Tulis ArtikelMulai Menulis & Share Artikel Terbaikmu Disini Sekarang !

Fungsi Kredit Multiguna Dalam Pengelolaan Keuangan Agar Jadi Lebih Baik

Saat ini banyak penawaran tempat pinjaman uang yang menjamur di masyarakat dan menawarkan berbagai macam kelebihan dan kemudahan. Misalnya kredit multiguna yang prosesnya tidak ribet bisa dibilang pinjaman uang cepat. Sangat membantu kita untuk urusan pengelolaan keuangan agar bisa stabil kembali terutama dalam keuangan usaha. Dalam istilah Kredit ini dibedakan menjadi dua yaitu ada pinjaman yang tidak memerlukan jaminan dan dikenal dengan istilah Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Sedangkan pengertian  Kredit Multi Guna yaitu Kredit yang cara mendapatkannya memerlukan jaminan. Namun ulasan kali ini bukan untuk membahas keduanya melainkan akan mengulas tentang fungsi kredit multiguna. Kredit multiguna di zaman yang modern seperti saat ini, sangat membantu dan memudahkan masyarakat dalam hal pembiayaan apa saja. Karena Kredit Multi Guna dapat digunakan untuk membiayai kebutuhan-kebutuhan konsumtif masyarakat.

Seperti untuk kebutuhan renovasi rumah, membeli kendaraan. Dapat juga digunakan untuk kebutuhan produktif seperti modal kerja pengembangan usaha dll. Kredit multi guna, dalam industri perbankan termasuk kredit yang aman, sehingga bunga yang ditawarkan seharusnya tidak terlalu besar. Bank merasa aman, karena bank memiliki aset sebagai jaminan yang dapat dijual, jika orang yang meminjam uang tidak dapat melunasi kreditnya.

Manfaat Kredit Multiguna Untuk Membantu Pengelolaan Keuangan

Kredit Multiguna
Kredit Multiguna

Kredit multiguna merupakan kredit yang ditawarkan oleh pihak perbankan dalam bentuk pinjaman uang, yang mewajibkan debitur atau peminjamnya memberikan suatu jaminan tertentu. Namun jumlah uang yang bisa dicairkan pastinya akan menyesuaikan dengan nilai jual barang yang kita jadikan sebagai jaminan.

Pemanfaatan Kredit Multiguna

Kredit multiguna biasanya dipilih masyarakat pada umumnya guna mendapatkan modal untuk memulai usaha, ataupun menambah modal usaha, agar nantinya bisa lebih berkembang pesat daripada sebelumnya. Karena memang kredit multigunalah yang bisa membantu untuk mendapatkan uang dengan cepat selain pegadaian. Selain itu bunga yang ditawarkan juga tidak terlalu besar, sangat cocok untuk membantu usaha kita.

Untuk mengajukan kredit multiguna, kita juga harus menghitung matang-matang cash flow kita dengan cermat. Jangan sampai kita terbebani oleh cicilan yang terlalu besar setiap bulannya, yang ujung-ujungnya justru akan membuat kita menjadi semakin pusing. Idealnya pengeluaran untuk membayar cicilan kredit adalah maksimal 30 persen dari penghasilan kita. Hal itu bisa dikatakan pengelolaan keuangan kita sudah baik dan stabil.

Selain untuk usaha, kredit multiguna juga bisa dimanfaatkan untuk membiayai proses renovasi rumah, pembelian barang elektronik, pembiayaan untuk pendidikan, pembiayaan untuk pengobatan ke rumah sakit, dan pembiayaan finansial lainnya.

Baca Juga: Pengelolaan Keuangan Tetap Stabil Meski Punya Hutang Dan Pinjaman

Persyaratan Utama Untuk Mengajukan Kredit Multiguna

Jaminan yang bisa kita gunakan untuk mengajukan kredit multiguna seperti halnya sertifikat tanah, motor, mobil, surat keterangan kerja, deposito dan lain sebagainya. Namun sebaiknya kita mengajukan pinjaman hanya sesuai kebutuhan yang kita perlukan saja.

Jangan sampai kita mengajukan pinjaman dengan jumlah yang terlalu besar, dan sisa uang yang kita dapatkan tidak tau mau digunakan untuk apa.

Sehingga pada akhirnya uang pinjaman tersebut habis tidak jelas. Nah, ujung-ujungnya bukannya memperbaiki pengelolaan keuangan kita.

Justru malah semakin memperburuk keadaan. Untuk itu, jadilah peminjam atau debitur yang cerdas dan bisa memanfaatkan kesempatan yang ada.

Keuntungan Yang Kita Dapatkan Dari Kredit Multiguna

Keuntungan yang kita dapatkan dari kredit multiguna adalah limit pinjaman yang cukup tinggi. Bahkan mencapai angka miliaran. Mengapa bisa demikian? Hal ini terjadi karena pinjaman yang kita dapatkan menyesuaikan dengan jaminan yang kita berikan. Sehingga resiko perbankan untuk rugi sangatlah kecil, karena ada jaminan yang nilainya setara dengan uang pinjaman yang diberikan kepada nasabah.

Keuntungan berikutnya adalah masa tenor yang diberikan oleh perbankan mencapai jangka waktu 5 tahun, sehingga kita bisa memanfaatkannya untuk mengelola uang pinjaman tersebut lebih leluasa jika digunakan untuk usaha. Selanjutnya penggunaannya pun bisa flexibel menyesuaikan kebutuhan kita. Dilihat dari namanya saja sudah multiguna, jadi bisa digunakan untuk keperluan apa saja yang kita inginkan.

Baca Juga: 5 Cara Hidup Hemat Dengan Langkah Mudah Yang Tepat

Kekurangan Yang Ada Pada Kredit Multiguna

Jika ada keuntungan berarti ada kekurangan. Kekurangan dari kredit multiguna ini seperti halnya jika kita tidak mempunyai jaminan yang bisa digunakan, berarti secara otomatis kita tidak bisa mendapatkan pinjaman.

Kemudian apabila kita sering mengalami keterlambatan cicilan sampai menunggak atau pun terjadi masalah lainnya. Akibatnya aset kita disita oleh pihak perbankan. Jadi intinya kita harus bijak melakukan pengelolaan keuangan kita, agar pinjaman yang kita dapatkan bisa membuat kondisi keuangan kita menjadi lebih baik lagi.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengajukan Kredit Multiguna

Sebelum memutuskan mengajukan pinjaman, alangkah baiknya anda mempertimbangkan terlebih dahulu hal-hal seperti :
• Plafon pinjaman yang relatif tinggi, cocok untuk anda yang memang perlu modal besar untuk usaha.

• Biaya yang rendah, berhubungan dengan bunga yang akan kita tanggung nantinya, sebaiknya perhatikan dengan seksama dan tanyakan pada pihak perbankan sampai anda benar-benar jelas. Jangan sampai nantinya anda merasa dirugikan karena sebelumnya tidak memahami mengenai bunga pinjaman.

• Carilah yang menawarkan tenor dalam jangka waktu yang panjang, hal ini akan meringankan anda karena semakin lama tenornya, maka akan semakin rendah nilai cicilan yang harus anda bayarkan setiap bulannya.

• Waktu dan proses pencairan yang relatif cepat juga layak anda jadikan sebagai bahan pertimbangan, semakin cepat uang pinjaman bisa cair, maka akan semakin baik buat anda, sehingga uang tersebut bisa segera digunakan untuk memulai usaha.

• Bebas biaya lain-lain selama proses pengajuan pinjaman tentunya akan meringankan beban kita, pasalnya jika pinjaman yang kita ajukan terlalu banyak biaya administrasinya. Maka akan sangat merugikan bagi kita, uang belum cair tapi sudah banyak pengeluaran yang harus kita bayarkan.

Nah penjelasan Fungsi Kredit Multiguna Untuk Membantu Pengelolaan Keuangan yang sudah saya ulas secara detail dan terperinci. Mungkin bisa anda jadikan sebagai bahan referensi sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit multiguna. Sehingga anda bisa dengan mudah memahami dan mempelajari kemudian mempertimbangkannya terlebih dahulu, dan nantinya diharapkan kondisi keuangan anda akan semakin membaik karena adanya pengelolaan keuangan yang semakin baik pula.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *