabah, nomor rekening hingga jumlah dana. Karena bila bagian ini salah, cara transfer lewat ATM tetap lancar, namun tidak sampai ke tujuan.

  • Penggunaan Bahasa

Dalam beberapa mesin ATM, nasabah diminta untuk memilih bahasa yang akan digunakan. Untuk itu perlu disesuaikan dengan kemampuan bahasa yang dimiliki, disarankan untuk menggunakan bahasa indonesia. Karena penggunaan bahasa inggris dapat menyebabkan kesalahan pemilihan opsi dan mengagalkan transfer yang dilakukan.

Berdasarkan ulasan di atas, anda hanya memerlukan lima langkah dalam melakukan transfer melalui ATM. Langkah-langkah ini tidak boleh dilewatkan satu pun, sehingga cara transfer uang lewat ATM dapat membuahkan hasil yang diharapkan. Sudah mengetahuinya? Kini waktunya mencoba sesegera mungkin dengan transfer ke orang-orang terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *