Daftar Kode SWIFT Bank di Indonesia dan Fungsinya Untuk Transfer

Daftar Kode SWIFT Bank di Indonesia dan Fungsinya Untuk Transfer

Posted on

Kode SWIFT Bank di Indonesia – Perkembangan zaman saat ini semakin canggih, begitupula dengan dunia perbankan. Saat ini untuk transfer  dan menrima transfer uang sudah sangat mudah, baik transfer antar bank maupun transfer sesama bank. Dengan fasilitas layanan yang diberikan bank semua transaksi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Banyak sekali daftar Bank di Indonesia, baik itu bank negara, bank swasta, bank daerah. Diantaranya bank yang terkenal di Indonesia seperti Bank BCA, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI dan masih banyak lagi bank lainnya. Semua bisa anda gunakan untuk melakukan transaksi baik menerima dan transfer uang.

Mengenal Kode SWIFT Bank

Daftar Kode SWIFT Bank di Indonesia dan Fungsinya Untuk Transfer

Kode SWIFT merupakan sebuah kode unik terdiri dari beberapa huruf yang diwajibkan ada untuk melakukan transaksi transfer uang. Baik melakukan transfer uang dari luar maupun dari dalam negeri. Pada mula kode SWIFT ini diciptakan untuk menyiasati kerumitan yang terjadi di dalam pertukaran informasi perbankan di seluruh dunia.

Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication atau yang lazim disingkat dengan SWIFT. Ini merupakan asosiasi yang menghubungkan lebih dari 9.000 lembaga sekutitas dan juga nasabah korporasi yang tersebar di 209 negara di dunia.

SWIFT menghubungkan dan membantu menyediakan berbagai informasi keuangan. Informasi yang akan dibutuhkan dalam berbagai transaksi yang dilakukan oleh para anggotanya. Semua pertukaran informasi vital yang terjadi berada dalam lingkungan yang aman dan terjamin dari berbagai tindak penyalahgunaan atau kejahatan keuangan.

Kantor pusat SWIFT di Belgia dan memiliki beberapa kantor cabang pada beberapa negara. Kantor inilah yang menjadi pusat utama dari kegiatan transaksi keuangan seluruh dunia. Untuk kegiatan transaksi SWIFT akan memberikan sejumlah kode yang kemudian menjadi identitas dari sebuah bank atau lembaga sekuritas yang menjadi anggotanya.

Baca Juga : Daftar Kode Bank Indonesia Untuk Transfer Antar Bank

Fungsi Kode SWIFT Bank

Kode SWIFT bank berfungsi sebagai kode transaksi keuangan online secara internasional. Jika Anda ingin transfer atau menerima transfer uang dari luar negeri. Baik melalui bank maupun kartu kredit maka yang anda perlukan adalah kode ini untuk memverfikasinya.

Kode SWIFT memiliki peranan sangat penting. Bila Anda tidak menggunakan kode SWIFT dalam melakukan kegiatan transfer, maka proses transfer otomatis akan gagal. Untuk letak code swift ini selalu di depan nomor rekening bank tang akan anda transfer.[Kode SWIFT + nomor rekening bank tujuan transfer].

Kode swift ini berupa huruf kapital yang banyaknya 8 s/d 11 karakter, dimana 8 karakter awal ini adalah kode pokok bank. Tiga karakter terakhir merupakan kode cabang bank yang bersangkutan. Setiap bank memiliki SWIFT Code sendiri, dan tidak ada yang sama antara satu bank dengan bank  lainnya.

Daftar Kode SWIFT Bank di Indonesia

Daftar Kode SWIFT Bank di Indonesia

Bagi anda yang ingin melakukan kegiatan transfer baik dari dalam dan luar negeri membutuhkan kode swift (swift code). Adapun daftar Kode SWIFT Bank di Indonesia yang bisa anda gunakan untuk melakukan transfer adalah sebagai berikut:

[table id=2 /]

Baca Juga: Alternatif Transfer Uang Tanpa Rekening Bank

Penggunaan SWIFT Code Bank di Indonesia

Swift Code Bank diatas biasanya sering digunakan untuk transaksi, terutama bagi orang yang melakukan kegiatan bisnis online. Biasa untuk kegiatan transaksi menerima transfer dari dan ke luar Negeri. Kode ini sangat penting untuk kelancaran dan tidak terjadi masalah yang tidak di inginkan.

Mungkin masih banyak orang yang belum mengenal kode swift ini karena memang belum membutuhkan. Tapi tidak ada salahnya sebelum anda menggunakan sudah tahu dulu. Agar suatu saat anda membutuhkan untuk transaksi yang membutuhkan kode swift anda sudah tahu apa itu kode swift. Dengan begitu transaksi yang anda lakukan tidak menghadapi kendala.

Daftar Kode SWIFT Bank di Indonesia diatas tidak semua dicantumkan. Ini hanya beberapa bank saja, khususnya bank yang sering digunakan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *