in

6 Tips Jitu Ini untuk Memilih Asuransi Pribadi Maupun Keluarga

Asuransi adalah jaminan keuangan yang dimiliki oleh setiap orang yang sudah berkeluarga untuk mengantisipasi kelangsungan hidup keluarga di masa yang akan datang. Dengan begitu, produk asuransi adalah salah satu kewajiban yang dimiliki oleh setiap keluarga, seperti asuransi pendidikan, asuransi rumah, hingga asuransi pensiunan.

Untuk itu, perlu adanya pilihan yang tepat dalam memilih asuransi agar asuransi dapat dimanfaatkan sebaik mungkin mengingat tujuan asuransi adalah untuk memperbaiki keuangan keluarga. Benny Waworuntu selaku Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mengatakan bahwa kita harus memilih asuransi yang bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Maka diperlukannya cara yang jitu dalam memilih asuransi agar kita tidak dirugikan oleh asuransi yang kita salah pilih. Berikut ini adalah cara jitu dalam memilih asuransi bagi Anda dan keluarga Anda. Baca juga: Keuangan, Investasi, atau Asuransi

Memilih Asuransi yang Baik

Dalam memilih asuransi yang baik, kita perlu adanya kecermatan dan kejelian agar kita bisa menggunakan asuransi yang bisa menguntungkan kita. Hal ini sangat perlu bagi kita semua yang ingin menggunakan asuransi baik pribadi maupun keluarga, khususnya bagi pemula.

1. Asuransi Sesuai Kebutuhan

Usahakan kita memilih dan menggunakan asuransi yang benar-benar kita butuhkan, sehingga asuransi tersebut benar-benar bermanfaat bagi kita. Jadi, jangan selalu tergiur akan promo atau hadiah yang ditawarkan oleh para agen asuransi kepada kita. Ingat! Anda memilih asuransi adalah demi kebaikan bukan untuk mencari promo dan hadiah.

Karena percuma saja, jika terdapat banyak asuransi, namun tujuan utama dari asuransi diabaikan. Promo dan hadiah itu adalah suatu keinginan pribadi, namun asuransi yang tepat adalah suatu kebutuhan. Seperti yang dikatakan oleh Iwan Fals dalam lagunya, bahwa keinginan adalah sumber penderitaan. Kita boleh menginginkan sesuatu, asal tetap dalam batas kewajaran.

2. Konsultasi

Malu bertanya, sesat di jalan. Sebaiknya Anda tak perlu malu atau sungkan untuk menanyakan secara detil kepada ahlinya. Asuransi mana yang tepat untuk Anda dan keluarga Anda gunakan. Sehingga Anda bisa mendapatkan solusi dalam memilih asuransi yang baik dan tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda.

3. Penjual yang Berlisensi

https://www.pasarpolis.com/asuransi/

Tips jitu dalam memilih asuransi yang baik berikut ini adalah tips yang paling penting dalam memilih asuransi yang baik dan benar. Tips itu adalah memastikan apakah penjual asuransi atau agen asuransi tersebut sudah berlisensi atau bersertifikat atau belum. Agen yang berlisensi menunjukan bahwa ia ada agen yang resmi terdaftar oleh perusahaan asuransi.

Karena, jangan sampai Anda tertipu membeli produk asuransi dari broker asuransi yang hanya menguntungkannya saja. Hal ini mengingat bahwa agen asuransi resmi memiliki tanggung jawab yang besar terhadap produk yang ditawarkannya. Karena asuransi menyangkut soal keuangan. Sehingga klien asuransi adalah tanggungannya dalam mengatasi soal keuangan.

Baca juga: Alasan Kenapa Asuransi Jiwa itu Penting untuk Anda

4. Agen yang Membantu

Pastikan Anda mendapatkan agen asuransi yang benar-benar membantu Anda, bukan hanya semata-mata mencari keuntungannya saja dari komisi yang ia peroleh. Agen yang baik tentunya akan memberikan solusi terbaik dari setiap permasalah Anda. Selain memberikan solusi terbaik, tentunya agen asuransi yang baik adalah agen yang akan mengurus produk asuransinya dengan baik dan sempurna, hingga kliennya mendapatkan keuntungan dan manfaat dari penggunaan asuransinya.

Hal ini juga termasuk dalam kategori agen yang profesional. Karena, agen yang profesional akan menerapkan sistem win win solution yang mana sama-sama saling menguntungkan. Dari pihak agen mendapatkan keuntungan komisi, sedangkan dari pihak klien mendapatkan manfaat dari produk asuransi yang ia beli.

5. Sesuai Kemampuan

Seringkali orang berpikir bahwa asuransi adalah suatu kejahatan yang dapat memeras keuangan pribadi tanpa sengaja dan secara perlahan. Hal ini sangatlah salah. Karena hal ini hanya terjadi pada klien asuransi yang salah menggunakan asuransinya. Orang yang salah menggunakan asuransinya, salah satunya adalah orang yang membeli produk asuransi di luar kemampuannya.

Hal ini bisa saja terjadi pada pembayaran premi per tahun atau per bulannya. Maka dari itu, setiap agen asuransi selalu mengkonfirmasi dahulu terkait penghasilan yang diperoleh setiap bulannya, agar agen asuransi dapat menempatkan kliennya ke dalam produk asuransi yang tepat dan sesuai kemampuan.

Jadi, kita perlu mawas diri alias melihat kondisi keuangan kita terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi. Jangan sampai besar pasak daripada tiang yang mana premi asuransi tidak bisa kita bayar.

6. Nilai Perusahaan

Tips jitu yang terakhir adalah melihat perusahaan asuransi yang sedang menawarkan produk asuransinya kepada Anda. Apakah perusahaan tersebut benar-benar terpercaya atau tidak. Anda bisa melakukan cek perusahaan dengan bertanya pada teman-teman atau bisa mencari informasi melalui internet.

Itulah beberapa tips jitu yang bisa Anda gunakan dalam memilih asuransi yang baik dan benar. Dengan Anda mendapatkan produk asuransi yang benar, maka Anda bisa memanfaatkan produk asuransi sebaik mungkin untuk mengatasi keuangan Anda di masa yang akan datang.

Written by cakiel

Menurut saya, menulis adalah suatu ibadah yang mulia. Karena kita sama halnya dengan menanam dan investasi, di mana buahnya dapat kita rasakan bersama. Amin. Semoga disemogakan! am

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

5 Tips Menjadi Investor Properti Sukses Yang Bisa Anda Ikuti

Strategi Investasi Bitcoin: Dollar Cost Averaging

Strategi Investasi Bitcoin: Dollar Cost Averaging