in

5 Hal Dasar Untuk Review Kondisi Keuangan Pribadi di Pertengahan Tahun

Hal Dasar Untuk Review Kondisi Keuangan Pribadi, Di bulan Juli tahun ini, kita telah memasuki zona tengah tahun. Memang mereview kembali catatan keuangan pribadi bisa jadi merupakan kegiatan yang membosankan bahkan membuatmu frustasi jika saat melihat catatanmu.

Hal Dasar Yang Perlu dilakukan Untuk Review Kondisi Keuangan Pribadi

Kamu menyadari ada banyak hal yang belum bisa kamu penuhi. Berikut 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk mereview keuanganmu:

1. Review Catatan Cashflowmu

5 Hal Dasar Untuk Review Kondisi Keuangan Pribadi di Pertengahan Tahun
Photo by Artem Bali from Pexels

Selama enam bulan sebelumnya,kamu telah sebisa mungkin mencatat pengeluaran, pemasukan dan berapa persen pengeluaran yang bisa kamu gunakan. Bahkan telah berusaha menggunakan berbagai aplikasi untuk membantu catatan cashflow mu. Namun, coba kamu buka dan evaluasi baik – baik, apakah selama ini kamu sudah mematuhi jalur keuangan yang telah kamu rencanakan setiap bulan?

Jika kamu berada aman di jalur pengeluaran dan pemasukan yang telah kamu rencakan, maka selamat bagimu. Namun jika masih belum, cobalah bercermin kepada diri sendiri, harusnya sampai pertengahan bulan ini berapa banyak uang tabungan yang sudah kamu kumpulkan? Berapa banyak hal berharga atau bermanfaat yang berguna untuk dirimu?

Ingatkan pada diri sendiri, bahwa kamu harus lebih disiplin dalam mengatur keuangan pribadi demi kehidupan masa depanmu sendiri. Jika kamu masih belum mengetahui tips yang cocok agar tetap dapat mengatur keuangan dengan baik, tidak ada salahnya berguru pada buku – buku keuangan yang dapat kamu temui di toko buku maupun berbagai e-book yang gratis maupun berbayar.

Atau memanfaatkan YouTube dan media sosial lain dimana banyak orang yang membagikan cerita bagaimana mereka mengatur keuangan mereka atau bahkan para expert yang membagikan ilmu keuangan mereka secara Cuma – Cuma. Pilih salah satu tips yang bagimu mudah untuk kamu praktekkan.

2. Atur jadwal cek atau konsultasi kesehatanmu

5 Hal Dasar Untuk Review Kondisi Keuangan Pribadi di Pertengahan Tahun

Di pertengahan tahun, cek keuangan dan tabungan sangat perlu dilakukan, terutama jika kamu harus memiliki jadwal mengunjungi dokter untuk check up kesehatan enam bulan sekali, atau kondisi behel setahun sekali atau enam bulan sekali. Jika tabungan yang kamu alokasikan khusus untuk check up kesehatan masih dalam jumlah aman maka kamu dapat bernafas lega.

Namun jika belum aman, sudah seharusnya mengencangkan ikat pinggang lebih rapat dan menekan pengeluaran bulan ini hingga 1 atau 2 bulan kedepan. Poinnya pastikan kamu selalu sadar dan ingat akan kebutuhan cek atau kondisi kesehatan sesuai kebutuhanmu.

3. Cek laporan kreditmu

5 Hal Dasar Untuk Review Kondisi Keuangan Pribadi di Pertengahan Tahun

Mengecek laporan kartu kredit tidak segampang hanya melihat berapa persen kamu menggesek kartu kreditmu atau apakah kamu sudah melunasi kartu kreditmu atau belum. Jika sedang mempunya beberapa cicilan seperti cicilan rumah, mobil atau lainnya, selalu ingatkan diri sendiri agar tidak terlambat membayarnya atau kamu harus terkena charge dan harus memikirkan kembali mencari tambahan dana tersebut.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Laporan Keuangan Dalam Dunia Akuntansi

4. Buat goal keuangan yang baru atau revisi yang lama

5 Hal Dasar Untuk Review Kondisi Keuangan Pribadi di Pertengahan Tahun
Photo by Acharaporn Kamornboonyarush from Pexels

Masih ingatkah dengan goal keuangan yang kamu tulis di malam tahun baru ini? Beberapa diantara kamu mungkin memiliki rencana goal membeli motor atau mobil baru tahun ini, atau tahun ini memiliki tambahan jumlah tabungan sekian persen dari jumlah total tabungan tahun lalu. Pertanyaannya sudahkah kamu melunasi goal tersebut atau berapa persen perjuangan yang sudah kamu lakukan demi merealisasikannya?

Jika nyatanya jauh belum terealisasikan, cobalah merenung sebentar. Jujur dengan diri sendiri mengenai ambisi, kemampuan, tingkat kadar stress yang kamu tanggung dan juga seberapa keras usaha yang telah kamu korbankan. Cobalah mereview goal yang telah kamu tetapkan di awal tahun dan berdamai dengan diri sendiri apakah goal tersebut cukup realistis untuk saat ini atau tidak.

Selama enam bulan kebelakang, kamu bisa berkaca dan lebih merapatkan tekad dan komitmen. Jika ingin bersikeras menggapai goalmu, kamu bisa memodifikasi goalmu, misalnya di awal tahun kamu menetapkan goal ‘memiliki rumah seharga 800jt’. Jika masih terlalu jauh menggapainya dan ternyata tidak cukup realistis, maka turunkan sedikit targetmu, menjadi ‘memiliki rumah seharga 400jt’.

5. Pilih satu hal yang ingin kamu gapai

5 Hal Dasar Untuk Review Kondisi Keuangan Pribadi di Pertengahan Tahun
Photo by rawpixel.com from Pexels

Artikel ini memang menyarankan 5 hal yang perlu dimasukkan ke daftar review kondisi keuangan pribadi. Tetap meski berhubungan dengan keuangan, tidak melulu menyoal ‘jumlah uang’. Di pertengahan tahun ini, cobalah pilih satu hal yang ingin kamu gapai atau kamu butuhkan. Misalnya kamu ingin menyempatkan diri untuk pergi menenangkan diri dengan mengunjungi salon kecantikan.

Kamu tidak harus mendatangi salon kecantikan terlengkap, terpopuler dan termahal. Pilihlah salon kecantikan sesuai jumlah uang yang masih kamu miliki bulan ini atau sisa bulan kemarin. Tanpa terlalu tegang memikirkan jumlah biaya salon diluar kemampuanmu, kamu masih bisa mendapatkan relaksasi di salon yang murah sekalipun.

Atau menyempatkan diri untuk mendatangi coffee shop langganan atau sesuai ‘kantong’ yang saat ini kamu miliki serta buku favorit atau teman kencan untuk sekedar mengobrol. Dengan cara seperti ini, tak hanya kamu tidak terlalu pusing mengalokasikan dana tertentu untuk bersenang – senang namun kamu mendapatkan ketenangan.

Baca Juga: 7 Cara Cerdas Mengatur Keuangan Keluarga bagi yang Berpenghasilan Tidak Tetap

Menyempatkan sedikit waktu akhir pekan di pertengahan tahun ini untuk mereview kondisi keuangan pribadi juga merupakan langkah yang kamu ambil. Ini berguna untuk mengingatkan diri sendiri tentang bagaimana keadaan kehidupanmu. Dan cara seperti apa yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki dan meningkatkannya. Jadi, Sudahkah kamu mereview keuangan pertengahan tahunmu?

Written by Zonkeu

Suka mencoba hal baru penuh tantangan yang memaksa otak untuk selalu berfikir keras

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia Tahun 2018

Kriteria Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia Tahun 2018

4 Hal Yang Seharusnya Kamu Lakukan Setelah Melunasi Hutang

4 Hal Yang Seharusnya Kamu Lakukan Setelah Melunasi Hutang