7 Contoh Laporan Keuangan Lengkap dan Terbaru

Contoh Laporan Keuangan – Laporan keuangan / financial report memang merupakan salah satu hal paling penting pada setiap perusahaan, entah itu perusahaan sekala kecil maupun sekala besar. Semua perusahaan membutuhkan financial report karena tujuan utama sebuah perusahaan pasti adalah mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dengan dana yang minimalis.

Karena itulah laporan keuangan sangatlah penting untuk dipelajari karena inilah yang menjadi pijakan saat mengukur kesehatan sebuah perusahaan. Jika perusahaan anda belum anda yang naman nya laporan keuangan, maka perusahaan anda bisa dibilang tidak sehat. Laporan keuangan bisa membahas tentang laba rugi hingga buku besar sebuah perusahaan, karena itulah perusahaan harus membuat laporan keuangan setidaknya satu bulan sekali.

Itu merupakan kewajiban yang harus dilakukan jika tidak ingin perusahaan tersebut bangkrut. Pengertian laporan keuangan adalah tahap terakhir dalam proses / siklus akutansi pada setiap perusahaan untuk mempermudah melihat perkembangan perusahaan.

Contoh Laporan Keuangan Lengkap dan Terbaru

Dalam praktiknya, laporan keuangan berfungsi untuk dijadikan dasar pihak manajemen untuk mengambil sebuah keputusan. Apakah anda masih bingung seperti apa contoh laporan keuangan itu? Yuk langsung saja simak 7 Contoh laporan keuangan yang lebih jelas di bawah ini:

1. Laporan Keuangan Grafik Analisa

Laporan keuangan yang pertama adalah laporan keuangan grafik analisa, jadi dalam laporan ini semua data disajikan dalam bentuk grafik. Metode ini diterapkan untuk laporan laba rugi, neraca dan lain-lain sehingga kelebihan dari grafik ini adalah tampilan nya lebih menarik sehingga lebih mudah menganalisa.

7 Contoh Laporan Keuangan Lengkap dan Terbaru
Laporan Keuangan Grafik Analisa

2. Laporan Keuangan Laba Rugi

Laporan keuangan laba rugi ini merupakan laporan yang menginformasikan tentang pendapatan serta pengeluaran yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam periode tertentu. Jika pendapatan lebih besar dari pengeluaran, itu artinya perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan / laba, jika sebaliknya maka perusahaan bisa dikatakan mengalami kerugian.

Menulis laporan laba rugi terdapat 2 cara, yaitu single step (cara langsung) dan multiple step (cara bertahap). Untuk cara yang single step tersebut, semua pemasukan dijumlahkan dari awal hingga akhir dalam 1 kelompok tertentu, lalu dikurangi dengan beban / pengeluaran perusahaan dalam waktu tertenttu yang sama dengan periode pemasukan.

Sedangkan multiple step merupakan kelompok pendapatan dipisah menjadi 2 bagian, yaitu pendapatan operasional dan pendapatan non-operasional. Baca Juga: Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana.

Pendapatan operasional merupakan pendapatan yang berasal dari kegiatan pokok suatu perusahaan, sedangkan pendapatan non-operasional merupakan pendapatan yang berasal dari luar pokok kegiatan suatu perusahaan.

7 Contoh Laporan Keuangan Lengkap dan Terbaru
Laporan Keuangan Laba Rugi @ https://zahiraccounting.com

3. Contoh Laporan Keuangan Laba Rugi 12 Bulan

Ini sebenarnya sama dengan laporan laba rugi, hanya saja dalam hal ini diberikan contoh laporan laba rugi dalam kurun waktu 12 bulan / 1 tahun.

7 Contoh Laporan Keuangan Lengkap dan Terbaru
Contoh Laporan Keuangan Laba Rugi 12 Bulan

4. Contoh Laporan Keuangan Neraca

Laporan neraca merupakan laporan neraca keuangan yang berisikan laporan asset, hutang, dan modal suatu perusahaan dalam kurun waktu tertentu. Baca Juga: Tips Membuat Neraca Keuangan Yang Wajib Anda Ketahui.

7 Contoh Laporan Keuangan Lengkap dan Terbaru
Contoh Laporan Keuangan Neraca

5. Contoh Laporan Keuangan Arus Kas

Laporan arus kas merupakan laporan keuangan yang berisi tentang informasi keuangan yang keluar masuk kas suatu perusahaan.

7 Contoh Laporan Keuangan Lengkap dan Terbaru
Contoh Laporan Keuangan Arus Kas

6. Contoh Laporan Keuangan Mutasi Barang Per Gudang

Laporan mutasi barang adalah laporan yang memuat informasi tentang arus barang yang keluar masuk dalam satu gudang tertentu. Untuk melihat saldo awal dan akhir persediaan dan jumlah suatu barang yang ada di gudang tersebut.

7 Contoh Laporan Keuangan Lengkap dan Terbaru
Contoh Laporan Keuangan Mutasi Barang Per Gudang

7. Contoh Laporan Keuangan Daftar Barang

Laporan daftar barang merupakan laporan yang memuat informasi lengkap tentang semua barang persediaan.

7 Contoh Laporan Keuangan Lengkap dan Terbaru
Laporan Keuangan Daftar Barang

Itulah beberapa contoh laporan keuangan lengkap dan terbaru yang bisa anda jadikan acuan dalam membuat sebuah laporan keuangan.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Laporan Keuangan Sangat Penting Bagi Perusahaan

Tidak ada salahnya untuk mempelajari semua contoh laporan agar anda bisa tahu mana yang harus digunakan saat melaporkan keuangan perusahaan tertentu, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alasan Klaim Asuransi Perjalanan Ditolak

Alasan Klaim Asuransi Perjalanan Ditolak, Ayo Cari Tahu

Panduan Mengelola Keuangan Usaha Kecil Agar Berkembang

Panduan Mengelola Keuangan Usaha Kecil Agar Berkembang