in

Daftar Kode SWIFT Bank di Indonesia dan Fungsinya Untuk Transfer

Kode SWIFT Bank di Indonesia – Perkembangan zaman saat ini semakin canggih, begitupula dengan dunia perbankan. Saat ini untuk transfer  dan menrima transfer uang sudah sangat mudah, baik transfer antar bank maupun transfer sesama bank. Dengan fasilitas layanan yang diberikan bank semua transaksi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Banyak sekali daftar Bank di Indonesia, baik itu bank negara, bank swasta, bank daerah. Diantaranya bank yang terkenal di Indonesia seperti Bank BCA, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI dan masih banyak lagi bank lainnya. Semua bisa anda gunakan untuk melakukan transaksi baik menerima dan transfer uang.

Mengenal Kode SWIFT Bank

Daftar Kode SWIFT Bank di Indonesia dan Fungsinya Untuk Transfer

Kode SWIFT merupakan sebuah kode unik terdiri dari beberapa huruf yang diwajibkan ada untuk melakukan transaksi transfer uang. Baik melakukan transfer uang dari luar maupun dari dalam negeri. Pada mula kode SWIFT ini diciptakan untuk menyiasati kerumitan yang terjadi di dalam pertukaran informasi perbankan di seluruh dunia.

Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication atau yang lazim disingkat dengan SWIFT. Ini merupakan asosiasi yang menghubungkan lebih dari 9.000 lembaga sekutitas dan juga nasabah korporasi yang tersebar di 209 negara di dunia.

SWIFT menghubungkan dan membantu menyediakan berbagai informasi keuangan. Informasi yang akan dibutuhkan dalam berbagai transaksi yang dilakukan oleh para anggotanya. Semua pertukaran informasi vital yang terjadi berada dalam lingkungan yang aman dan terjamin dari berbagai tindak penyalahgunaan atau kejahatan keuangan.

Kantor pusat SWIFT di Belgia dan memiliki beberapa kantor cabang pada beberapa negara. Kantor inilah yang menjadi pusat utama dari kegiatan transaksi keuangan seluruh dunia. Untuk kegiatan transaksi SWIFT akan memberikan sejumlah kode yang kemudian menjadi identitas dari sebuah bank atau lembaga sekuritas yang menjadi anggotanya.

Baca Juga : Daftar Kode Bank Indonesia Untuk Transfer Antar Bank

Fungsi Kode SWIFT Bank

Kode SWIFT bank berfungsi sebagai kode transaksi keuangan online secara internasional. Jika Anda ingin transfer atau menerima transfer uang dari luar negeri. Baik melalui bank maupun kartu kredit maka yang anda perlukan adalah kode ini untuk memverfikasinya.

Kode SWIFT memiliki peranan sangat penting. Bila Anda tidak menggunakan kode SWIFT dalam melakukan kegiatan transfer, maka proses transfer otomatis akan gagal. Untuk letak code swift ini selalu di depan nomor rekening bank tang akan anda transfer.[Kode SWIFT + nomor rekening bank tujuan transfer].

Kode swift ini berupa huruf kapital yang banyaknya 8 s/d 11 karakter, dimana 8 karakter awal ini adalah kode pokok bank. Tiga karakter terakhir merupakan kode cabang bank yang bersangkutan. Setiap bank memiliki SWIFT Code sendiri, dan tidak ada yang sama antara satu bank dengan bank  lainnya.

Daftar Kode SWIFT Bank di Indonesia

Daftar Kode SWIFT Bank di Indonesia

Bagi anda yang ingin melakukan kegiatan transfer baik dari dalam dan luar negeri membutuhkan kode swift (swift code). Adapun daftar Kode SWIFT Bank di Indonesia yang bisa anda gunakan untuk melakukan transfer adalah sebagai berikut:

NoNama BankKode Swift
1.Bank ABN AMROABNAIDJA
2.Bank HagaHAGAIDJA
3.Bank Artha GrahaARTGIDJA
4.Bank BangkokBKKBIDJA
5.Bank Bumiputera IndonesiaBUMIIDJA
6.Bank Bumi Arta IndonesiaBBAIIDJA
7.Bank Buana IndonesiaBBIJIDJA
8.Bank BukopinBBUKIDJA
9.Bank BNP Paribas IndonesiaBNPAIDJA
10.Bank Central Asia (BCA)CENAIDJA
11.Bank Chinatrust IndonesiaCTCBIDJA
12.Bank of China, Jakarta BranchBKCHIDJA
13.Bank CommonwealthBICNIDJA
14.Bank DanamonBDINIDJA
15.Bank Deutsche AGDEUTIDJA
16.Bank DBS IndonesiaDBSBIDJA
17.Bank Ekspor IndonesiaBEXIIDJA
18.Bank Ekonomi RaharjaEKONIDJA
19.Bank FinconesiaFINBIDJA
20.Bank HSBCHSBCIDJA
21.Bank IndonesiaINDOIDJA
22.Bank Internasional Indonesia (BII)IBBKIDJA
23.Bank KesawanAWANIDJA
24.Bank LippoLIPBIDJA
25.Bank MandiriBMRIIDJA
26.Bank Maybank IndocorpMBBEIDJA
27.Bank MegaMEGAIDJA
28.Bank Mizuho IndonesiaMHCCIDJA
29.Bank NISPNISPIDJA
30.Bank NiagaBNIAIDJA
31.Bank Negara Indonesia (BNI)BNINIDJA
32.Bank OCBC IndonesiaOCBCIDJA
33.Bank PermataBBBAIDJA
34.Bank Pan IndonesiaPINBIDJA
35.Bank Rabobank International IndonesiaRABOIDJA
36.Bank Resona PerdaniaBPIAIDJA
37.Bank Rakyat Indonesia (BRI)BRINIDJA
38.Bank Sumitomo Mitsui IndonesiaSUNIIDJA
39.Bank SwadesiSWBAIDJA
40.Bank Syariah MandiriBSMDIDJA
41.Bank Tabungan Negara (BTN)BTANIDJA
42.Bank UFJ Indonesia (formerly Bank Sanwa Indonesia)SAINIDJA
43.Bank UOB IndonesiaUOBBIDJA
44.Bank Woori IndonesiaHVBKIDJA

Baca Juga: Alternatif Transfer Uang Tanpa Rekening Bank

Penggunaan SWIFT Code Bank di Indonesia

Swift Code Bank diatas biasanya sering digunakan untuk transaksi, terutama bagi orang yang melakukan kegiatan bisnis online. Biasa untuk kegiatan transaksi menerima transfer dari dan ke luar Negeri. Kode ini sangat penting untuk kelancaran dan tidak terjadi masalah yang tidak di inginkan.

Mungkin masih banyak orang yang belum mengenal kode swift ini karena memang belum membutuhkan. Tapi tidak ada salahnya sebelum anda menggunakan sudah tahu dulu. Agar suatu saat anda membutuhkan untuk transaksi yang membutuhkan kode swift anda sudah tahu apa itu kode swift. Dengan begitu transaksi yang anda lakukan tidak menghadapi kendala.

Daftar Kode SWIFT Bank di Indonesia diatas tidak semua dicantumkan. Ini hanya beberapa bank saja, khususnya bank yang sering digunakan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.

Written by Zonkeu

Suka mencoba hal baru penuh tantangan yang memaksa otak untuk selalu berfikir keras

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Daftar Bank di Indonesia Lengkap Dibagi Per Bagian

Daftar Bank di Indonesia Lengkap Dibagi Per Bagian

Cara Daftar OKpay dan Langsung Verifikasi Secara Gratis

Cara Daftar OKpay dan Langsung Verifikasi Secara Gratis