Cara Transfer Uang Lewat ATM BNI secara Simpel dan Gratis

Bagi sebagian orang, cara transfer uang lewat ATM BNI diyakini lebih praktis jika dibandingkan transfer via mobile banking maupun internet banking. Karena itu, sampai saat ini masih banyak orang yang menggunakan fasilitas ATM untuk transfer uang.

Memang, BNI tidak memiliki jaringan ATM layaknya Bank BRI. Namun, karena sama-sama termasuk Bank Negara (Himbara) maka kalian para nasabah Bank BNI dapat menggunakan ATM BRI untuk transfer uang maupun tarik tunai secara gratis.

Jenis-Jenis Kartu ATM BNI

Untuk melakukan transaksi melalui ATM, kalian butuh yang namanya kartu ATM (kartu paspor). Kartu ini bisa kalian dapatkan di saat mendaftar rekening pertama kali. BNI sendiri mengeluarkan 3 jenis kartu ATM yang memiliki spesifikasi sebagi berikut:

a)      Kartu ATM Silver

Kartu ATM silver merupakan tipe paling rendah, baik dalam hal limit maksimal maupun biaya bulanan. Kebanyakan rekening tipe personal disarankan untuk menggunakan kartu jenis ini dibandingkan dengan lainnya mengingat biayanya yang murah hanya Rp2 ribu per bulan.

Limit transaksi harian untuk tipe ATM silver ialah senilai Rp50 juta untuk transnfer sesama BNI dan Rp10 juta untuk transfer antar bank. Jika transaksi harian kalian lebih banyak dari ini, maka lebih baik untuk memilih tipe kartu ATM lainnya.

b)      Kartu ATM Gold

Bagi kalian yang berprofesi sebagai seorang pebisnis dimana limit transaksi hariannya besar, maka dapat memilih tipe ATM Gold.

Biaya bulanannya pun terbilang cukup murah, yakni Rp7500 tanpa ada biaya admin lain. Sementara untuk limitnya, kalian akan mendapatkan limit transaksi harian sebesar Rp100 juta dan transaksi antar bank sebesar Rp15 juta.

c)      Kartu ATM Platinum

Kartu ATM Platinum cocok dimiliki oleh kalangan pebisnis besar yang butuh transaksi besar secara harian. Biayanya pun terpaut tidak terlalu jauh jika dibandingkan ATM Gold yakni hanya Rp10 ribu per bulan.

Besar limit harian kartu ATM Platinum ialah sebesar Rp100 juta untuk transaksi sesama rekening Bank BNI. Dan untuk transaksi ke bank lain, limitnya ialah senilai Rp25 juta.

Cara Transfer Uang Lewat ATM BNI

Cara Transfer Uang Lewat ATM BNI
Cara Transfer Uang Lewat ATM BNI secara Simpel

Berikut ini langkah-langkah dan tata cara transfer uang lewat ATM BNI ke BRI, BCA, Mandiri, atau ke bank lainnya yang dapat kalian coba:

1.      Masukan Kartu ke Slot Mesin ATM

Setelah memasuki ruangan ATM, segera masukan kartu ke slot mesin ATM dan pastikan posisi tersebut benar.

Caranya ialah masukan bagian kiri kartu terlebih dahulu dengan menghadap ke atas. Sedikit dorong ke dalam untuk memudahkan mesin mengambil kartu.

2.      Pilih Bahasa Lalu Masukan PIN ATM

Pilihlah bahasa yang akan kalian gunakan. Karena tersedia dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan English maka pilihlah yang menurut kalian paling mudah.

Begitu bahasa telah terpilih, masukanlah PIN kartu ATM dengan benar. PIN ini merupakan nomor 6 digit yang kalian buat saat pembuatan kartu ATM.

3.      Pilih Menu Transfer

Begitu sampai di halaman utama ATM, kalian akan menemukan beberapa pilihan nominal untuk penarikan uang.

Karena kita disini ingin transfer uang, maka pilih saja menu “Lainnya” di pojok kanan bagian bawah lalu klik menu “Transfer”.

4.      Tentukan Nomor Rekening Tujuan

Sesampainya di menu transfer, kalian akan diberi pilihan untuk transfer uang dari rekening yang mana. Jika hanya punya satu rekening, maka langsung saja klik Selanjutnya.

Pada bagian “Nomor Rekening Tujuan”, masukanlah nomor rekening yang akan dituju. Pastikan untuk memasukan nomor dengan benar sebelum menekan tombol “Benar”.

Bila ingin transfer ke bank lain, maka masukan 3 kode bank didepan nomor rekening tujuan. Misal ingin kirim ke Bank BRI maka tambahkan angka 002 di depan nomor rekening tersebut. Untuk kode transfer Bank BNI dan bank lainnya dapat kalian lihat di artikel tentang Macam-Macam Kode Bank.

5.      Ketik Nominal Uang yang Akan Ditransfer

Ketikan nominal uang yang akan kalian transfer. Misalkan ingin transfer Rp100 ribu, maka ketikan saja nomor yang ada pada number pad.

Bila muncul konfirmasi transfer, maka pilih saja YA. Lalu tunggu proses transfer selesai. Jika sudah, ambil struk yang muncul dan juga kartu ATM nya sebelum keluar ruangan.

Bagaimana, mudah bukan cara transfer uang lewat ATM BNI? Sekarang giliran kalian untuk mencobanya.

Leave a Comment