Cara Transfer Uang Lewat ATM yang Simpel dan Mudah

Saat pertama kali membuat rekening bank, tentu kita juga akan mendapatkan kartu ATM. Kartu inilah yang bisa kita gunakan untuk melakukan beragam transaksi melalui ATM maupun via EDC. Lalu bagaimana cara transfer uang lewat ATM yang benar?

Bagi anda yang baru pertama kali memiliki ATM, tentunya belum paham tentang prosedur penggunaan ATM yang benar seperti apa.

Untuk itu, kali ini kami ingin mengulas lebih lanjut tentang langkah-langkah transfer lewat ATM yang benar sehingga anda bisa mencobanya.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berada di ATM

Mengingat ATM (Anjungan Tunai Mandiri) adalah fasilitas publik yang dapat digunakan oleh semua orang, maka kita wajib memperhatikan beberapa hal penting seperti berikut ini:

  • Pastikan berbaris sesuai antrian yang ada.
  • Hindari menggunakan ATM yang jauh dari bank.
  • Lepas topi dan kacamata saat memasuki ATM.
  • Selalu jaga kerahasiaan PIN ATM kita.
  • Pastikan tidak salah memasukan PIN sebanyak 3 kali.
  • Jangan hubungi nomor selain call center saat ada masalah.
  • Ambilah struk transaksi, jangan dibuang disekitar ATM.
  • Setelah selesai, pastikan ATM jangan sampai tertinggal.
  • Jika ATM tertelan, segera hubungi kantor BRI terdekat.

Cara Transfer Uang Lewat ATM yang Benar

Ingat, sebelum anda melakukan transfer, pastikan rekening sudah diisi terlebih dahulu, dan sisakan antara Rp25 ribu hingga Rp50 ribu sesudah transfer.

Nah, berikut ini beberapa cara transfer uang lewat ATM yang dapat anda ikuti:

1.      Masukan Kartu ATM

Setelah mengantri dan mendapatkan giliran untuk masuk ke ruangan ATM, maka anda bisa melakukan transaksi sesegera mungkin.

Caranya mudah, pertama-tama anda harus memasukan kartu ATM ke slot mesin ATM. Slot mesin ini biasanya terletak di sebelah kanan dan ada penanda anak panah diatasnya.

Teknik memasukan kartu ATM yang benar ialah dengan menghadapkan kartu ke atas lalu bagian kiri (yang ada chip nya) dimasukan terlebih dahulu. Jika salah, maka kartu akan dikeluarkan lagi.

Apabila kartu tidak terbaca, ada kemungkinan bahwa kartu belum terdaftar, expired, ataupun rusak. Jadi segera bawa ke kantor BRI untuk memperbaikinya.

2.      Pilih Bahasa Sistem

Setelah kartu ATM terbaca oleh sistem, kita akan dihadapkan pada pilihan bahasa berupa bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Memang tidak semua ATM ada opsi untuk memilih bahasa seperti ini, tapi setidaknya bisa jadi pengetahuan buat anda.

Untuk memilih bahasa Indonesia, silakan pencet tombol yang berada disebelah tulisan Bahasa Indonesia tersebut.

Namun, jika anda memang menginginkan untuk menggunakan pengaturan Bahasa Inggris, maka tekan saja pilihan Bahasa Inggrisnya.

3.      Masukan PIN

PIN yang dimaksud ialah kode berisi 6 digit angka yang dibuat sewaktu kita membuat kartu ATM untuk pertama kalinya.

Masukan PIN yang anda miliki setelah sistem memintanya. Pastikan untuk tidak salah memasukan PIN, karena 3 kali salah berturut-turut kartu ATM kita akan diblokir.

Jika sudah lupa, maka anda harus ke kantor BRI untuk melakukan reset PIN dengan PIN baru. Setelah itu baru coba memasukannya kembali.

4.      Pilih Menu Transfer

Saat memasuki halaman utama sistem ATM, kita akan dihadapkan pada tiga pilihan yang tersedia, yaitu:

  • Tarik tunai
  • Transfer
  • Pembayaran

Dari ketiga pilihan tersebut, pilihlah opsi “Transfer” dengan menekan tombol yang berada di samping tulisannya.

5.      Masukan Nomor Rekening

Tentukan dulu nomor rekening yang anda transfer beda bank atau tidak. Untuk mengetahuinya anda bisa baca artikel yang berjudul cara mengetahui bank dari nomor rekening.

Apabila rekeningnya sama dengan bank yang anda gunakan, maka cukup masukan saja nomor rekeningnya lalu klik tombol “Benar”.

Jika berbeda, masukan kode bank diawal nomor rekening tujuan anda. Untuk melihat kode bank, klik saja tombol “Daftar Kode Bank”. Setelah itu klik “Benar”.

6.      Masukan Nominal Uang

Masukan jumlah nominal uang yang akan anda transfer. Minimal transfer ialah Rp10.000 dan maksimal sesuai limit harian ATM anda.

Begitu selesai memasukan uang yang akan ditransfer, klik tombol “Benar” untuk mengonfirmasi transaksi.

7.      Pilih Keluar

Untuk mengakhiri transaksi, pilihlah tombol “Keluar” lalu segera ambil struk dan kartu ATM nya. Namun apabila anda ingin melakukan transaksi lain, klik saja “Transaksi Lainnya”.

Itulah beberapa cara transfer uang lewat ATM yang simpel dan tentunya dapat anda tiru dengan mudah. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment