Mau Deposit Uang di Bank? 7 Hal Ini yang Perlu Anda Ketahui!

Deposit Uang di Bank yang sering juga di sebut dengan tabungan ber – jangka. Salah satu  produk dari bank yang berupa tabungan. Dana yang ada dalam deposito ini sendiri sangat terjamin karena adanya pengawasan oleh pemerintah.

Pengawasan ini di lakukan melalui Lembanga Penjamin Simpanan (LPS). Deposito adalah tabungan dengan jangka waktu tertentu, dan tidak bisa di ambil dalam periode tertentu. Uang yang berada di dalam tabungan akan mendapatkan bunga.

Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Deposito

7 hal yang harus di ketahui dalam mendepositokan uang anda ke bank

Deposito juga memiliki jangka waktu sehingga tidak dapat di ambil dalam jangka waktu tersebut. Deposito memiliki jangka waktu, biasanya dalam jangka waktu 1, 3, 6, 12 bulan.

Bila deposito diambil sebelum waktunya, biasanya akan ada pinalti atau biaya yang harus di bayarkan (Biaya sesuai kebijakan masing-masing bank).

Waktu yang tersedia juga bisa di perpanjang dengan Automatic Roll Over (ARO). Bunga yang ada pada tabungan deposito ini lebih tinggi dari bunga tabungan lainnya.

Bunga tersebut bisa diambil setelah waktu deposito sudah selesai dan jika ingin, juga bisa di masukan lagi ke dalam deposito.

Walaupun ini sangat baik, Namun ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum anda memutuskan untuk mendeposito kan uang anda.

Baca Juga:  Memilih Deposito Bank Syariah Terbaik di Indonesia

Beberapa hal yang harus di ketahui Jika Ingin deposit uang dibank

Pada artikel ini, kita akan membahas 7 hal yang harus di ketahui dalam mendepositokan uang anda ke bank, berikut penjelasannya;

1. PILIH BANK YANG MENJADI TUJUAN

Pilih bank, karena ada beberapa tipe bank. Apakah anda mau menabung di bank umum atau BPR (Bank Penkreditan Rakyat).

BPR adalah bank yang bekerja dan beroperasi di satu kota (Kota masing – masing).

Jika BPR memiliki nama yang besar di kota anda, bisa anda pertimbangkan untuk mendeposit kan uang anda di BPR.

Biasanyam suku bunga yang dijanjikan di BPR memiliki nilai yang tinggi, dari pada bank umum. Perbedaan bisa mencapai 3%. Namun, pastikan bunga yang ditawarkan kepada anda tidak lebih dari bunga yang di tetapkan oleh LPS/

Pada tahun 2018 ini, bunga yang di tetapkan LPS untuk simpanan rupiah ada di angka 6% (Bank umum) dan 8,5% (BPR). Bisa anda pertimbangkan untuk mendepositkan uang anda pada tempat yang terbaik.

Baca Juga:  Memilih Deposito Bank Syariah Terbaik di Indonesia

2. MILIKI DANA LAIN SELAIN DANA YANG DI DEPOSITOKAN

Anda harus memiliki pegangan uang lainnya selain dari pada yang anda depositokan. Karena anda juga pasti perlu uang.

Untuk mendepositokan, pastikan diri anda cukup dalam periode waktu tersbut. Miliki anggaran biaya yang memang terlepas dari uang yang anda depositokan.

Jangan sampai anda kekurangan uang untuk sehari – hari, malah anda mengambil deposito tersebut sebelum waktunya. Ini bukan membuat anda lebih untung eh malah merugi.

3. CARI SUKU BUNGA YANG TINGGI

Jika deposito tersebut memberikan suku bunga yang tinggi, jangan tergiur! Sebab ini bisa jadi trik mereka. Jika anda ingin uang deposito anda lebih aman maka bunga jangan menjadi satu satunya anda melihat deposito.

Lihat nilai LPS, lembaga pemerintah ini menetapkan suku bunga yang berbeda, namun ini sangat aman.

Hal ini akan sangat menguntungkan anda, uang anda akan tetap aman meskipun bank tempat dimana anda mendepositkan uang itu collaps atau bangkrut. Nilai simpanan kita masih terjamin dan di jamin oleh LPS.

Hal yang sangat menentukan tingkat suku bunga dari deposito kita itu biasanya adalah jumlah dana yang kita depositkan dan jangka waktu berap lama kita men – deposit kan uang kita.

Baca Juga:  Memilih Deposito Bank Syariah Terbaik di Indonesia

4. TENTUKAN TUJUAN PENYIMPANAN ANDA

Tentukan tujuan penyimpanan uang anda dalam deposito tersebut. Apakah tujuan anda untuk mendapatkan keuntungan atau yang lainnya?

Jika anda memilih mendeposito kan uang anda untuk memperbanyak uang anda, maka anda salah besar! Dalam deposito juga ada banyak sekali biaya yang harus di keluarkan misalnya saja untuk biaya admin dan biaya pajak PPH Final 20%.

Anda tidak bisa seakan melipat gandakan uang anda untuk hal ini. Miliki tujuan yang jelas dalam menyimpan uang dalam deposito, tujuan yang sangat tepat adalah jika anda ingin menyimpan uang anda untuk tabungan yang tidak bisa diganggu.

Maksutnya adalah, biasanya jika kita menabung di bank dengan tabungan biasa. Banyak godaan dan membuat kita ber kompromi dengan uang tabungan kita tersebut.

Namun dengan deposito, anda letakan uang anda pada bank yang memang tidak bisa di ambil. Ini sangat membantu anda dalam menabung tanpa kompromi.

5. PAJAK

Apa Saja Jenis wajib Pajak Terkait Pajak Penghasilan ? Yuk Cari Tahu !

Bunga dalam deposito memang kadang membuat kita tidak berpikir untuk mendepositkan uang kita. Namun, bunga yang di tawarkan ini adalah bunga kotor bukan bunga bersih yang akan kita terima.

Bunga dalam deposito tersebut juga akan di potong pajak sebesar 25%. Dan biaya seperti biaya administrasi. Ketika anda mau ber deposito dalam satu bank tertentu, tolong hitung sekali lagi.

Tanya dengan jelas, berapa pajak yang di tanggung nantinya dan berapa biaya administrasinya. Hitung sekali lagi bunganya, seharusnya anda akan mendapatkan bunga 5,..% di atas 5 persen. Itu baru deposito yang benar.

6. PASTIKAN ANDA TAHU DAN LEBIH BAIK MENGENAL BANK TUJUAN ANDA DEPOSITO

Ini adalah hal yang sangat penting untuk mengetahui bank yang anda jadikan tujuan deposito sebab, dalam melakukan deposito di perlukan kepercayaan antara nasabah dan pihak bank.

Mengenal bank juga menjadi hal yang lebih baik. Misalnya mengenal bagaimana bank tersebut bekerja apakah bunga yang di potong sudah langsung di potong atau menunggu masuk rekening baru di potong.

Untuk hal ini, sangat penting untuk di ketahui masyarakat dan calon depositor. Semua yang di lakukan guna meningkatkan kepercayaan dan mengurangi kesalah pahaman antara nasabah dengan pihak bank.

Jangan lupa membaca peraturan sebelum anda tanda tangan pada kertas perjanjian dan persetujuan Deposit Uang di Bank.

Sebab, ini menghindari perbedaan pandangan dari bank dan nasabah. Menghindari juga hal yang mungkin tidak di sampaikan oleh pihak bank.

Baca Juga:  Memilih Deposito Bank Syariah Terbaik di Indonesia

7. Manfaat Deposito

Dalam artikel ini, kita juga akan membahas mengenai keuntungan yang di dapat dalam melakukan deposito dalam suatu bank. Manfaatnya antara lain;

  • Manfaat dari Suku Bunga

Walaupun tidak terlalu besar, namun suku bunga ini sangat menguntungkan, apalagi jika anda mendepositokan dalam jumlah besar dengan jangka waktu yang lama.

Itu akan lebih menguntungkan, sebab makin lama dan makin besar biaya yang anda depositokan, maka bunga yang di dapat juga semakin besar.

  • Jaminan Keamanan

Jika anda mendepositokan uang anda, maka anda juga mendapatkan jaminan keamanan dari pemerintah LPS (Lembanga Penjamin Simpanan).

Dari sisi keamanannya, berinvestasi dengan berdeposito akan menjadi investasi yang menyenangkan untuk nasabah pemula.

Baca Juga:  Memilih Deposito Bank Syariah Terbaik di Indonesia

  • Resiko Deposito itu Rendah

Mungkin anda memiliki pertimbangan dalam berinvestasi, apakah anda ingin berinvestasi dengan saham, reksadana atau deposito.

Dari ketiga ini, deposito memiliki resiko yang paling kecil. Resiko yang mungkin sangat terjadi adalah apabila negara mengalami krisis yang sangat besat dan mungkion gejolak politik.

Nilai deposito sangat stabil dan sedikit sekali terpengaruh dengan pasar modal dan pasat uang. Demikian adalah penjelasan mengenai Deposit Uang di Bank, apakah anda ingin mencobanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *