in ,

Cara Transfer Uang Lewat ATM Antar Bank dan ke Bank lain

Cara Transfer Uang Lewat ATM – Seperti kita ketahui Bank sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, terutama bagi akalangan menengah ke atas, namuun tidak menutup kemungkinan kalangan menengah kebawah juga sudah menggunakan Bank untuk menyimpan uangnya agar lebih aman. Perlu anda ketahu Bank selain berfungsi sebagai tempat menyimpan uang atau menabung yang aman.

Bank juga berfungsi dan menyediakan layanan trasaksi seperti transfer dan menerima transfer uang dari manapun. Semakin berkembangnya ilmu teknologi pengiriman uang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Tidak seperti dulu saat menggunakan jasa wesel sebagai sarana mengirim atau transfer uang yang membutuhkan waktu lebih lama.

Dengan adanya Bank  segala kegiatan yang berkaitan transfer mentransfer menjadi lebih mudah dan cepat. Bisa dilakukan kapan dan dimana saja dan langsung sampai ke rekening tujuan. Saat ini anda bisa melakukan transfer uang lewat bank dengan berbagai cara seperti menggunakan ATM, SMS Banking, Internet Banking, dan Mobile Banking.

Bisa langsung transfer melalui mesin ATM atau bisa juga menggunakan Handphone tanpa harus antri di kanor Bank tempat anda membuka rekening. Untuk itu pada artikel ini Buku Bank akan berbagi tutorial tentang Cara Mengirim atau Transfer Uang Lewat ATM antar Bank dan Ke Bank lain (Beda bank).

Semua itu prinsipnya sama aja dan tidak jadi masalah. Bisa dilakukan di mesin ATM yang tidak harus sama dengan bank tempat anda menabung atau dikenal dengan Istilah ATM Bersama. Contohnya KArtu ATM BRI bisa Melakukan transfer di mesin ATM BCA. Transfer sesama Bank atau antar Bank itu mungkin sudah banyak yang tahu Misalnya transfer uang lewat atm BNI ke BNI.

Tapi untuk transfer Uang lewat ATM ke bank lain mungkin saja masih ada yang bingung seperti Transfer dari Mandiri ke BCA, BRI ke BCA. Namun jangan kuatir disini akan diberikan kedua-duanya panduan cara Transfer sesama Bank dan ke bank Lain. agar bagi yang belum faham bisa terbantu dengan adanya tutorial ini.

Cara Transfer Uang Lewat ATM ke Bank Lain

Cara Transfer Uang Lewat ATM Antar Bank dan ke Bank lain

Mulai 15 Juli 2013, Melalui layanan interkoneksi pada jaringan ATM ALTO, ATM Bersama, dan ATM PRIMA, maka para nasabah dapat melakukan transfer dana antar Bank yang tergabung di semua jaringan tersebut, secara real time online.

Karena saat ini sudah ada layanan interkoneksi transfer dana antar jaringan ATM secara real time online. Hal ini dikarenakan Bank tujuan transfer Anda tidak harus tergabung dalam satu jaringan ATM tertentu saja.

Untuk semua bank misalnya bank BNI, BCA, BRI, Mandiri, Danamon Panin dan lain-lain. Bank tersebut terdaftar dalam 3 jaringan ATM ALTO, ATM Bersama, dan ATM PRIMA dan tidak termasuk jaringan ATM Link.

Intinya sebelum melakukan transfer anda harus memperhatikan logo yang ada pada kartu ATM Anda sama dengan yang ada di mesin ATM yang akan Anda gunakan.

Langkah-langkah Melakukan Transfer Uang Lewat ATM ke Bank Lain

Hal penting yang harus anda perhatikan sebelum melakukan transfer terlebih dahulu pastikan saldo dalam kartu ATM anda masih ada dan mencukupi tentunya.

Jangan lupa juga mencatat nomor rekening tujuan transfer anda bawa, dan pastikan nama pemilik yang tertulis di rekening tersebut sudah benar dan nama Bank tujuan.

Jika semua sudah anda persiapkan sekarang tinggal ikuti langkah-langkah untuk mentransfer uang lewat ATM yang berbeda bank (Bank Lain):
  1. langkah pertama tentunya anda harus menuju ke tempat mesin ATM. Cari Mesin ATM yang ada salah satu logo di kartu ATM anda jika ditempat anda tidak anda ATM Bank tempat anda menabung.
  2. Kemudian anda Masuk keruang ATM yang anda tuju dan masukkan kartu ATM ke mesin ATM. Cara masukkannya jangan sampai salah, ikuti tanda panah yang biasa terdapat di Kartu ATM dan jangan sampai terbalik
  3. Setelah masuk kemudian anda Masukan PIN ATM yang Anda miliki, hati-hati jangan sampai salah. Jika melakukan 3 x salah dalam memasukan PIN ATM anda bisa terblokir.
  4. Karena ini ingin melakukan transfer ke Bank Lain maka pada menu Layar mesin ATM Pilih transaksi lainnya biasanya ada di pojok kanan bawah.
  5. Kemudian tekan tombol ‘transfer’
  6. Pilih tombol ‘transfer ke Atm Bersama / bank lain’
  7. Masukkan kode bank tujuan (terdiri dari 3 digit angka) jika belum tahu kode bank. Bisa anda lihat di Daftar SWIFT CODE Bank Indonesia Paling Lengkap dan diikuti dengan memasukan No Rekening Penerima(rekening tujuan).
  8. Contoh : Anda mau transfer dari ATM BCA ke Bank BRI, msukan kode Bank BRI 002 kemudian diikuti Nomor Rekening, jadi 0025689282827.
  9. Kemudian tekan tombol ‘Benar’.
  10. Masukkan jumlah dana yang akan ditransfer, pastikan kembali jumlah dana yang akan ditransfer.
  11. Pilih tombol ‘Lanjutkan/Benar’.
  12. Masukkan no referensi (ini bisa di kosongkan bila kita mentransfer tidak di suruh pakai referensi).
  13. Pilih tombol ‘Benar’.
  14. Kemudian layar ATM akan memunculkan data transaksi yang akan diproses. Apabila semua data sudah benar yang ditampilkan dilayar mesin ATM sudah benar silahkan anda tekan tombol benar.
  15. Setelah semua selesai  Mesin ATM akan mengeluarkan struk ATM sebagai bukti transaksi.
  16. Simpan struk ATM untuk jaga-jaga siapa tahu suatu saat diperlukan.

Untuk biaya Transfer atau biaya administrasi satu kali transaksi antar bank dikenakan biaya sesuai dengan ketentuan Bank bersangkutan.

Cara Transfer Uang Lewat ATM ke Sesama Bank

Untuk melakukan trasaksi sesama Bank caranya hampir sama dengan cara diatas. Hanya bedanya pada jika anda melakukan transfer ke bank lain memasukan kode Bank sebelum memasukan Nomor rekening. Sedangkan untuk transfer sesama bank anda tidak perlu memasukan Kode Bank, tapi langsung saja memasukan Nomor rekening Tujuan Transfer.

Cukup itu saja Panduan cara transfer uang lewat ATM Sesama bank dan bank lain. Anda juga bisa melihat Daftar Bank di Indonesia Lengkap Dibagi Per Bagian agar lebih tahu berapa banyak bank di Indonesia yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang akan menggunakan media transfer ATM.

Written by Zonkeu

Suka mencoba hal baru penuh tantangan yang memaksa otak untuk selalu berfikir keras

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Cara Aktivasi Layanan iMobile BTN dari Bank Tabungan Negara

Cara Aktivasi Layanan iMobile BTN dari Bank Tabungan Negara

Cara Daftar dan Aktivasi Internet Banking BRI Via ATM

Cara Daftar dan Aktivasi Internet Banking BRI Via ATM