Investasi Ini Cocok Untuk Mempersiapkan Masa Tua Anda

Mempersiapkan masa tua tentunya harus dipersiapkan sedari dini. Di saat usia masih produktif, tentunya anda harus mempersiapkan dana guna tabungan di masa depan anda. Mempersiapkan masa tua tak hanya dapat anda lakukan dengan menabung, anda juga bisa berinvestasi guna sebagai tabungan di masa depan.

Ada banyak jenis investasi yang dapat anda lakukan untuk mempersiapkan masa tua anda. Jenis-jenis investasi biasanya cocok untuk persiapan masa tua anda adalah jenis investasi jangka panjang.

Investasi Ini Cocok Untuk Mempersiapkan Masa Tua Anda

Investasi Ini Cocok Untuk Mempersiapkan Masa Tua Anda

Nah berikut ini ada beberapa jenis investasi yang cocok anda lakukan untuk mempersiapkan masa tua anda.

1. Investasi Properti

Jenis investasi yang cocok untuk mempersiapkan masa tua anda adalah investasi properti. Investasi jangka panjang ini dapat berupa rumah, apartemen, ruko, tanah dan lainnya. Jika anda menginginkan investasi yang dapat memberikan pemasukan secara rutin, anda bisa mencoba untuk menyewakan properti anda. Seperti menyewakan rumah, menyewakan apartemen, kos, home stay, dan lainnya.

Dengan cara seperti ini, anda akan mendapatkan pemasukan rutin di saat masa tua anda nantinya. Meskipun keuntungan yang diraih cukup besar, namun modal untuk membangun bisnis properti tidaklah sedikit. Untuk itu perlu persiapan dan perencanaan yang matang sebelum akan menjalankan bisnis properti ini. Sehingga akan lebih baik jika anda mengerjakannya selagi masih di usia produktif.

Baca Juga: Pahami Sebelum Aksi! Kelebihan dan Kekurangan Investasi Properti

2. Investasi Asuransi

Salah satu cara untuk mempersiapkan masa tua anda adalah dengan membeli produk asuransi. Asuransi dapat anda jadikan sebagai investasi masa tua anda yang mana akan menjamin kehidupan anda di masa yang akan datang. Misalnya saja asuransi kesehatan, produk asuransi ini dapat menjamin kesehatan anda di masa depan.

Di usia-usia senja, tentu saja beragam penyakit bisa saja datang menghampiri anda dan hal tersebut tentunya membutuhkan banyak biaya. Memiliki asuransi kesehatan tentu menjadi jaminan terbaik untuk segala resiko dan kondisi saat menjelang usia senja. Bahkan terdapat pula produk asuransi yang mana memiliki nilai investasi dalam nominal tertentu, sehingga dapat anda cairkan kedepannya.

Untuk itu cermatlah dalam memilih produk asuransi mana yang dapat mengkover seluruh biaya kehidupan di masayang akan datang. Sebaiknya mulailah untuk membeli asuransi di saat usia produktif seperti saat ini.

Baca Juga: Investasi yang Cocok Untuk Seorang Ayah

3. BPJS Ketenagakerjaan

BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) merupakan sebuah lembaga negara yang bergerak dalam bidang asuransi. Program pemerintah yang satu ini mengeluarkan program jaminan pensiun yang mana dapat anda jadikan sebagai tabungan di masa tua nantinya yaitu BPJS Ketenagakerjaan.

Biasanya untuk iuran wajib setiap bulannya dapat terhitung dari 3% gaji yang anda dapatkan, dimana 2% adalah ituran dari perusahaan (tempat anda bekerja) dan 1% iuran dari karyawan/pekerja.

Pemilik BPJS ketenagakerjaan ini bisa memilih manfaat pensiun manakah yang akan dimabilnya saat masa pensiun tiba. Biasanya dana pensiun yang diberikan memiliki ketentuan paling lama 3 tahun setelah masa pensiun.

4. Investasi Saham

jenis investasi lainnya yang cocok anda jalankan untuk persiapan masa tua anda adalah investasi saham. Jenis investasi ini adalah usaha penanaman modal yang mana berkaitan dengan pembelian serta penyimpanan saham dalam pasar modal. Anda sebagai pihak investor biasanya akan mendapatkan keuntungan yang berasal dari kenaikan harga saham (capital gain) dan pembagian laba (dividen)

Pembagian laba (dividen) ini lah yang akan menjadi pemasukan tetap anda di masa tua nantinya. Nilai dividen biasanya akan terus meningkat setiap waktunya. Namun investasi seperti ini biasanya memiliki resiko yang besar, sehingga anda juga harus berhati hati ketika menanamkannya dalam modal yang besar pula.

Baca Juga: Mengenal Investasi Saham Reksadana Khusus Pemula

5. Investasi Bisnis Usaha

Anda juga bisa mencoba berinvestasi dalam bentuk bisnis usaha. Pengelolaan usaha yang baik dapat diandalkan sebagai investasi di masa depan. Bahkan jenis investasi ini juga akan menjamin kesejahteraan anda secara turun menurun. Bisnis yang anda jalankan selagi masih muda, akan sangat membantu ketika anda sudah memasuki usia-usia pensiun nantinya.

Jenis investasi ini tentunya harus anda laksanakan sedari dini. Anda bisa memulai bisnis dari hal-hal yang memang sesuai dengan passion anda. Tidak perlu melakukan bisnis yang sulit, yang terpenting adalah anda bisa fokus mengerjakannya. Misalnya saja dengan membangun peternakan, membuat kerajinan tangan, bisnis kuliner, dan lainnya yang sekiranya memiliki prospek cerah di masa yang akan datang.

6. Investasi Emas

Investasi terbaik lainnya yang dapat anda coba untuk masa tua anda adalah investasi emas atau logam mulia. Kelebihan investasi emas dibandingkan dengan investasi lainnya adalah nilai emas yang semakin meningkat setiap tahunnya. Dapat dikatakan jika nilai emas selalu diatas inflasi setiap tahunnya. Anda bisa memulai investasi ini mulai dari muda.

Misalnya saja anda dapat membeli emas rutin setiap jangka waktunya, sedikit demi sedikit namun akan terkumpul banyak kedepannya. Saat anda membutuhkan dana, anda bisa menjual emas-emas yang anda miliki. Namun perhatikan waktu yang tepat saat ingin menjual emas, sehingga nantinya anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Nah itu tadi beberapa jenis-jenis investasi yang cocok anda jalankan untuk persiapan masa tua anda. Dengan mempersiapkan selagi usia masih muda, maka tentu saja kehidupan anda di masa pensiun kedepannya akan terjamin lebih baik. Baca juga: Tips Cara Investasi Emas Batang Agar Mendapat Keuntungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *