Penggunaan Kartu Kredit Secara Berlebihan, Ini Dampak Negatifnya

Dampak Negatif Penggunaan Kartu Kredit – Penggunaan kartu kredit era serba modern seperti sekarang ini sudah menjadi trend dan merupakan kebutuhan yang hampir tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk kalangan menengah keatas.

Penggunaan kartu kredit selain memudahkan pengguna dalam bertransaksi ada hal lain yang membuat masyarakat terpikat menggunakan fasilitas ini. Promosi dari penerbit kartu kredit yang melimpah guna untuk menarik banyak pengguna.

Dampak Negatif Akibat Dari Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit sebagaimana kita ketahui bahwa anda akan bisa belanja meskipun tidak memiliki uang cash. Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya uang yang ada pada kartu kredit tersebut bukan murni uang anda sendiri.

Penggunaan Kartu Kredit Secara Berlebihan, Ini Dampak Negatifnya

Biasanya pengguna baru kartu kredit akan merasa senang diawal karena begitu tahu kalau dia bisa menggunakan uang dengan mudah. Padahal jika anda tahu sebenarnya bank tersebut tidak memberikan fasilitas uang yang bisa digunakan di dalam kartu kredit begitu saja.

Anda lupa bahwa bank mengeluarkan fasilitas tersebut tentu saja memiliki persyaratan dan proses yang mengikat para penggunanya. Maka dari itu sebagai pengguna kartu kredit atau yang ingin mengajukan.

Baca Juga:  Jenis - Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Limit, Wilayah Berlaku, dan Afiliasinya

Untuk membuat kartu kredit harus terlebih dahulu mempelajari dengan benar apa manfaat dan dampak yang ditimbulkan kedepannya. Tentu saja dalam penggunaannya anda harus berani berbuat harus berani pula bertanggung jawab.

Dengan berani membelanjakan uang didalam kartu kradit anda juga harus berani menanggung akibat yang akan anda tanggung nantinya. Jadi anda harus lebih bijak dalam menggunakannya jika tidak mau menghadapi masalah yang ditimbulkan dalam menggunakan kartu kredit tersebut.

Diawal mungkin anda akan merasa senang, karena dapat kemudahan dalam menggunkan uang di dalam kartu kredit. Jika anda menggunakan kartu ini secara berlebihan maka akan anda dapak negatif yang harus anda tanggung.

Diantara dampak menggunakan kartu kredit berlebihan bisa anda rasakan seperti gambaran dibawah ini.

1. Hutang Dan Biaya Kartu Kredit Yang Akan Membebani Pikiran

Bila anda semakin sering menggunakan kartu kredit untuk berbagai macam keperluan dengan begitu secara otomatis akan semakin banyak pula jumlah tagihan uang yang datang.

Belum lagi ditambah dengan biaya administrasi dan akuomulasi bunga. Tanpa anda sadari lama kelamaan tagihan akan menggunung yang semakin berat untuk anda bayar.

Dengan hutang yang terus bertambah karena seringnya menggunakan kartu kredit seiring pula dengan naiknya suku bunga ini tentu saja akan semakin menyulitkan.

Jadi ini akan selalu membebani pikiran anda, sehingga tiada hari tanpa berurusan dengan pihak bank maupun mengecek di sistem informasi BI terkait peringkat sebagai debitur, dengan begitu anda akan semakin tidak tenang dalam menikmati hidup.

Meskipun hutang-hutang atau tagihan-tagihan kartu kredit tersebut sudah semuaanda bayarkan secara lunas. Namun jika anda masih sering menggunakan kartu kredit tetap saja akan menjadi beban pikiran dengan pengaturan anggaran pengeluaran.

Untuk itu harus ada pos khusus untuk biaya yang akan digunakan membayar tagihan kartu kredit. Dengan begitu anda bisa lebih tahu jika biaya yang akan dibayar semakin membengkak.

Dengan demikian akan membuat anda semakin berpikir ekstra keras untuk mengatur pengeluaran-pengeluaran penting selanjutnya dengan menngunakan kartu kredit.

Baca Juga:  Kelebihan Dan Kekurangan Kartu Kredit, Anda Harus Tahu!

2. Selalu Dihantui Oleh Rasa Takut dan Rasa Cemas

Biasanya pengguna kartu kredit akan diliputi rasa takut dan cepat, apa lagi jika penggunanya belum terlalu mapan secara finansial. Rasa tersebut biasa datang saat akhir bulan atau saat datang tagihan kartu kredit.

Belum lagi bila terjadi penunggakan pembayaran, belum lagi didatangi depkolektor dengan wajah garang. Kejadian tersebut bisa saja anda alami jika penggunaan kartu kredit tidak didukung oleh kesiapan finansial atau menggunakannya hanya mengikuti tren semata.

Sehingga anda terlena dan menggunakan kartu kredit secara berlebihan. Sehingga perasaan was-was akan selalui menghantui, hal-hal yang tidak menakutkan pun akan terasa sangat menakutkan.

Seperti contoh kehadiran pegawai bank ke rumah seharusnya dipandang sebagai malaikat penyelamat dari blacklisting Bank Indonesia (BI) karena mengingatkan anda akan tagihan.

Namun bagi anda yang terlalu sering menggunakan kartu kredit, kehadiran pegawai bank akan menjadi bagaikan kawanan penjahat yang menakutkan.

3. Rawan Akan Berbagai Tindak Kejahatan

Kenyataannya, semakin seseorang sering menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi di dunia nyata maupun maya. Tanpa disadari orang tersebut telah membuka pintu untuk kejahatan.

Biasanya hal ini dikarenakan setiap kali seseorang bertransaksi, data-data terkait kartu kreditnya akan tersebar luas. Tidak hanya terekam melalui mesin EDC merchant atau terotorisasi online shop yang bersangkutan.

Namun juga terekam oleh sistem pemerintah yang terbuka untuk umum dan sistem komputer luar negeri juga. Sehingga hal ini bukan tidak mungkin akan membuat data-data anda dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kebanyakan bagi orang-orang yang terlalu sering menggunakan kartu kredit juga kebanyakan mengakses sistem perbankan mereka.

Ini menambah dampak negatif baru yang juga sama, yakni terbukanya akses publik atas informasi terkait produk perbankan.

Baca Juga:  Daftar Bank di Indonesia Lengkap Dibagi Per Bagian

4. Sering Melakukan Kesalahan Terkait Penggunaan Kartu Kredit

Karena sudah paham betul mengenai aturan-aturan dasar dan persyaratan serta kemampuan finansial atas kartu kredit sendiri. Hal yang sering terjadi adalah orang semakin mempercayai pembayaran menggunakan kartu kredit.

Begitu percayanya hingga pada akhirnya orang-orang yang sering menggunakan kartu kredit ini melakukan berbagai kesalahan terkait penggunaan kartu kredit mereka.

Sehingga pengguna kartu kredit yang keseringan dan berlebihan dalam bertransaksi menggunakan kartu kredit.Mengangap sepele hal-hal penting seperti dalam menjaga kode-kode rahasia seperti PIN atau CVV.

Hal ini akan mengakibatkan tidak kejahantan kepada penggunannya baik melalui dunia maya maupun dunia nyata seperti yang terjadi di poin 3 diatas.

Tindakan ceroboh membayar di saat yang tidak tepat juga biasanya berlaku bagi penggunaan yang sudah keseringan. Penggunaan kartu kredit berlebihan seperti menggunakan kartu kredit untuk belanja di toko swalayan.

Kemudian semakin sering menggunakan kartu kredit, semakin bergerak menuju pengeluaran ke hal-hal kebutuhan sehari-hari seperti PLN atau PDAM.

Terus lama-lama menjadi makin tidak wajar penggunaan, seperti untuk membayar kredit hp atau yang lainnya. Sehingga uang kredit untuk membayar hutang yang akan berakibat fatal. Semakin membengkaknya tagihan dan akan terus terjerat hutang.

Keempat poin dampak negatif dari penggunaan kartu kredit berlebihan di atas merupakan dampak negatif yang biasa sering kita jumpai di kehidupan masyarakat.

Baca Juga:  Bank CIMB Niaga Dengan Produk "Tabunganku" Yang Bersahabat

Dengan anda mengetahui dampak negatif tersebut diharapkan ini bisa menjadi pelajaran untuk kita semua menjadi lebih bijak dalam menggunakan kartu kredit kedepannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *