Tulis ArtikelMulai Menulis & Share Artikel Terbaikmu Disini Sekarang !

Inovasi Penggunaan Bitcoin Yang Dianggap Sangat Revolusioner

Inovasi Penggunaan Bitcoin, Setelah berhasil muncul dengan banyak menarik perhatian netter di dunia beberapa tahun yang lalu, penggunaan mata uang Virtual Bitcoin sudah mulai berkembang bahkan dengan sangat pesat. Meskipun masih adanya pro dan kontra, faktanya keberadaan dan penggunaan crytocurrency ini sangat mampu beradaptasi dan diterima oleh banyak orang.

Setelah otoritas keuangan Indonesia sempat menyatakan bahwa Bitcoin bermasalah begitupun dengan negara lainnya, namun nyatanya pamor akan mata uang ini bahkan tidak menurun. Sejak pertama kali kemunculannya ditahun 2009, Bitcoin sudah bisa memperoleh banyak sekali pertentangan khususnya dari badan keuangan beberapa negara. Ini karena sangat minimnya standarisasi dan juga keamanan yang sangat diragukan.

Baca juga: Cara Membuat Akun Bitcoin Indonesia dan Verifikasi Gratis

Namun, ternyata ada juga beberapa negara yang bahkan malah melegalkan masukannya mata uang ini, bahkan saat ini di Indonesia sudah ada proyek komersil yang ternyata menggunakan Bitcoin sebagai alat transaksinya. Selain karena beberapa otoritas yang masih mengakui keberadaan Bitcoin, alasan lain yang menjadikan Bitcoin tetap eksis juga adalah karena inovasi pada penerapannya yang sangat tergolong revolusioner.

Inovasi Penggunaan Bitcoin Yang Revolusioner

Inovasi Penggunaan Bitcoin Yang Dianggap Sangat Revolusioner

Sampai saat ini ide tersebut terus dimatangkan oleh suatu badan pengembangan yang memang hanya berfokus pada Bitcoin, yaitu Bitcoin Foundation. Terlepas dari adanya kekurangan, tidak ada salahnya jika kita melakukan pengembangan beberapa potensi penggunaan Bitcoin yang cukup revulosioner seperti berikut ini:

1. Akses transaksi secara global

Sifat Bitcoin adalah easy transferred, sehingga Bitcoin sangat mampu menjembatani adanya proses transaksi. Tidak hanya dilakukan secara lokal tapi juga secara global atau seluruh dunia dengan cepat dan mudah. Bayangkan saja jika penggunaan BTC sebagai mata uang kripto harus melalui tahap tertentu, akan sangat repot.

Nah, Bitcoin dirancang dengan proses transaksi yang hanya 1 kali proses saja dan sangat singkat. Sehingga jika memang bisa diakui secara global, maka harapannya Bitcoin bisa menjadi penyokong untuk tumbuhnya proses perdagangan internasional dalam skala yang lebih besar lagi. Keuntungan ini tentunya tidak hanya bisa diperoleh dari para pelaku usahanya, tapi juga oleh negara dimana transaksi tersebut dilakukan.

Walaupun jika dilihat dari skema global memang memerlukan regulasi yang ketat, namun sepertinya ide pemakaian Bitcoin untuk transaksi perdagangan internasional bukan menjadi hal yang tidak mungkin.

2. Pengumpulan Sejumlah Dana

Penggunaan mata uang Bitcoin yang bahkan tidak kalah potensial adalah dalam proses pengumpulan sejumlah dana. Misalnya saja, pengumpulan dana saat ada bencana alam. Konsep seperti ini memang sampai saat ini belum diterapkan dengan luas. Namun keuntungan untuk menggunakan Bitcoin saat mengumpulkan sumbangan adalah bisa memperoleh dana dengan lebih cepat. Bisa lebih terpusat tanpa membutuhkan adanya perantara tambahan yang kadang-kadang bisa memperpanjang rantai penyalurannya.

Saat ingin membantu korban bencana alam tentunya masalah waktu menjadi hal yang sangat krusial. Karena kebutuhan yang mendesak dan tak terduga harus bisa segera terpenuhi bahkan dalam waktu sangat cepat. Sehingga diharapkan dengan adanya sistem transfer menggunakan Bitcoin yang sangat instan bisa menjadi terobosan baru.

Baca juga: Cara Withdraw atau Penarikan Saldo di Bitcoin Indonesia

3. Mikro Payment

Pernah tidak, Anda membayangkan jika ternyata sebuah layanan internet yang Anda gunakan dibayar dengan per KB bukan perj am atau per GB. Tentunya sangat membutuhkan nilai satuan pembayaran yang amat kecil dan bisa saja mencapai angka 1 rupiah, jika hal tersebut memungkinkan. Lalu, bagaimana proses pembayarannya? Tentunya tidak akan ada satuan fisik yang bisa dipakai. Namun, dengan Bitcoin Anda bisa melakukannya.

Salah satu hal inovasi penggunaan bitcoin yang menjadi keunikan dari mata uang virtual ini yaitu nilai satunya uangnya daoat Anda hitung sampai satuan sangat kecil. Misalnya saja, jika kita ilustrasikan nilai 1 BTC bisa Anda pecah jadi 1 juta micro koin, sehingga dengan begitu proses pembayaran untuk harga yang bernilai kecil juga dapat Anda lakukan dengan menggunakan teknologi ini.

4. Memperkecil Terjadinya Kesalahan Transaksi

Di dalam proses transfer mata uang virtual Bitcoin, ada sebuah teknologi yang memang sangat khusus digunakan yaitu tanda tangan berganda. Teknologi ini dengan sederhana bisa Anda pahami sebagai alat pengaman berganda jika ternyata terjadi suatu masalah transaksi yang dilakukan oleh 2 pihak.

Di dalam sebuah transaksi bisa juga muncul pihak ketiga yang memang dipercaya dapat menjamin proses transaksi tersebut bisa berjalan dengan baik. Saat terjadi masalah antara 2 pihak. Maka nominal angkat BTC yang akan ditransfer dapat dipending jika ternyata pihak ke 2 tidak memberikan adanya konfirmasi melalui fitur tanda tangan tersebut.

5. Pembayaran Yang Sangat Otomatis

Inovasi Penggunaan Bitcoin yaitu saat ini sistem pembayaran dengan sangat otomatis sudah mulai banyak diterapkan oleh negara maju. Sistem ini juga sangat memungkinkan pembayaran akan sebuah layanan atau pun barang. Yang berlangsung dengan sangat otomatis lewat alat khusus atau pun metode pengurangan deposit.

Baik sudah diakui ataupun tidak, adanya inovasi dari penggunaan Bitcoin. Memang sudah dianggap menjadi salah satu sistem pembayaran yang cukup potensial. Jika ternyata pengelolaannya dilakukan dengan baik dan juga sempurna. Bukan tidak mungkin Bitcoin sangat mampu menggeser mata uang yang berbentuk fisik. Baca juga: Mata Uang Bitcoin Sebagai Cadangan Emas Digital

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *