Tulis ArtikelMulai Menulis & Share Artikel Terbaikmu Disini Sekarang !

Jenis Asuransi Perjalanan dan Point Penting Yang Harus Anda Ketahui

  • 2
    Shares

Banyak para traveler dan wisatawan yang menanyakan pentingnya asuransi perjalanan. Pada intinya, asuransi ini dapat melindungi kita dari resiko perjalanan seperti kecelakaan, dan lain sebagainya. Itu sebabnya kenapa asuransi ini sebenarnya dikatakan wajib bagi turis negara atau traveler. Dan setiap negara tentu akan mewajibkan para turis negara untuk memiliki asuransi tersebut, hal itu sudah diterapkan pada negara-negara Eropa dan Amerika.

Poin Penting Asuransi Perjalanan

Dalam pembahasan mengenai asuransi perjalanan, ada baiknya kita mengetahui apa saja yang penting kita pahami di dalam asuransi ini.

Jenis Asuransi Perjalanan

Ingin Perjalanan Aman? Gunakan Asuransi Perjalanan

Ada banyak sekali jenis asuransi perjalanan, namun yang paling umum dan sering digunakan adalah asuransi perjalanan internasional. Di mana asuransi jenis ini dapat melindungi diri resiko medis dalam kurun waktu yang sudah ditentukan. Seperti halnya pada jenis asuransi perjalanan tahunan, di mana asuransi tersebut dapat melindungi diri dalam perjalanan internasional maupun domestik sepanjang tahun.

Ada juga jenis lain dari asuransi perjalanan yang mana melindungi perjalanan ketika berhaji atau umrah. Jenis asuransi ini bernama asuransi Haji dan Umrah. Sedangkan Student Assisst merupakan jenis asuransi ini yang melindunggi mahasiswa atau pelajar ketika menjalani perjalanan ke luar negeri karena kepentingan pendidikan.

Baca juga: Tips Membaca Polis Asuransi dengan Mudah

Mendaftar Asuransi Perjalanan

Kita tak perlu lagi bingung mencari asuransi perjalanan mana dan bagaimana mendaftarnya. Karena di Indonesia terbilang sangat banyak sekali yang menyediakan. Seperti ACA, AIG, AXA, ACE dan lain sebagainya. Ditambah lagi, kini pendaftaran asuransi perjalanan pun dapat dilakukan melalui online. Sehingga kita tak perlu lagi datang ke kantor perusahaan asuransi yang ingin kita gunakan.

Cukup kunjungi situs asuransi perjalanan yang kita inginkan dan butuhkan, mengisi data, di mana data tersebut terdapat tempat atau negara yang hendak kita kunjungi. Selain itu, kita juga dapat memilih jenis asuransi yang kita butuhkan. Kita bisa membayar premi asuransi dengan menggunakan kartu kredit.

Baca juga: Tips Jitu Memilih Asuransi

Harga Asuransi Perjalanan

Ingin Perjalanan Aman? Gunakan Asuransi Perjalanan

Julian Noor selaku Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) telah memutuskan bahwa harga dari asuransi perjalanan ini lebih kecil dibandingkan dengan total biaya perjalanan yang kita lakukan. Umumnya sepersekian persen dari total biaya perjalanan alias tidak sampai satu persen dari total biaya perjalanan. Namun, hal ini tergantung dari perusahaan yang menyediakannya.

Contohnya adalah ACA (Asuransi Central Asia) telah memberikan harga sekitar USD 21 $ untuk wisatawan yang telah melakukan perjalanan ke Amerika atau Eropa. Sedangkan untuk perjalanan ke Asia umumnya sebesar USD 12 $ per minggunya.

Tanggungan Asuransi

Umumnya, asuransi ini akan menanggung biaya medis turis selama ia di luar negeri. Dan ternyata ada juga tambahan premi perlindungan lainnya yang bisa dibeli seperti kehilangan bagasi, delay pesawat, dan lain sebagainya. Karena, tentu ada beberapa turis yang mengeluh karena kehilangan barang di bagasi saat melakukan perjalanan. Ditambah lagi, biasanya pihak maskapai tidak mau mengganti rugi, kalau pun ganti rugi hanya sebagian kecil saja.

Bahkan perlindungan lainnya pun juga termasuk dalam asuransi terhadap perlindungan rumah. Jadi, jika kita tinggalkan rumah kita selama perjalanan ke luar negeri, maka kita tak perlu was was, karena rumah kita sudah diasuransikan dalam asuransi perjalanan tambahan.

Teror dan Kasus di Negeri Lain

Akhir-akhir ini terorisme mulai merajalela di berbagai negara. Seperti contohnya penembakan di Paris, Pengkudetaan di Turki, hingga kasus-kasus teror lainnya di negara lain. Mungkin sebagaian besar orang tidak mengetahui kalau asuransi perjalanan juga melindungi kita dari ancaman teror seperti ini.

Jadi, hal ini tergolong ke dalam asuransi tambahan, di mana jika kita merasa negara yang bakal kita tuju ini tidak aman, sebaiknya kita ajukan asuransi premi extend alias premi tambahan. Cukup membayar premi tambahan yang mana harganya sama halnya dengan harga premi tambahan lainnya.

Baca juga: Alasan Memiliki Asuransi Kesehatan

Klaim Asuransi Perjalanan

Jika perusahaan asuransi tersebut masuk ke dalam worldwide provider. Contohnya, ketika kita mengalami kecelakaan di negara lain, kita cukup menunjukan nama perusahaan asuransi yang kita gunakan ke pihak rumah sakit. Walaupun sebenarnya, tidak semua perusahaan asuransi yang terdaftar. Tahap ini disebut sebagai tahap reimburse.

Ada juga yang menggunakan cara pengajuan klaimnya, saat tiba di Indonesia. Cukup meminta surat keterangan dari pihak rumah sakit, lalu baru diajukan ke perusahaan asuransi, maka kita akan mendapatkan gantinya dari perusahaan asuransi tersebut.

Dengan adanya beberapa poin penting di atas, maka kita bisa mengetahui dan bagaimana caranya memilih asuransi perjalanan yang baik dan tepat. Kita juga perlu cermat akan fasilitas dan program yang kita dapatkan dari pihak asuransi yang bakal kita gunakan. Dari fasilitas, hingga harga harganya juga perlu kita perhitungkan dalam memilihnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *