Tulis ArtikelMulai Menulis & Share Artikel Terbaikmu Disini Sekarang !

Kredit Tanpa Agunan (KTA), Ini Daftar Bank Yang Menyediakannya

Kredit Tanpa Agunan (KTA), Semua orang tentunya pernah mengalami kesulitan dalam hidup. Salah satu kesulitan hidup pada diri manusia adalah masalah finansial yang mungkin bisa membuat semua orang stres dan terpuruk. Apalagi, ketika kita sedang membutuhkan dana darurat namun dana tersebut sulit sekali didapatkan. Kita sudah berusaha meminjam ke sana kemari, tapi belum dapat juga.

Atau kita sedang membutuhkan modal untuk usaha, namun kita sangat sulit dalam mendapatkan modal usaha, sehingga kita tidak jadi mewujudkan impian untuk membuka usaha. Apalagi, sekarang pengajuan dana modal kerja ke bank sangat sulit dilakukan. Hal ini sering terjadi, karena kebanyakan bank mau menyediakan dana kepada orang yang sudah memiliki usaha alias bisnisnya tengah berjalan.

Sehingga hal ini adalah masalah utama bagi kita yang sedang ingin merintis usaha dari awal. Pada akhirnya kita memutuskan untuk mencari sumber dana dari pihak lain. Seperti hutang ke teman, hutang ke tetangga, ke keluarga, hingga koperasi yang mungkin bunganya sangat besar dan perlu adanya jaminan.

Bank Yang Menyediakan Kredit Tanpa Agunan KTA)

Ada juga yang tidak memiliki jaminan untuk meminjam modal usaha, yang pada akhirnya memilih menggunakan kredit yang tanpa jaminan seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA) misalnya. Perlu diketahui juga, bahwa KTA adalah satu-satunya pilihan orang untuk meminjam dana modal usaha yang mungkin karena mudahnya untuk didapatkan. Selain itu, kredit jenis ini tanpa adanya jaminan sebagai syarat dengan bunga yang koperatif dan plafon pinjaman bisa hingga ratusan juta rupiah. Administratifnya pun juga mudah dilakukan.

Seperti adanya persetujuan bank yang hanya membutuhkan 1 sampai 2 minggu hari kerja untuk mendapatkan persetujuan dari pihak bank dalam mencairkan dana pinjaman. Namun, di mana ada kelebihan, di situ pastinya ada kekurangannya juga. Seperti halnya KTA yang mana memiliki bunga yang terbilang tinggi. Umumnya, KTA di Indonesia bunganya bisa mencapai 18% per tahun atau setara dengan 2,3% per bulannya.

Dengan adanya kelemahan seperti bunga yang besar, maka kita harus pandai memanfaatkan KTA sepandai mungkin agar kita bisa mendapatkan untungnya. Sehingga dalam memilih kredit tanpa agunan dengan bunga yang paling rendah adalah salah satu cara dalam memilih KTA pada suatu bank. selain itu, kita juga perlu menyesuaikannya dengan kondisi finansial dengan mencocokkan pendapatan kita per bulannya.

Bank yang Menyediakan KTA

Di Indonesia, sudah banyak bank-bank yang menyediakan kredit tanpa agunan dalam melayani masyarakat untuk memulai usahanya. Berikut ini adalah daftar bank yang menyediakan KTA di Indonesia, sehingga kamu bisa mempertimbangkan bank mana yang bisa mengucurkan dana pinjaman modal usaha untuk Anda.

1. Bank Permata

logo permata via @permatabank.com

Bank Permata merupakan salah satu bank di Indonesia yang menyediakan produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang mana memiliki tiga jenis produk KTA yang di antaranya adalah :

1. Permata KTA Payroll Astra
Produk KTA ini menawarkan rentang bunga mulai dari 1,19% sampai 1,39% per bulannya. seperti namanya, bahwa produk KTA jenis ini hanya bisa digunakan oleh orang-orang alias pegawai yang masuk ke dalam grup Astra. Pinjaman yang ditawarkannya pun bisa mencapai Rp 300 juta dengan jangka waktu hingga 60 bulan.

2. KTA Bank Permata
Produk KTA Bank Permata atau Permata KTA biasa ini menawarkan bunga dari 1,29% hingga 1,49% per bulannya yang mana bisa mencairkan dana hingga Rp 300 juta dengan masa tenor hingga 60 bulanPermata KTA Speed
Sedangkan untuk produk Permata KTA Speed ini menawarkan bunga yang lebih tinggi dibandingkan dua produk KTA Permata lainnya yaitu hingga 1,59% per bulannya.

2. BCA (Bank Central Asia)

logo bca via @bca.co.id

Siapa yang tak kenal dengan BCA? Bank yang merupakan bank swasta terbesar di Indonesia yang bisa menawarkan KTA dengan rentang bunga mulai dari 1% hingga 1,07% per bulan. Bunga ini juga tergantung dari besarnya pinjaman yang diajukan dan juga lamanya tenor pinjaman. Untuk masa tenor KTA BCA ditawarkan mulai dari 12 hingga 36 bulan atau 1 sampai 3 tahun.

Sedangkan untuk plafonnya, KTA BCA bisa mencairkan dana dari Rp 5 juta hingga Rp 100 juga yang mana ditentukan dari besarnya penghasilan per bulan dari si peminjam.

Berikut ini adalah dua jenis produk KTA yang disediakan oleh BCA, di antaranya adalah :

1. BCA Personal Loan
Untuk produk KTA BCA Personal Loan memiliki plafon pinjaman hingga Rp 100 juta dengan tenor  maksimal hingga 36 bulan atau 3 tahun. Dana pinjaman bisa dicarikan hingga 2 minggu atau 14 hari kerja terhitung dari pengajuan pinjaman.

2. BCA Personal Loan Payroll
Untuk BCA Personal Loan Payroll, memiliki plafon, tenor dan waktu pencairan sama dengan BCA Personal Loan.

Sebenarnya dari kedua jenis KTA BCA ini hampir sama, bahkan bunganya pun hampir sama, yang mana pada Personal Loan bunganya hanya 1%, sedangkan Personal Loan Payroll mencapai 1,03% per bulannya.

Umumnya, BCA dapat mencairkan dana maksimal 3 kali dari penghasilan per bulan. Penghitungan ini lebih dikenal dengan istilah ‘take home pay’. 

Sedangkan untuk besarnya cicilan dan masa tenor ditinjau dari sepertiganya pendapatan rutin dari peminjam. Untuk pembayaran cicilan KTA BCA dilakukan melelaui Autodebet BCA.

Baca juga: Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam Pengajuan KTA

3. BNI (Bank Negara Indonesia)

logo bni via @bni.co.id

Bank ini merupakan bank milik BUMN yang mana juga menyediakan produk KTA dengan nama BNI Fleksi. Bunga yang ditawarkan oleh BNI adalah sebesar 8,9% per tahunnya dengan masa tenor 3 sampai 5 tahun lamanya.

Dana yang bisa dicairkan bisa mencapai Rp 100 juta tergantung dari penghasilan nasabah. Namun, sayarat untuk mengajukan KTA BNI ini harus memiliki rekening payroll di BNI terlebih dahulu. Perincian singkat dari KTA BNI adalah sebagai berikut:

  • Plafon pinjaman bisa mencapai maksimal Rp 500 juta,
  • Maksimum tenor 15 tahun,
  • Menggunakan pola kerjasama

Produk KTA BNI ini sendiri juga terdapat jenis KTA BNI yaitu BNI Fleksi yang mana KTA hanya diberikan kepada pegawai perusahaan yang aktif dengan penghasilan tetap (fixed income). Selain itu juga tidak memiliki catatan kriminal baik internal maupun eksternal.

Berbeda dengan pegawai BUMN yang mana bunganya hanya mencapai 7,75% per tahun. Namun masa tenor hanya sampai 1 tahun saja dengan cairan dana minimal dan maksimal adalah Rp 100 juta.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *