Cara Transfer Uang Lewat HP Secara Praktis dan Cepat

Semakin maraknya kasus covid-19 saat ini, tentu membuat kita semakin khawatir untuk bepergian ke luar rumah, termasuk saat ingin transfer uang melalui ATM. Untuk itu, transfer via HP bisa jadi pilihan yang tepat agar selalu terlindungi kesehatannya. Terlebih, cara transfer uang lewat HP sangatlah praktis dan cepat.

Agar HP kita dapat digunakan untuk transfer, maka akun bank milik kita harus sudah terdaftar dalam layanan internet & mobile banking. Namun, bila akun bank anda belum memiliki layanan mobile banking atau bahkan belum punya rekening sama sekali, maka tidak perlu khawatir. Kami akan memberikan solusinya untuk anda. Untuk itu, pastikan untuk terus mengikuti artikel ini.

Cara Transfer Uang Lewat HP dengan Mudah

Ada beberapa metode transfer via HP yang bisa anda pilih. Berikut diantaranya:

Metode 1: Transfer via Dompat Digital

Dompet digital atau sering disebut juga sebagai e-wallet merupakan layanan mini perbankan yang bisa digunakan layaknya aplikasi bank digital namun fiturnya lebih terbatas. Dengan aplikasi ini, kita dapat menyimpan saldo, membeli pulsa, membayar tagihan, transfer antar akun, hingga transfer antar bank tanpa rekening sama sekali.

Untuk melakukan transfer uang melalui dompet digital, anda harus mendownload salah satu dari dompet digital yang telah diakui OJK. Diantaranya ada OVO, GOPay, DANA, dan LinkAja yang bisa anda download melalui PlayStore untuk HP Android, dan via AppStore untuk iPhone.

Setelah itu, anda daftar terlebih dahulu dan lakukan verifikasi KYC agar bisa melakukan transfer antar bank. Jika belum terverifikasi, maka akun anda hanya bisa untuk menyimpan saldo dalam jumlah kecil. Saat akun sudah terverifikasi, ikuti panduan berikut:

  1. Buka aplikasi dompet digital.
  2. Top up sesuai nominal yang ingin ditransfer.
  3. Klik tombol Transfer.
  4. Tekan Transfer ke Rekening Bank.
  5. Pilih Bank tujuan transfer.
  6. Masukan nomor rekening tujuan.
  7. Klik tombol Lanjut / OKE.
  8. Masukan PIN dompet digital.
  9. Selesai!

Note: metode top up yang dipilih bisa disesuaikan dengan keinginan seperti melalui alfamart, bank, transfer pengguna lain, dan sebagainya. Namun, bagi kalian yang mager ke luar rumah, maka bisa menggunakan jasa top up yang menyediakan layanan convert saldo melalui pulsa.

Metode 2: Transfer via Internet Banking

Walau tidak sepraktis transfer melalui dompet digital, metode satu ini bisa anda pilih sudah memiliki akun internet banking. Perlu diketahui, transfer via internet banking membutuhkan kode validasi baik melalui OTP SMS, maupun melalui alat validasi seperti layaknya BCA Key.

Berbeda dengan transfer via e-wallet yang biayanya murah bahkan gratis, biaya transfer melalui internet banking dikenakan sebanyak Rp6500. Sementara itu, biaya sesama bank mengikuti aturan masing-masing pihak bank tersebut.  Berikut situs untuk mengakses masing-masing internet bank:

  • Bank BRI: ib.bri.co.id
  • Bank BNI: ibank.bni.co.id
  • Bank BCA: klikbca.com / ibank.klikbca.com
  • Bank Mandiri: ib.bankmandiri.co.id
  • Bank BTN: internetbanking.btn.co.id
  • Maybank Indonesia: m2u.maybank.co.id
  • OCBC NISP: online.ocbcnisp.com
  • Bank CIMB Niaga: cimbclicks.co.id
  • Bank Danamon: danamonline.com
  • Bank Panin: internetpanin.com
  • Standard Chartered: id.online.standardchartered.com
  • Bank Mega: ibank.bankmega.com

Baca juga: Cara Transfer ATM BRI Lewat HP, Kini Lebih Mudah

Metode 3: Transfer via Mobile & SMS Banking

Cara transfer uang lewat HP selanjutnya yang simpel dan juga mudah ialah via mobile banking dan SMS banking. Kedua metode tersebut mirip, karena SMS Banking pun dapat diakses melalui Mobile Banking. Berikut metode transfer via Mobile Banking yang bisa anda lakukan:

  1. Buka Mobile Banking sesuai Bank Anda.
  2. Login lalu pilih menu Transfer.
  3. Pilih Transfer ke Sesama atau Transfer Antar Bank.
  4. Masukan nomor rekening penerima.
  5. Tuliskan jumlah uang yang akan ditransfer.
  6. Saat muncul halaman konfirmasi, klik OK.
  7. Masukan password atau PIN mobile banking.
  8. Tunggu proses transaksi selesai.

Metode 4: Transfer Uang via Payment Gateway

Payment gateway merupakan layanan pembayaran online yang terhubung dengan beragam jenis channel pembayaran sekaligus. Anda bisa memanfaatkan beberapa layanan tersebut untuk mengirim uang langsung melalui HP. Berbagai jenis payment gateway yang bisa anda gunakan ialah:

  • Doku
  • MidTrans
  • iPaymu
  • Finpay
  • Flip
  • Oy!

Nah, itulah beberapa cara transfer uang lewat HP yang terbukti praktis dan cepat. Silakan untuk mencoba!

Leave a Comment