in

Fasilitas Pembayaran Online (e-Payment) dan Contohnya

Salah satu pemanfaatan keberadaan teknologi di dunia ini yang semakin canggih dan selalu berkembang ialah dalam bidang perekonomian. Seperti misalnya dalam hal melakukan transaksi pembayaran-pembayaran. Jika dulu seseorang untuk melakukan pembelian serta pembayaran perlu dilakukan secara langsung. Saat ini teknologi memberikan kemudahan untuk mengatasi hal tersebut. Fasilitas Pembayaran Online (e-Payment ) merupakan fasilitas yang bisa digunakan sebagai pembayaran dan transaksi secara online.

Dalam dunia teknologi dalam bidang ekonomi saat ini ada isitilah yang dinamakan dengan e-commerce atau perdagangan yang dilakukan secara elektronik. Dan ketika e-commerce telah menempati kejayaannya kemudian dikembangkanlah teknologi baru yang dikenal dengan istilah e-payment atau pembayaran online. Pengertian e-Payment itu sendiri adalah salah satu sistem untuk melakukan pengiriman uang atau pembayaran-pembayaran melalui fasilitas jaringan internet atau secara elektronik digital.

Fasilitas Pembayaran Online (e-Payment) dan Contohnya

Saat ini pun sudah banyak perusahaan-perusahaan di dunia yang salah satunya juga di Indonesia yang menjadikan Pembayaran Online (e-payment) sebagai sarana untuk melakukan pembayaran. Baca Juga: Mengenal Apa Itu E-Payment, Serta Pengertian dan ManfaatnyaDari lingkup pembayaran atau pengiriman uang secara elektronik atau e-payment ini terdiri dari beberapa jenis serta contoh,diantaranya :

a. Payment Card

Jenis Jenis Fasilitas E Payment dan Contohnya

Seperti namanya Payment Card merupakan sarana untuk transaksi pembayaran yang dapat dilakukan dengan menggunakan kartu elektronik. Contohnya adalah ketika seseorang melakukan transaksi pembelian yang dibayarkan dengan menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Fasilitas yang dapat dirasakan ketika seseorang bertransaksi dengan kartu kredit dan debit antara lain memudahkan pembayaran ketika berbelanja tanpa membawa uang tunai.

Untuk kartu kredit sendiri banyak fasilitas promo-promo yang ditawarkan sedangkan untuk kartu debit maka anda dapat lebih mendapatkan manfaat seperti salah satunya tidak adanya hutang kepada bank karena uang yang digunakan berasal dari tabungan anda.

Baca Juga: Perbedaan E Banking dan E Payment Yang Perlu Anda Tahu

b. E-wallet

Jenis Jenis Fasilitas E Payment dan Contohnya

E-wallet atau dompet eletronik merupakan jenis dari e-payment yang menyediakan alternatif lain dari segala metode pembayaran-pembayaran tradisional atau yang dilakukan secara tunai. Dengan E-Wallet seseorang akan lebih dimudahkan untuk melakukan pembayaran online dengan aman dan hemat biaya.

Sama fungsinya dengan dompet fisik, e-wallet ini pun juga memfasilitasi untuk menyimpan uang namun dalam bentuk elektronik. Untuk mendaftar e-wallet ini anda dapat membuat akun terlebih dahulu dengan mendaftarkannya secara singkat melalui aplikasi-aplikasi online yang saat ini telah banyak beredar.

c. Smart Card

Jenis Jenis Fasilitas E Payment dan Contohnya

Untuk melakukan e-payment sarana selanjutnya yang ada ialah smart card. Smart card adalah sebuah kartu yang proses penggunannya hampir mirip dengan kartu ATM dimana ketika seseorang melakukan transaksi uang akan di debet.

Smart card yang berarti kartu pintar ini berisi data pembeli sehingga penjual dapat langsung mengetahui data tersebut melewati kartu tersebut dalam proses pembayaran secara elektronik.

d. E-cash

Jenis Jenis Fasilitas E Payment dan Contohnya

E-cash adalah uang dalam bentuk elektronik yang dapat digunakan dalam transaksi jual beli secara online atau pengiriman-pengiriman uang untuk tujuan lainnya. Untuk melakukan transaksi e-cash maka nomor ponsel seseorang akan dijadikan sebagai nomor rekeningnya. Untuk di Indonesia e-cash yang saat ini dikenal adalah e-cash mandiri.

Baca Juga: Cara Daftar Mobile Banking Mandiri dan Aktivasi Melalui ATM dan Online

e. E-check

Jenis Jenis Fasilitas E Payment dan Contohnya
echeck via @bcgmeds.com

E-check merupakan cek yang diciptakan dalam bentuk digital atau eletronik. Mirip dengan cek namun dalam bentuk digital. Atau cek dalam bentuk elektronik ini dapat digunakan untuk pembayaran dan juga dapat ditukarkan ke bank untuk mengambil uang yang tertera di e-check. Ada beberapa fasilitas berupa keuntungan yang tersedia pada e-check.

Antara lain dapat melindungi keamanan data dan juga meningkatkan efisensi pembayaran layaknnya e-payment yang lain. Kemudian untuk peraturan tentang catatan kredit e-check itu sendiri tetap sama dengan cek fisik atau cek kertas. Namun di Indonesia sendiri metode pembayaran dengan e-check ini pun belum dilakukan.

Selain dari jenis-jenis dan contoh di atas, seperti teknologi-teknologi yang lainnya pun nyatanya keberadaan E-Payment atau pembayaran secara elektronik ini juga memiliki kelebihan-kelebihan serta kekurangan.

Adapun kelebihan dari Fasilitas E payment, antara lain :
  • Ketika anda melakukan transaksi pembayaran akan lebih membuat waktu anda semakin efektif dan efisien karena dengan E-Payment transaksi dapat berjalan lebih cepat.
  • Pilihan dari produk-produk layanan yang sudah ada akan dapat selalu ditingkatkan.
  • Akan lebih nyaman dan aman untuk bertransaksi dengan menggunakan E-Payment tersebut.

Sedangkan, selain dari kelebihan-kelebihan yang ada kekurangan dari adanya fasilitas E Payment ini pun juga ada yang antara lain :

  • Di Indonesia, keberadaan Infrastuktur Telekomunikasi saat ini masih terbatas dan harganya yang terbilang relatif mahal.
  • Masih minimnya atau kurangnya pengetahuan tentang Teknologi Informasi di Indonesia. Sehingga  masyarakat masih belum atau tidak terbiasa melakukan pembayaran secara elektronik.
  • Timbulnnya kejahatan-kejahatan baru yang pada akhirnya masyarakat masih ragu dan takut untuk memilih melakukan transaksi dengan E-Payment ini.

Jadi, itulah informasi-informasi singkat yang kami berikan. Penjelasan-penjelasan serta beberapa jenis dan contoh mengenai Fasilitas Pembayaran Online (e-Payment) dan Contohnya ini. Keputusan tetap ada di tangan anda dan semoga artikel yang kami berikan dapat bermanfaat. Baca Juga: 8 Tips Transaksi Online Agar Terhindar dari Kejahatan Cyber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mengenal Kredit Multi Guna (KMG) Secara Lengkap

Mengenal Kredit Multi Guna (KMG) Secara Lengkap

6 Tips Cara Memilih Asuransi Pendidikan Anak

6 Tips Cara Memilih Asuransi Pendidikan Anak Yang Baik