Investasi yang Cocok Untuk Seorang Ayah

Banyak orang yang memang menyetujui bahwa seorang istri dan suami saling bergotong royong untuk mencari nafkah untuk keluarga. Namun dalam perannya sendiri , terdapat perbedaan antara ibu dan ayah dalam perencanaan keuangan keluarga. Dimana seorang ayah lebih memikirkan kebutuhan finansial makro seperti kebutuhan keluarga di masa yang akan datang. Sedangkan seorang ibu malah akan memikirkan kebutuhan secara mikro seperti pengeluaran dan kebutuhan setiap bulan.

Jika melihat itu berarti sudah hal yang biasa apabila seorang ayah memikirkan bagaimana cara agar keluarganya bisa hidup bahagian dan sejahtera di masa yang akan datang. Namun sebetulnya dengan bekerja setiap hari saja seorang ayah tidak  bisa menjamin secara keseluruhan tentang kesejahteraan keluarga di masa depan.

Beberapa Investasi yang Cocok Untuk Seorang Ayah

Investasi yang Cocok Untuk Seorang Ayah - Zonkeu

Ada beberapa rekomendasi yang bisa di lakukan oleh seorang ayah. Terutama dalam hal investasi masa depan untuk seorang ayah.

Berikut adalah beberapa investasi yang bisa di lakukan seorang ayah :

1. Dana pensiun

Hal yang paling pertama yang bisa ayah  lakukan adalah dengan investasi dana pensiun . Hal itu karena kita  sebagai ayah harus mempersiapkan dana yang cukup. Dana untuk memenuhi kebutuhan keluarga ketika kita sudah tidak produktif lagi. Hal pertama ketika akan mempersiapkan dana pensiun adalah ayah harus lebih mengetahui pada usia berapakah kita akan pensiun dan juga jumlah kebutuhan keluarga kita pada masa tersebut.

Sebagai contohnya adalah kebutuhan keluarga pada saat ini misalkan adalah Rp. 5 juta per bulan. Dimana seorang yang memasuki pensiun pada 15 tahun kemudian. Maka kebutuhan daripada pensiun nanti adalah kebutuhan bulanan yaitu 5 juta dikalikan dengan kemungkinan inflasi.

Ayah pun bisa memilih dana pensiun yang tepat asalkan dana pensiunnya cukup untuk kebutuhan keluarga. Terutama saat nanti pensiun ketika harga barang yang mengalami inflasi. Produk dana pensiun apapun tidak ada masalah, baik yang di tawarkan  oleh Jamsostek, perusahaan asuransi atau pun dana pensiun di lembaga keuangan lainnya.

Ketika nantinya setelah memilih produk yang tepat jangan lupa untuk melakukan evaluasi. Paling tidak 3 bulan sekali agar lebih mengetahui produk yanh bisa memenuhi kebutuhan kita di masa yang akan datang atau tidak.

Baca juga: Pentingnya Mempersiapkan Dana Pensiun Anda Sedini Mungkin

2. Dana pendidikan anak

Investasi selanjutnya adalah menyisihkan dana anda untuk investasi di bidang pendidikan untuk anak kita. Hal itu tidak terlepas dari mendapatkan pendidikan yang layak adalah hak setiap anak. Karena pendidikan adalah hal yang terpenting untuk mewujudkan keluarga yang memiliki masa depan yang baik.

Oleh karena itu mempersiapkan dana untuk kepentingan pendidikan anak kita di kemudian hari. Merupakan salah satu jenis investasi yang harus di persiapkan oleh seorang ayah di masa mendatang. Karena, semua itu adalah tanggung jawab seorang ayah yang memang harus untuk kehidupan yang layak  bagi anak kita.

3. Dana ibadah

Jenis investasi selanjutnya yang harus di persiapkan oleh seorang ayah adalah mempersiapkan dana ibadah. Hal itu karena keperluan untuk melakukan perjalanan ibadah tidak lah sedikit. Sehingga setelah menikah dan memiliki seorang anak sudah sewajarnya seorang suami dan istri mempersiapkannya .

Oleh karena itu peran seorang ayah lah yang harus memikirkan investasi. Nantinya dana dapat di gunakan untuk perjalanan ibadah di kemudian hari ketika sudah mencukupi. Meskipun saat ini terdapat kemudahan yang di berikan oleh perbankan persoalan dana ibadah. Namun apa salahnya mempersiapkan dana ibadah jauh hari agar mempermudah proses perjalanan ibadah kita.

4. Warisan

Hal selanjutnya yang harus seorang ayah persiapkan adalah perihal warisan. Ketika seorang ayah tutup usia atau mungkin sudah tidak dapat mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Seperti mengalami cacat fisik ataupun sakit kritis. Yang mengharuskan beristirahat di rumah biasanya seorang ayah memiliki warisan berupa rumah , tanah ataupun asuransi jiwa. Dimana uang pertanggunannya dapat diberikankepada ahli waris baik itu anak ataupun pasangannya.

Bagi seorang ayah yagn memiiki anak lebih dari satu enggan untuk memberikan warsan berupa sebuah rumah sebagai warisannya. Karena rumah sendiri sulit untuk di bagi-bagi kecuali di  jual. Ada kemungkinan harga akan berbeda. Sehingga hal itu bisa di siasati oleh asuransi jiwa murni , ataupun beberapa jenis asuransi jiwa yang lebih mudah dalam pencairannya.

5. Asuransi kesehatan

Jenis investasi selanjutnya yang memang  harus di lakukan oleh seorang ayah adalah melakukan investasi asuransi kesehatan. Investasi ini merupakan salah satu alternatif ketika kita seorang ayah ataupun keluarga kita. Yang mungkin saja mengalami sakit yang harus mendapat penanganan intensif di rumah sakit dan membutuhkan dana atau biaya yang besar. Dengan menggunakan asuransi kesehatan ini setidaknya kita tidak akan mengambil dana emergency keluarga dan bisa tercover langsung oleh asuransi kesehatan.

Baca juga: Kriteria Asuransi Kesehatan Terbaik yang Wajib Anda Tahu

Itulah beberapa jenis investasi yang cocok untuk seorang ayah. Hal tersebut bertujuan untuk mencapai kesejahteraan keluarga yang harus ayah lakukan. Tidak harus semua kita ambil dan kita lakukan demi memberikan kesejahteraan yang baik bagi keluarga kita. Bisa dengan mencoba salah satu , atau satu demi satu yang dimana kita akan merasakan manfaatnya di masa yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *