16 Alasan Mengapa Pengajuan KTA, KPR, dan Kartu Kredit Anda Ditolak

Alasan Mengapa Pengajuan KTA, KPR, dan Kartu Kredit Anda Ditolak – Kadang mengajukan sebuah pinjaman ke bank terkadang menjadi hal yang sangat menyusahkan untuk beberapa orang. Tidak sedikit yang mengeluh karena mengalami penolakan.

Padahal apa yang disyaratkan oleh pihak bank sudah dipenuhi semuanya. Ini jelas mengganggu mereka dalam usaha mereka mendapatkan pinjaman yang sangat mereka butuhkan. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai alasan Kredit Anda Ditolak oleh bank.

Harap Anda memahami kalau sebenarnya bank memiliki banyak aspek. Pertanyaannya apakah Anda sudah benar – benar memenuhi pertimbangan kelayakan bank dalam memberikan kredit kepada nasabahnya.

Alasan Pengajuan KTA, KPR, dan Kartu Kredit Ditolak

Inilah Alasan Mengapa Pengajuan KTA, KPR, dan Kartu Kredit Anda Ditolak

Sebelum menyetujui pinjaman yang diajukan oleh nasabah, bank akan mempertimbangkan berbagai macam resiko yang akan menjadi tanggungan bank.

Inilah yang membuat memberlakukan beragam kriteria dalam memberikan pinjaman kredit, termasuk juga beberapa pertimbangan lain yang tidak di ketahui oleh nasabah.

Pertimbangan lain berikut yang biasanya tak dipahami nasabah serta tak pernah diberitahukan pihak perbankan. Sebab tidak ada keharusan dari pihak bank untuk memberikan sebuah alasan mengapa menolak pengajuan pinjaman seorang nasabah.

Baca Juga:  8 Hal Perlu Dipersiapkan Sebelum Mengajukan Kredit Rumah

Beberapa Alasan Pengajuan KTA, KPR, dan Kartu Kredit Ditolak

Inilah yang kemudian menjadi sebuah permasalahan bagi nasabah, mereka sudah sering Pengajuan KTA, KPR, dan Kartu Kredit dan sudah sering juga terjadi penolakan dengan alasan yang tidak mereka ketahui.

Oleh karena itu dibawah ini ada beberapa alasan Pengajuan KTA, KPR, dan Kartu Kredit di tolak Bank.

1. Anda Tidak Memenuhi Prasyaratan Bank

Saat menyetujui pinjaman nasabah, bank juga mempunyai beberapa prasyarat yang harus dipenuhi oleh nasabah. Kalau pinjaman Anda ditolak, maka dipastikan Andatidak memebuhi prasyarat bank, salah satunya :

  • Jumlah pendapatan nasabah ada dibawah batas minimum yang ditetapkan oleh bank
  • Umur nasabah dibawah atau diatas usia yang sudah ditetapkan oleh bank.
  • Alamat nasabah di luar wilayah operasional bank.

Apabila salah satu dari ketiga kriteria ini tidak dapat dipenuhi, maka sudah dipastikan kalau permohonan kredit Andatidak akan dipenuhi oleh pihak bank.

2. Kelengkapan Dokumen Pendukung Tidak Dipenuhi

Selain dokumen utama yang diajukan sebagai syarat pengajuan pinjaman, pihak bank juga akan meminta beberapa dokumen pendukung dari nasabah.

Ini bakal jadi sebuah prasyarat harus yang sudah pasti harus dipenuhi oleh seorang nasabah dalam mengajukan pinjaman.

Apabila dalam mengajukan pinjaman satu diantara dokumen itu kurang atau salah, maka peluang pinjaman Andaakan diterima oleh pihak bank akan semakin kecil.

Oleh karena itu, pastikan semua dokumen utama dan dokumen pendukung yang Anda sertakan benar benar sudah lengkap sebelum mengajukan pinjaman.

3. Mengajukan Data Palsu

Ini yang benar benar harus dihindari, karena bank senantiasa melakukan verifikasi semua data yang diserahkan nasabah. Ini akan menjadi pertimbangan utama dalam memutuskan disetujui atau tidaknya pengajuan pinjaman Anda.

Jika nyatanya didalam mengajukan itu nasabah terbukti melakukan pemalsuan data, maka dipastikan pengajuan kredit Andatidak akan disetujui pihak bank walaupun Andamemberikan berbagai macam alasan.

Baca Juga:  5 Jenis KTA Bank Permata, Solusi Buat Yang Butuh Dana Cepat

4. Susah Dihubungi Waktu Verifikasi

Saat melakukan verifikasi bank akan melakukannya melalui sambungan telpon, baik itu ke tempat tinggal, kantor, ataupun ke hp nasabah.

Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya pinjaman fiktif. Kalau ternyata saat dilakukannya verifikasi nasabah susah dihubungai oleh pihak bank, maka status pengajuan pinjaman Andaakan segera ditolak.

5. Data dari Tempat Kerja Tak Sesuai

Untuk memastikan kekuatan membayar nasabah, bank juga akan melakukan verifikasi ke kantor/tempat kerja nasabah yang mengajukan pinjaman.

Ini sangat penting dilakukan oleh bank untuk memastikan kalau data – data yang diajukan oleh nasabah benar.

Dalam arti sudah sesuai dengan data yang diserahkan baik itu jabatan ataupun pendapatanya. Kalau data yang diajukan tidak cocok dengan verifikasi ini maka dipastikan pinjaman Andaakan ditolak.

6. Tidak Ada Tempat Usaha

Kalau Anda mengajukan pinjaman sebagai seorang wiraswasta maka harus mencantumkan tempat usaha/kantor tempat usaha.

Kalau dalam prosesnya bank mengalami kesulitan dalam menemukan  tempat usaha nasabah, dipastikan bank akan menolak permohonan pinjaman kredit Anda.

Oleh karena itu pastikan Anda mencantumkan alamat usaha Anda dengan benar hingga pihak bank tidak mengalami kesulitan saat lakukan verifikasi.

7. Jumlah Pendapatan Di Bawah Standar Minimal

Walaupun bank sudah terima bukti pendapatan yang sesuai sama persyaratan mereka didalam aplikasi mengajukan pinjaman kredit nasabah, bank tetap melakukan verifikasi dan penelusuran sejauh mana kebenaran informasi yang Anda cantumkan.

Kalau jumlah pendapatan yang Anda ajukan tidak cocok atau dengan kata lain ada dibawah standar maka bank akan menolak permohonan kredit Anda.

Baca Juga:  Cara Kredit Bank Danamon Lengkap Dengan Syaratnya

8. Telepon Tempat Tinggal Anda Tak Dapat Dihubungi

Syarat yang ini memang bukan syarat yang ditentukan oleh semua bank, ada beberapa bank yang mengesampingkan syarat ini karena sekarang ini penggunaan telepon rumah sudah mulai berkurang.

Akan tetapi, kalau ada bank yang masih mensyaratkan ini dan ternyata susah menghubungi telepon tempat Anda tinggal maka pengajuan pinjaman kredit anda akan mengalami sedikit kesulitan.

9. Tempat Tinggal Tak Diketemukan

Kejadian ini sama fatalnya dengan tidak ditemukannya alamat tempat usaha anda, karena kalau bank sampai tidak bisa menemukan tempat tinggal anda.

Maka bank akan mempertanyakan kebenaran dari data data yang Anda ajukan yang berujung pada ditolaknya pengajuan pinjaman kredit Anda.

10. Info Negatif

Didalam pengajuan kredit Anda, bank butuh kejelasan yang diperoleh lewat cara mencari tahu segera dari tempat tinggal, kantor, serta keluarga nasabah.

Jika dalam aktivitas ini bank temukan info yang mencurigakan atau condong negatif, tidak tutup peluang permintaan credit bakal tidak diterima.

11. Kekuatan Bayar Nasabah

Kekuatan membayar nasabah ini didapatkan bank dari data data yang diajukan oleh nasabah, terutama rasio utang yang menjadi tolak ukur utama.

Jadi jika di rasa nasabah itu tak mempunyai kekuatan yang cukup untuk terima pinjaman hutang yang baru, permohonan kredit yang diajukan tidak akan disetujui oleh bank.

12. JaminanTidak Layak

Dalam beberapa jenis pinjaman, ada yang mengharuskan nasabah untuk memberikan jaminan. Kalau nilai jaminan yang diserahkan kepada bank ada dibawah nilai pinjaman kredit yang Anda ajukan, maka pinjaman kredit  yang anda ajukan tidak akan diterima.

Tidak hanya itu saja, bank juga akan menilai uji kelayakan mengenai jaminan yang anda ajukan ini, kalau ternyata tidak layak maka bank akan menolak pengajuan pinjaman anda walaupun pinjaman anda nilainya dibawah jaminan anda.

Baca Juga:  Syarat dan Cara Pengajukan Pinjaman di Bank Mega

13. Nilai Jaminan Sangat Kecil

Selain tidak layak, bank akan juga menolak pengajuan pinjaman anda kalau nilainya sangat kecil dan tidak cocok dengan jumlah pinjaman yang Anda ajukan.

14. Keluarga Tak Dapat Dihubungi

Pihak bank pasti akan menghubungi via telepon keluarga dekat tak serumah yang tercantum dalam aplikasi yang diajukan oleh nasabah. Bank melakukan ini untuk menelusuri mengenai kebenaran data yang anda ajukan.

Kalau keluarga tidak serumah yang anda ajukan tidak dapat dihubungi, maka kemungkinan besar pengajuan pinjaman anda tidak akan disetujui oleh pihak bank.

15. Riwayat Perbankan yang Buruk

Sistem Info Debitur (SID) atau yang lebih terkenal dengan BI Checking yang di keluarkan Bank Indonesia (BI) dipakai sebagai pertimbangan oleh bank dalam memutuskan pengajuan pinjaman anda diterima atau tidak.

Jika anda memiliki riwayat yang buruk dengan SID ini maka bank tidak akan menyetujui pinjaman anda.

16. Dokumen Jaminan Tak Komplit

Saat anda mengajukan pinjaman kredit, maka bank juga akan meminta dokumen asli terkait dengan jaminan anda. Jangan sampai ada yang terlewat karena bank tidak akan menyetujui pinjaman anda.

Dalam mengajukan pinjaman kredit ke bank, ada beragam prasyarat yang harus dipenuhi oleh nasabah.

Baca Juga:  Ingin Mengajukan Pinjaman ke Bank? 6 Hal Ini Harus Anda Pertimbangkan

Selain itu bank juga memiliki banyak pertimbangan dalam memutuskan apakah Pengajuan KTA, KPR, dan Kartu Kredit Anda Ditolak. Dengan mengerti semua hal diatas membuat pengajuam kredit anda akan sukses di terima dibank.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *