8 Cara Transfer Uang Tanpa ATM dan Tanpa Antri

Cara transfer uang tanpa ATM – Pengin transfer uang tapi malas antri di ATM? Nah, jika kalian ingin transfer uang tapi nggak mau lama-lama antri di ATM atau karena nggak punya rekening, maka sekarang tak perlu risau lagi. Dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini, kalian dapat melakukan transfer uang hanya dari smartphone.

Bahkan, beberapa bank saat ini sudah menghadirkan layanan mini perbankan seperti BRI yang mengeluarkan layanan BRILink. Fasilitas semacam ini sangat berguna untuk melayani berbagai macam kebutuhan transaksi kita seperti setor tunai, cek saldo, transfer, maupun tarik tunai.

Berbagai Macam Cara Transfer Uang Tanpa ATM

cara transfer uang tanpa atm
Cara transfer uang tanpa ATM dan tanpa antri

Berikut beberapa cara transfer uang tanpa ATM baik secara offline maupun online:

Metode 1: Transfer Uang Lewat Mobile Banking

Bisa dibilang cara transfer uang tanpa ATM yang pertama ini merupakan yang tersimpel. Selain bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, hal yang kita butuhkan pun hanya smartphone dengan koneksi internet yang memadai.

Silakan download aplikasi mobile banking (mBanking) di Appstore atau Playstore sesuai dengan bank yang kalian gunakan.

Metode 2: Transfer Uang via Internet Banking

Jika dibandingkan dengan transfer uang via mBanking, internet banking menawarkan fitur yang lebih lengkap namun lebih susah karena kita harus mengisi user dan pass setiap mau masuk dan ada kode OTP yang harus diisi saat transfer.

Namun, secara umum transfer via mobile banking dan internet banking sama saja. Seperti dalam hal biaya, metode transfer, dan pilihan bank tujuan.

Metode 3: Cara Transfer Via Minimarket

Minimarket swalayan seperti Indomaret dan Alfamart juga memberikan layanan transfer uang. Bahkan pengirim dan penerimanya pun tidak perlu memiliki rekening bank, sehingga cocok sekali untuk pelajar yang belum punya akun bank.

Yang perlu anda lakukan hanya membawa data diri seperti KTP, lalu minta kasir untuk transfer uang, isi formulir yang diberikan, setorkan uang dan selesai. Selengkapnya bisa anda baca dalam artikel yang berjudul cara transfer uang via Alfamart.

Metode 4: Transfer via Dompet Digital / e-Wallet

Dompet digital saat ini banyak sekali jenisnya, mulai dari yang versi lokal maupun luar. Kalian dapat melakukan transaksi keuangan dengan menggunakan aplikasi ini.

Beberapa dompet digital lokal yang terkenal adalah Dana, Ovo, Gopay, ShopeePay, Linkaja. Sementara untuk luar negeri ada Paypal dan Webmoney.

Metode 5: Transfer Uang via Teller Bank

Kalian juga dapat transfer uang via teller bank apabila ATM yang dimiliki hilang atau sudah expired. Cukup bawa buku tabungan lalu setorkan ke bagian teller.

Sayangnya, transfer via teller akan dikenakan biaya admin tambahan yang mana besarnya biaya tergantung pada kebijakan masing-masing bank terkait dan juga bank tujuan transfer. Jadi kalian harus menyiapkan biaya tambahannya.

Baca juga: Cara Transfer Uang Lewat ATM BNI secara Simpel dan Gratis

Metode 6: Transfer Uang via SMS Banking

Transfer via SMS banking bisa dilakukan melalui mobile banking maupun langsung dari SMS. Namun, nomor HP kita harus sudah terdaftar dan juga sudah aktif dalam layanan SMS banking agar bisa digunakan.

Untuk mengaktifkannya, kalian dapat langsung mendatangi customer service di bank yang kalian gunakan atau bisa juga dari ATM pada menu SMS banking / mobile banking.

Metode 7: Cara Transfer Uang via Third Party App

Third Party App merupakan aplikasi pihak ketiga bank yang tujuan utamanya untuk transaksi uang dan kadang juga berfungsi sebagai payment gateway. Misalnya Flip, Oy, topremit, dan wise.

Dengan layanan ini, kalian dapat melakukan transfer yang metode pembayarannya banyak jadi tidak harus via ATM. Bahkan beberapa layanan ini dapat digunakan untuk transfer uang ke bank luar negeri dengan biaya yang murah.

Metode 8: Transfer via Western Union

Western union biasa kita temui di POS Indonesia. Silakan kunjungi saja kantor POS lalu minta formulir pengiriman uang.

Dengan western union, kalian dapat mengirim uang dalam jumlah yang sangat besar, tanpa rekening, tanpa ATM, dan tentunya hampir bisa digunakan oleh semua negara di dunia.

Demikianlah 8 cara transfer uang tanpa ATM dan tanpa antri yang dapat kalian coba. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment