Tulis ArtikelMulai Menulis & Share Artikel Terbaikmu Disini Sekarang !

Investasi Saham atau Reksa Dana, Pilih Mana?

Investasi Saham atau Reksa Dana ? Di era modern seperti saat ini, mulai banyak orang yang mempersiapkan masa tuanya dengan cara berinvestasi. Mereka menggangap investasi bisa menjadi salah satu penghasilan utama ketika memasuki usia pensiun. Selain itu, investasi yang di mulai sejak usia dini bisa mengahasilkan keuntungan yang cukup besar dalam jangka waktu yang lama. Sehingga anda tidak perlu khawatir akan masalah finansial di hari tua.

Kemudahan informasi, juga menjadi salah satu alasan tingginya minat masyarakat pada dunia investasi ini. Telah banyak situs – situs dan media informasi yang memberikan penjelasan mengenai dunia investasi. Hal ini menjadi salah satu alasan meningkatnya minat masyarakat khususnya anak muda dalam mulai investasi. Selain itu, terdapat gerakan menabung saham yang di cetuskan oleh Bursa Efek Indonesia.

Investasi memiliki banyak jenis mulai dari investasi saham, investasi reksa dana, obligasi, bitcoin, hingga emas. Tiap jenisnya memiliki tingkatan resiko dan besar keuntungan yang berbeda – beda. Selain itu, terdapat kelebihan dan kekurangan yang berbeda dari tiap jenis investasi.

Baca Juga: Mengenal Investasi Emas Bagi Pemula dan Bagaimana Memulainya

Investasi Saham atau Reksa Dana

zonkeu-Pilih Mana, Investasi Saham atau Reksa Dana

Bagi anda yang baru dalam dunia investasi, mungkin anda akan memilih diantara investasi Saham dan Investasi Reksa dana. Hal ini dikarenakan kedua jenis investasi ini memiliki minat yang paling banyak diantara jenis investasi lainnya. Selain itu, telah banyak investor yang terbukti bisa meraup keuntungan yang besar dari hasil investasi saham dan reksa dana. Sehingga membuat para pemula semakin tertarik untuk memasuki dunia investasi ini.

Mengingat modal yang perlu di keluarkan untuk berinvestasi terbilang cukup besar, maka anda tidak boleh salah dalam memilih jenis invetasi saham atau reksa dana. Oleh karena itu, anda perlu mengenali terlebih dahulu keuntungan dan kekurangan dari investasi saham dan reksa dana.

Investasi Saham

zonkeu-Pilih Mana, Investasi Saham atau Reksa Dana
Photo by Burak Kebapci from Pexels

• Keuntungan

– Pertumbuhan saham tergolong tinggi
– Jumlah Keuntungan yang besar
– Bisa membuka rekening dengan mudah
– Banyak Bank yang bekerja sama dengan Broker saham
– Investor dapat menerima Dividen yang telah di tetapkan tiap tahunnya
– Bisa Autodebet

• Kekurangan

– Membutuhkan Modal yang cukup banyak
– Tingkat resiko yang tinggi
– Investasi tidak di devirsifikasi
– Jangka waktu yang cukup panjang

Baca Juga: Belajar Investasi Saham Bagi Investor Pemula

Investasi Reksa Dana

zonkeu-Pilih Mana, Investasi Saham atau Reksa Dana

• Keuntungan

– Modal investasi yang tidak telalu mahal
– Memiliki tingkat resiko yang lebih kecil
– Modal investasi yang kita tanamkan di devirsifikasi
– Terdapat Manajer Investasi yang akan membantu
– Terdapat banyak pilihan investasi mulai dari Pasar uang, Obligasi, dan Campuran
– Mudah di Pindah tangankan atau di wariskan bila mana sang investor meninggal
– Bisa Autodebet

• Kekurangan

– Jumlah keuntungan yang lebih kecil
– Jangka waktu investasi yang pendek
– Investor tidak mendapatkan Dividen dari perusahaan yang sahamnya ia miliki

Baca Juga: Cara Memulai Investasi Reksadana Untuk Pemula

Baik investasi saham ataupun Investasi reksa dana pastinya memiliki tingkat resikonya masing – masing. Namun, bagi anda yang bingung dalam memiih antara investasi reksa dana atau saham, sebaiknya anda tentukan dengan cara melihat factor – factor berikut ini.

1. Besar Modal

Investasi reksadana dan investasi saham membutuhkan modal yang berbeda. Besar modal yang di butuhkan untuk memulai investasi saham terbilang cukup besar di bandingkan jenis investasi lainnya. Harga saham Blue Chip umumnya di jual dengan kisaran harga puluhan ribu rupiah. Jika di hitung, setidaknya anda membutuhkan modal sebesar Rp.5.000.000 untuk memulai investasi ini.

2. Tingkat Resiko

Karena investasi memubutuhkan modal yang cukup banyak, oleh karena itu anda perlu memperhitungkan besarnya resiko dari tiap jenis investasi. Jika anda masih ragu dan ingin memilih investasi dengan resiko yang lebih rendah, tentunya investasi reksa dana merupakan pilihan yang tepat. Selain modal yang anda investasikan akan di devifersifikasi, anda juga akan di bantu oleh manajer investasi. Sehingga anda bisa mengkonsultasikan terlebih dahulu tiap langkah yang akan anda ambil.

3. Jangka Waktu

Investasi saham dan investasi reksa dana juga memiliki jangka waktu yang berbeda. Untuk bisa merasakan keuntungan dari investasi saham, setidaknya anda membutuhkan waktu 5 hingga 10 tahun. Namun, ini merupakan pilihan yang cocok jika anda ingin menjadikannya investasi jangka panjang.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *