Ingin Menabung? Kenali Dulu Produk – Produk Tabungan Ini

Produk – Produk Tabungan – Menabung memang menjadi kegiatan yang baik dan bermanfaat, tak hanya dapat menjadi dana darurat disaat kondisi yang mendesak saja. Tabungan juga dapat berguna untuk menstabilkan kondisi finansial anda di masa depan.

Menabung tentu saja akan lebih aman di bank dibandingkan anda menabung sendiri. Selain aman, menggunakan produk tabungan bank juga akan memberikan banyak keuntungan di dalamnya.

Di Indonesia sendiri, ada banyak jenis-jenis tabungan yang memiliki tujuannya masing-masing. Bagi anda yang ingin menabung, tentu saja anda harus mengenal berbagai perbedaan dari segala jenis Produk-Produk Tabungan yang ada di Indonesia.

Sehingga anda tidak akan keliru dalam memilih produk tabungan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Apalagi jika hal tersebut menyangkut keuangan anda di masa depan.

Ingin Menabung? Kenali Dulu Produk-Produk Tabungan Ini

Nah berikut ini ada Produk-Produk Tabungan umumnya yang ada di Indonesia.

1. Tabungan Konvensional

Dapat dikatakan jika jenis tabungan ini merupakan tabungan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Berbagai jenis bank juga menawarkan produk tabungan ini untuk nasabahnya dengan berbagai fasilitas-fasilitas di dalamnya.

Ciri ciri dari tabungan konvesional adalah uang yang tersimpan di dalamnya dapat diambil oleh nasabah kapanpun serta tidak ada batas untuk waktu penyetorannya.

Nasabah juga akan diberikan nomor rekening dan kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) sehingga dapat menarik uang kapanpun dibutuhkan. Tak hanya itu saja, kartu ATM juga dapat digunakan pada  tempat-tempat tertentu seperti pusat perbelanjaan.

Nasabah juga dapat melakukan proses transger dana melalui ATM. Kartu ATM digunakan untuk menarik duit tabungan dari mesin ATM dan berbelanja di tempat-tempat tertentu.

Selain itu, proses transfer dana juga bisa dilakukan lewat ATM. Bahkan kini beberapa bank memfasilitasi layanan internet banking yang dapat memudahkan nasabah untuk melakukan beragam transaksi.

Menabung menggunakan tabungan konvensional juga akan memberikam manfaat bunga dari tabungan tersebut, sekitar 0,5-2 %. Namun nasabah juga akan dibebankan biaya administrasi yang mana akan berbeda antar satu bank dengan lainnya.

Baca Juga:  Pengertian, Fungsi dan Tugas Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

2. Tabungan Giro

Tabungan giro memiliki tujuan untuk dijadikan sebagai transaksi bisnis. Umumnya, nasabah yang memiliki jenis rekening ini adalah perusahaan. Untuk melakukan transaksi, biasanya nasabah akan menggunakan bilyet giro maupun cek.

Berbeda dibandingkan jenis tabungan konvensional, nasabah yang memiliki tabungan giro tidak akan mendapatkan buku rekening yang dapat mencatat segala transaksi yang dilakukan.

Nasabah hanya akan mendapatkan rekening yang berisikan transaksi yang dilakukan dalam satu bulan yang dinamakan rekening koran.

3. Tabungan Berjangka

Jenis tabungan ini memang diperuntukkan bagi anda yang memiliki tujuan menabung demi masa depan. Pada dasarnya, tabungan berjangka akan membuat anda disiplin dalam menabung.

Hal ini dikarenakan proses menabung akan dilakukan secara auto debet dari pihak bank menuju rekening pribadi anda.

Sistem tabungan ini hampir mirip dengan deposito, uang yang anda sudah tabungkan nantinya tidak dapat diambil jika jangka waktu yang ditentukan belum jatuh tempi.

Hanya saja perbedaannya terletak pada nilai uang yang anda masukkan. Jumlah setoran untuk tabungan ini ditentukan oleh pihak bank namun lebih rendah dibandingkan deposito.

Setiap awal bulan, pihak bank akan memindahkan dana dari rekening anda ke tabungan berjangka yang mana memang sesuai dengan keinginan anda saat awal pembuatan. Kelebihan dari jenis tabungan ini adalah suku bunga nya lebih besar dibandingkan dengan tabungan konvensional.

Tak hanya itu saja jenis tabungan ini juga sama dengan jenis tabungan konvensional yang mana uang anda akan terjamin keamanannya oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Baca Juga:  17 Jasa Perbankan Yang Dapat Dilakukan Oleh Bank Umum

4. Tabungan Investasi

Jenis tabungan ini hampir sama dengan tabungan berjangka. Ada beberapa jenis tabungan yang termasuk ke dalam kategori tabungan investasi, antara lain adalah:

a. Deposito

Jenis tabungan ini memiliki bunga yang lebih besar dibandingkan bunga pada tabungan konvensional. Hanya saja nasabah tidak dapat mengambil dana yang tersimpan sebelum jatuh tempo. Sebelumnya anda akan diberikan pilihan mengenai jangka waktu menyimpan mulai dari 3, 6, ataupun 12 bulan.

b. Tabungan Rencana

Hampir serupa dengan deposito hanya saja jenis tabungan ini memiliki fasilitas asuransi di dalamnya. Sehingga akan sangat cocok bagi orang tua yang ingin menyimpan dana pendidikan untuk anaknya misanya.

c. Tabungan Saham

Jenis tabunga ini memang belum dimiliki oleh seluruh pihan bank. Tabungan ini memiliki tujuan khusus yang mana dapat digunakan untuk pembelian saham dan menyimpan hasil laba yang anda dapatkan dari transaksi saham.

d. Tabungan Mata Uang Asing

Bagi anda yang menginginkan investasi mata uang asing, jenis tabungan ini dapat anda gunakan. Yang dimaksud dengan investasi mata uang asing adalah dengan cara memanfaatkan naik dan turunnya kurs dari mata uang dalam negeri.

5. Tabungan Haji

Sesuai namanya, jenis tabungan ini memang diperuntukkan untuk nasabah yang ingin melaksanakan ibadah haji. Sehingga bagi anda yang berencana untuk naik haji, jenis tabungan ini sangat direkomendasikan.

Jenis tabungan ini biasanya akan mewajibkan nasabah untuk menyetorkan dana minimun 100-500 ribu Rupiah setiap bulannya. Jika dana tersebut sudah terkumpul hingga 25 juta Rupiah, maka nasabah dapat langsung mendaftarkan haji.

Baca Juga:  4 Keuntungan Menabung di Bank Syariah Mandiri

Nah itu tadi beberapa jenis-jenis produk tabungan yang ada di Indonesia. Tentu saja tidak semua bank memiliki beberapa jenis dari produk tabungan yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Dengan memahami perbedaan dari jenis Produk-Produk Tabungan ini, maka tentu saja akan memudahkan anda mendapatkan tabungan yang sesuai kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *