Daftar Bank di Indonesia Lengkap Dibagi Per Bagian

Daftar Bank di Indonesia Lengkap Dibagi Per Bagian

Posted on

Daftar Bank di Indonesia bayak sekali, mulai dari Bank swasta,Bank pemerintah maupun bank syariah. Sekilas apa itu pengertian? jika menurut Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998.

Pengertian bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan, dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Lebih detailnya silahkan baca artikel Pengertian Bank dan Fungsinya Secara Lengkap.

Bagi masyarakat mungkin hanya sebagian saja mengenal bank. Biasanya masyarakat hanya mengenal beberapa Bank saja seperti bank Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Nasional Indonesia (BNI), Bank Central Asia (BCA), Bank Mandiri.

Tapi sebetulnya  Bank di Indonesia masih banyak sekali dan tidak semua orang mengetahuinya. Oleh karena itu dalam artikel ini ingin memberikan informasi daftar Bank di Indonesia secara lengkap.

Daftar Bank di Indonesia Lengkap Dibagi Per Bagian

[irp]

Untuk mempermudah Bank apa saja anda bisa lihat daftar Bank di Indonesia dibawah ini. Berikut daftar bank di Indonesia sudah dikelompokan menjadi 5 bagian menurut jenis bank dan berdasarkan pengelolaannya:

Daftar Bank di Indonesia

[table id=7 /]

[table id=9 /]

[table id=8 /]

[table id=10 /]

[table id=11 /]

[table id=13 /]

[table id=14 /]

[table id=12 /]

Keterangan: 

– Bank persero merupakan bank yang sebagian atau seluruh sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia.

– Bank Umum Swasta Nasional Non Devisa merupakan Bank yang sebagian besar modalnya dimiliki oleh pihak swasta non asing. Dan dapat melakukan transaksi dengan luar negeri atau berkaitan dengan valas.

[irp]

– Bank Umum Swasta Nasional Non Devisa merupakan Bank yang sebagian besar modalnya dimiliki oleh pihak swasta non asing. Dan tidak melakukan transaksi dengan luar negeri atau berkaitan dengan valas.

– Bank Campuran merupakan Bank Umum yang didirikan bersama oleh satu atau lebih Bank Umum yang berkedudukan di Indonesia. Didirikan oleh WNI (dan/atau badan hukum Indonesia yang dimiliki sepenuhnya oleh WNI). Dengan satu atau lebih bank yang berkedudukan di luar negeri.

– Bank Asing merupakan bank yang sebagian besar atau seluruh modalnya dimiliki oleh pihak asing, baik itu pihak swasta asing maupun pihak pemerintahan asing.

– Bank pembangunan daerah merupakan bank yang sebagian atau seluruh sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Daerah Provinsi.

– Bank syariah merupakan sistem perbankan yang pelaksanaannya berdasarkan didasarkan pada prinsip-prinsip Syariah Islam.

Tabel daftar Bank di Indonesia diatas bisa anda gunakan sesuai kebutuhan. Jika anda hanya mempunyai satu atau dua rekening saja untuk melakukan trasaksi atau transfer antar Bank tentu akan membutuhkan yang namanya Kode Bank.

[irp]

Kode ini berguna sebagai kode unik bank agar dalam melakukan transfer tidak mengalami masalah, terutama untuk melakukan transfer ke Bank lain. Semua kode sudah tersedia tinggal anda mengaplikasikan dengan hanya memasukan kode bank terlebih dahulu baru kemudian Nomor Rekening Tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *