Kirim ArtikelJadikan Tulisanmu Banyak Yang Baca dan Bermanfaat Bagi Orang Lain di Zonkeu

Ini Alasan Mengapa Memiliki Asuransi Kendaraan Itu Penting

Saat ini, memiliki kendaraan pribadi sudah menjadi kebutuhan masyarakat terutama di kota-kota besar. Kendaraan pribadi dinilai lebih nyaman dan aman untuk digunakaan saat bepergian dibandingkan transportasi umum yang tersedia, terlebih jika Anda akan bepergian dengan keluarga Anda.

Ketika Anda memiliki kendaraan pribadi tentunya Anda menginginkan kendaraan Anda agar selalu dalam kondisi baik. Di sinilah alasan utama kenapa kita harus memiliki asuransi kendaraan.

Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan

Salah satu cara untuk menjaga kendaraan adalah dengan mengasuransikan kendaraan pribadi Anda. Namun, tidak sedikit orang yang berpendapat bahwa membayar premi asuransi hanya akan menambah beban keuangan, apa benar demikian? Untuk menjawab pertanyaan itu, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu resiko-resiko yang dapat menimpa kendaraan pribadi Anda.

Perlindungan Kendaraan Kecelakaan

Ini Alasan Mengapa Memiliki Asuransi Kendaraan Itu Penting

Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu pembunuh terbesar di Indonesia. Faktor utama yang menyebabkan kecelakaan adalah kelalaian manusia baik kelalaian yang berasal dari diri kita sendiri ataupun orang lain. Seseorang yang berkendara dengan tertib dan telah mematuhi peraturan lalu lintas tidak menjamin seseorang tersebut dapat terbebas dari kecelakaan.

Ia bisa saja menjadi korban akibat kelalaian orang lain yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas. Selain kecelakaan akibat kelalaian, kecelakaan akibat musibah dan bencana alam juga tidak dapat dihindari. Kecelakaan tersebut menyebabkaan kerusakan kendaraan yang tidak dapat dihindarkan.

Ini Alasan Mengapa Memiliki Asuransi Kendaraan Itu Penting

Tingkat kriminalitas yang masih tinggi di Indonesia terutama di kota-kota besar juga menjadi ancaman bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi. Dinilai dari banyaknya resiko-resiko yang dapat mengancam kendaraan pribadi Anda, mengasuransikan kendaraan Anda adalah pilihan yang sangat tepat.

Baca Juga: Pilihlah Asuransi Mobil Terbaik untuk Melindungi Mobil Anda

Resiko Pencurian Kendaraan

Ini Alasan Mengapa Memiliki Asuransi Kendaraan Itu Penting

Alasan pentingnya asuransi kendaraan yang pertama adalah untuk melindungi kendaraan Anda dari resiko pencurian. Kendaraan yang Anda beli dengan harga yang tidak murah tentunya akan Anda jaga agar tetap aman dan tetap menjadi milik Anda. Resiko pencurian kendaraan selalu ada baik di kota besar maupun ditempat sepi.

Jika Anda telah mengasuransikan kendaraan Anda, kerugian akibat pencurian kendaraan akan diminimalisir karena pihak asuransi akan memberikan sejumlah dana yang sesuai dengan ketentuan dari pihak asuransi apabila kendaraan Anda dicuri. Alasan yang kedua adalah melindungi resiko kerusakan kendaraan.

Kerusakan kendaraan dapat terjadi dan disebabkan oleh berbagai macam hal misalnya kecelakaan baik itu kecelakaan kecil atau besar maupun musibah lainnya. Sekecil apapun dampak dari kecelakaan tersebut, pasti akan dibutuhkan biaya untuk memperbaiki kendaraan Anda dan terkadang biaya itu tidaklah sedikit.

Dengan adanya asuransi kendaraan, perusahaan asuransi akan memperbaiki kendaraan Anda yang rusak tentunya dengan harga yang lebih murah daripada harga di pasaran. Asuransi kendaraan juga dapat membantu Anda bertanggung jawab pada pihak ketiga apabila terjadi kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga.

Biasanya Anda akan kesulitan baik untuk bertanggung jawab pada pihak ketiga maupun secara hukum. Anda juga pasti memerlukan biaya yang banyak untuk bertanggung jawab pada pihak ketiga dan untuk menyewa jasa professional hukum. Namun dengan adanya asuransi kendaraan, pihak asuransi akan mengambil alih tanggung jawab Anda jika kecelakaan itu terjadi.

Premi Asuransi Kendaraan

Ini Alasan Mengapa Memiliki Asuransi Kendaraan Itu Penting

Manfaat asuransi kendaraan ini dapat Anda rasakan apabila Anda bersedia membayar premi kepada perusahaan asuransi. Besarnya premi yang dibayarkan dipertimbangkan berdasarkan jenis dan harga kendaraan, wilayah pertanggungan yang dibagi menjadi tiga bagian, dan umur kendaraan. Jenis kendaraan umumnya dibagi menjadi tiga yaitu kendaraan roda dua, kendaraan non bus dan noon truk, dan kendaraan bus dan truk.

Harga kendaraan juga berpengaruh pada besarnya premi yang harus dibayarkan. Semakin mahal harga kendaraan Anda, semakin mahal premi yang harus dibayarkan. Biasanya semakin tua umur kendaraan Anda, maka preminya akan semakin mahal.

Dengan mengasuransikan kendaraan Anda, Anda mendapatkan berbagai keuntungan. Pertama, Anda membayar lebih murah dibandingkan dengan keuntungannya yang sangat besar. Asuransi akan membebaskan Anda dari biaya ekstra jika terjadi bencana alam atau insiden lainnya yang dapat merusak kendaraan Anda termasuk tindak pengerusakan atau pencurian yang dapat merugikan kendaraan Anda.

Kedua, menghemat waktu dan meminimalisir ketidaknyamanaan ketika kecelakaan terjadi. Perusahaan asuransi akan membantu Anda setelah terjadinya kecelakaan seperti membantu menemukan bengkel dan membantu proses klaim Anda agar cepat selesai. Dengan adanya asuransi Anda akan mendapatkan ketenangan dalam berkendara karena Anda akan merasa dilindungi oleh asuransi dari berbagai resiko kecelakaan dan Anda akan merasa tenang dari tanggungan biaya kecelakaan yang begitu besar.

“Asuransi juga dapat menjadi sarana investasi yang bagus karena dengan asuransi anda dapat menabung sekaligus melindungi aset Anda”.

Mengasuransikan kendaraan Anda adalah langkah tepat yang Anda harus ambil apabila Anda ingin menjaga kendaraan pribadi Anda demi keselamatan jiwa Anda, keuangan Anda, dan juga orang lain. Apakah Anda sudah siap untuk mendaftrakan kendaraan Anda pada perusahaan penyedia asuransi kendaraan dan mendapatkan berbagai keuntungannya? Baca Juga: Pengertian Asuransi Kendaraan Motor Hingga Risiko-Risiko Yang Tidak Ditanggung

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *