Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI Secara Cepat dan Aman

Di artikel sebelumnya kita sudah mempelajari tentang cara transfer lewat ATM. Nah, di artikel kali ini kita akan membahas yang lebih spesifik yakni tentang cara transfer uang lewat ATM BRI yang dikhususkan untuk anda yang menjadi nasabah Bank BRI.

BRI sendiri merupakan bank milik pemerintah yang terbesar sekaligus tertua di Indonesia. Dibandingkan bank lainnya, BRI memiliki ATM yang yang sangat banyak. Hampir tiap kecamatan pasti ada kantor cabang sekaligus ATM nya.

Terlebih, hadirnya layanan BRILink menjadikan transaksi jauh lebih dekat dan lebih mudah tanpa harus antri di ATM. Walau begitu, transaksi di ATM tidak dikenakan biaya seperti melalui BRILink sehingga masih menjadi primadona bagi banyak orang.

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI

Transfer uang lewat ATM manapun sebenarnya prosedurnya hampir sama. Hal ini karena sistem yang dibuat memang tak jauh berbeda antara ATM bank satu dengan ATM bank lainnya. Nah, berikut ini merupakan beberapa cara transfer uang lewat ATM BRI:

1.      Cari Lokasi ATM yang Terdekat

Kartu ATM BRI yang kita miliki bisa dipakai disemua ATM BRI yang ada di Indonesia. Bahkan beberapa kartu yang berlogo Mastercard atau VISA bisa digunakan di semua ATM diseluruh dunia. Maka dari itu, carilah ATM yang paling dekat dengan lokasi anda saat ini.

Selain itu, usahakan untuk memilih ATM yang berdampingan dengan kantor BRI, jangan ATM yang terletak sendirian. Hal ini berguna untuk meminimalisir pelaku kejahatan dalam melakukan hal buruk terhadap kita.

2.      Masukan Kartu ATM BRI ke Slot ATM

Begitu masuk ke ruang ATM, langsung saja untuk memasukan kartu ATM ke slot ATM yang tersedia. Biasanya ditandai dengan anak panah ke bawah atau ada cahaya hijau disekitarnya. Pastikan juga untuk memasukan kartu ATM dalam posisi yang benar yaitu menghadap ke atas dengan bagian yang ada chip nya dimasukan lebih dulu.

Kartu ATM yang sudah dimasukan slot mesin dan telah terbaca oleh sistem maka artinya sudah siap digunakan. Namun, jika kartu ATM keluar dengan sendirinya, itu artinya anda memasukannya dalam posisi yang tidak benar. Silakan ulangi lagi dengan posisi yang benar.

3.      Tekan Pilihan Bahasa Indonesia

Sistem ATM memberikan dua pilihan pada kita terkait bahasa yang akan digunakan yaitu Bahasa Indonesia dan English Language. Agar lebih mudah, pilih saja opsi Bahasa Indonesia dengan cara menekan tombol opsi yang terletak di samping kanan kiri pilihan tersebut.

Akan tetapi, jika memang menurut anda lebih mudah menggunakan bahasa Inggris maka pilih saja bahasa tersebut. Pada dasarnya, opsi bahasa asing lebih diperuntukan bagi orang luar negeri yang belum lancar berbahasa Indonesia.

4.      Ketik Nomor PIN yang Valid

Setelah memilih bahasa, cara transfer uang lewat ATM BRI selanjutnya adalah dengan mengetikan nomor PIN yang valid. Nomor PIN tersebut merupakan nomor yang anda pilih saat awal pembuatan ATM dahulu.

Agar tidak terblokir, pastikan untuk memasukan PIN yang benar. Kesalahan memasukan PIN selama 3 kali berturut turut dapat menyebabkan ATM terblokir sementara. Jika hal demikian terjadi, maka untuk membuka blokirnya anda harus membayar biaya denda.

5.      Pilih Menu Transfer

Pada halaman utama ATM akan muncul beberapa pilihan penarikan tunai. Namun karena kita akan melakukan traksaksi berupa transfer uang, maka pilih saja menu Lainnya di pojok kanan bawah lalu klik Transfer.

Ingat, sebelum melanjutkan transfer pastikan sudah mengisi saldo di rekening bank yang anda miliki. Tak hanya itu, anda harus menyisakan saldo setidaknya Rp25 ribu sesudah transfer. Karena sesuai kebijakan bank, semua saldo tidak dapat ditransfer harus ada minimal saldo mengendap.

6.      Masukan Rekening & Nominal Transfer

Bila anda ingin transfer sesama BRI, maka tinggal masukan nomor rekening lalu klik tombol Benar. Namun, bila tujuan transfer anda adalah bank lain, maka masukanlah kode bank di depan rekening tujuan sesuai dengan kode masing-masing bank. Lalu tinggal klik tombol Benar.

Jika sudah, masukan nominal transfer yang anda inginkan. Setelah itu akan muncul konfirmasi yang menyatakan apakah kita setuju untuk transfer atau tidak. Klik saja Setuju lalu tunggu proses transfer berhasil.

Demikianlah beberapa cara transfer uang lewat ATM BRI yang dapat anda coba. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment