6 Hal Yang Harus Diperhatikan Bagi Pengguna Kartu Kredit

Pengguna Kartu Kredit – Kartu kredit merupakan kartu yang dikeluarkan oleh pihak bank. Berfungsi untuk meminimalisir pinjaman dalam bentuk cash, sehingga mengurangi resiko kejahatan. Kartu kredit akan memudahkan penggunanya, karena uang yang wajib dibayar adalah uang yang dipakai saja.

Selain itu kita bisa menggunakannya kapan saja, pada saat kita butuh sewaktu-waktu bisa memanfaatkannya seperti halnya kartu ATM. Namun perlu diperhatikan, gunakanlah dengan bijak, sesuai dengan kebutuhan saja. Jangan digunakan apabila tidak terlalu butuh.

Ingat kartu kredit yang kita punyai bukan untuk berfoya-foya, melainkan hanya untuk memperbaiki kondisi pengelolaan keuangan kita agar kedepannya menjadi lebih baik.

Pengguna Kartu Kredit Perhatikan Beberapa Hal Ini

6 Hal Yang Harus Diperhatikan Bagi Pengguna Kartu Kredit
Pengguna Kartu Kredit Via @https://www.carajadikaya.com

Berikut ini hal-hal yang perlu anda perhatikan dalam Pengguna Kartu Kredit yang baik. Sehingga diharapkan nantinya akan berpengaruh terhadap kemajuan diri anda, yuk kita simak bersama-sama, penjelasannya sebagai berikut :

1. Hindari Terjadinya Hutang

Khusus untuk anda yang baru memiliki kartu kredit dan berkeinginan untuk menggunakannya, maka hal yang perlu anda perhatikan adalah menghindari penggunaan kartu kredit tersebut jika tidak terlalu membutuhkannya.

Artinya anda harus menanamkan rasa tanggung jawab dalam diri anda. Ingat kartu kredit tersebut bukanlah dana tambahan atau pun tabungan yang bisa anda pakai sesuka hati. Pahami bahwa semua transaksi yang nantinya kita lakukan, merupakan utang yang wajib kita bayar.

Dengan memahami hal-hal tersebut, saya yakin pengelolaan keuangan anda akan tetap stabil. Gunakanlah fasilitas kartu kredit tersebut untuk hal-hal yang bermanfaat bagi kehidupan anda.

2. Bayarlah Cicilan Sebelum Jatuh Tempo

Untuk menghindari denda yang mungkin terjadi dan pastinya akan membuat anda menjadi rugi karena harus menyiapkan budget tambahan. Alangkah baiknya anda melakukan pembayaran cicilan selambat-lambatnya tepat pada masa jatuh tempo.

Lebih baik lagi sebelum jatuh masa tempo. Hal ini akan mengajarkan pengalaman berharga untuk melatih kedisiplinan diri. Karena orang sukses itu berawal dari kedisiplinan diri sendiri.

Baca Juga:  Living Your Best Life with HSBC Credit Card

3. Pakailah Batas Limit Sesuai Dengan Pendapatan Anda

Maksudnya disini anda bisa memakai kartu kredit sesuai kebutuhan yang disesuaikan dengan pendapatan. Jangan sampai anda mengalami lebih besar pasak dari pada tiang yang berarti lebih besar pengeluaran dari pada pemasukan.

Pastikan sebagian penghasilan anda sebanyak 30 persen bisa digunakan untuk mengcover pembayaran cicilan pada masa jatuh tempo tiba. Dengan demikian bisa dipastikan kondisi pengelolaan keuangan anda bisa menjadi semakin berkembang.

4. Kartu Kredit Tidak Untuk Gaya-Gayaan Saja

Jika niat awalnya saja sudah tidak baik, bagaimana hasilnya akan baik. Ketika anda memutuskan untuk membuat kartu kredit, jangan sampai mempunyai fikiran hanya untuk gaya-gayaan saja.

Alasan dan tujuan yang jelas sangat berpengaruh terhadap kondisi keuangan anda kedepannya. Biasanya kebanyakan orang yang membuat kartu kredit hanya untuk gaya-gayaan akan berdampak buruk pada dirinya.

Seperti halnya uang banyak terpakai untuk kebutuhan yang tidak jelas. Kemudian pada akhirnya akan membuat kita kesulitan dalam membayar cicilan dan lama kelamaan akan beresiko terjadinya hutang yang menumpuk.

Ingat yang kita gunakan jika tidak dibayarkan cicilannya secara teratur, maka bunga akan terus berjalan dan menjadi semakin banyak.

Hal ini tentunya akan merugikan bagi anda sendiri, bukannya kondisi keuangan semakin membaik, justru dengan kejadian semacam ini akan membuat kondisi keuangan anda menjadi semakin memburuk.

Baca Juga:  Kartu Kredit BNI Syariah Hasanah Card Membuat Tenang Setiap Transaksi

5. Pakailah Kartu Kredit Yang Mempunyai Bunga Rendah

Bunga rendah yang ditawarkan oleh bank, tentunya akan menjadi daya tarik bagi penggunanya. Untuk itu sebelum memutuskan untuk membuatnya, tanyakan terlebih dahulu suku bunga yang dipakai.

Jika suku bunga terlalu tinggi, saya sarankan jangan diambil, meskipun anda sangat memerlukannya. Pertimbangkan resiko kedepannya, jangan hanya melihat dari segi penerimaannya saja.

Karena kebanyakan orang seringkali khilaf dan terjerumus dengan mengikuti hawa nafsu tersebut. Selalu ingat tujuan anda adalah untuk memperbaiki pengelolaan uang anda.

Dengan demikian, diharapkan anda tidak ceroboh dan terburu-buru dalam mengambil keputusan.

6. Hindari Penggunaan Banyak Kartu Kredit

Kebanyakan orang memutuskan menggunakan banyak kartu kredit karena alasan limit yang didapatkan terlalu sedikit. Jika anda mengalami hal seperti ini, tidak dianjurkan untuk memperbanyak kartu kredit.

Sebaiknya anda memakai yang ada saja terlebih dahulu. Itung-itung untuk belajar mengelola keuangan agar cicilan tiap bulannya bisa lancar.

Setelah pengelolaan keuangan kita benar-benar baik, anda bisa mengajukan ke pihak bank untuk menaikkan limitnya. Jika terpaksa karena tidak disetujui, anda bisa membuat satu lagi.

Ingat jika ingin kondisi keuangan anda semakin baik, maka maksimal kartu kredit yang anda miliki adalah dua. Sebagian besar orang yang memiliki dua kartu kredit adalah untuk saling melengkapi.

Jika salah satu sudah jatuh tempo, maka manfaatkan satunya lagi untuk membayar cicilannya, begitu pula sebaliknya. Yang terpenting penggunaanya masih dalam batas kewajaran dan hanya boleh dilakukan karena keadaan yang mendesak.

Selanjutnya anda bisa menutup salah satu kartu kredit tersebut jika sudah tidak digunakan lagi. Dapat diambil kesimpulan bahwa penjelasan di atas yang sudah saya ulas secara detail.

Diharapkan akan memudahkan anda dalam mempelajari dan memahami lebih dalam lagi sehingga bisa bermanfaat terhadap kondisi keuangan anda.

Baca Juga:  10 Biaya Kartu Kredit Yang di Bebankan Kepada Pengguna

Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengena Hal Yang Harus Diperhatikan Bagi Pengguna Kartu Kredit. Dengan Pengguna Kartu Kredit yang cerdik sehingga hal ini bisa membantu dalam mengatasi masalah bukan menjadikan masalah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *