in

Jangan Ambil Resiko Dalam Mengelola Keuangan Pribadi Anda

Mengelola Keuangan Pribadi – Bagi Anda yang telah bekerja dan memiliki pendapatan tetap, Anda tentu bisa membeli berbagai barang yang Anda inginkan dengan mudah. Hal ini tentu bukan sebuah masalah, terutama jika gaji Anda terbilang besar dan lebih dari cukup untuk memenuhi semua kebutuhan pokok Anda.

Mengelola Keuangan Pribadi

Sudah bekerja sepanjang minggu dan mencurahkan segala tenaga dan pikiran Anda di kantor, jadi wajar saja jika sesekali Anda ingin menyenangkan diri sendiri dan menikmati sebagian penghasilan Anda tersebut.

Bukan hanya Anda saja, namun sebagian besar para pekerja kantoran juga akan melakukan hal yang sama, di mana mereka akan berupaya untuk bersenang-senang dan menikmati apa yag telah mereka hasilkan selama bekerja.

tips mengelola Keuangan Pribadi

Setidaknya, menikmati akhir pekan dengan cara yang berbeda, akan membuat mereka menjadi lebih fresh dan melupakan sejenak kepenatan selama bekerja di kantor sepekan belakangan.Hal ini juga bisa menghilangkan rasa bosan dan membuat mereka kembali fresh dan siap menghadapi tantangan kerja di minggu yang akan datang.

Di antara banyak pilihan kegiatan, sebagian orang akan menikmati hobi mereka di akhir pekan, sebab ini membuat mereka bahagia. Lalu, kegiatan apa yang akan Anda lakukan di akhir pekan untuk menikmati uang yang telah Anda hasilkan?

Mengelola Keuangan Pribadi Dengan Tepat

Apapun kegiatan yang akan Anda lakukan untuk menikmati penghasilan Anda, pastikan Anda akan bahagia setelah melakukannya. Hal ini penting, agar setiap sen yang Anda habiskan memang benar-benar berarti dan memiliki dampak yang baik bagi kehidupan Anda.

Anda telah bekerja keras untuk menghasilkan uang tersebut, jadi sangat tepat jika Anda juga bisa menikmatinya dengan maksimal.

Namun di luar semua itu, hal yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana mengelola gaji Anda dengan baik, sebab hal ini akan menjadi salah satu jalan untuk menata masa depan Anda sejak dini.

Baca Juga:  Mengenal Investasi Saham Bisa Anda Jadikan Wawasan Tambahan

Anda tentu mengharapkan kondisi keuangan yang mapan dan sehat, bukan? Penting untuk memiliki kemampuan yang baik dalam Mengelola Keuangan Pribadi , sebab Anda juga memiliki hari esok untuk dipikirkan. Jika tidak ditata sejak dini, maka bisa saja keuangan Anda akan bermasalah di kemudian hari.

Ada banyak kebiasaan yang sangat mungkin menjadi celah bagi Anda untuk selalu melakukan pemborosan di dalam keuangan, di mana celah-celah ini sebenarnya bisa saja dihindari atau bahkan dihilangkan.

Jika Anda memiliki kemampuan yang baik dalam Mengelola Keuangan Pribadi Anda, maka berbagai celah seperti ini tidak akan terjadi di dalam keuangan tersebut. Jangan biarkan gaji Anda menguap setiap bulannya, agar Anda bisa melakukan investasi dan juga menabung untuk masa depan Anda nanti.

Lakukan Investasi dan Tabungan

7 Cara Simpel Mengelola Keuangan Pribadi Yang Baik

Di antara sejumlah poin penting di dalam Mengelola Keuangan Pribadi , investasi dan juga tabungan adalah yang paling wajib untuk selalu diadakan. Kedua kegiatan ini akan menjadi jalan bagi Anda untuk bisa lebih mudah dalam mencapai tujuan keuangan Anda.

Investasi akan membantu Anda untuk bisa lebih mudah dalam mencapai titik aman (mapan) di dalam keuangan Anda, sedangkan tabungan bisa menjadi pos pengamanan bagi keuangan Anda jika sewaktu-waktu Anda memiliki masalah di dalam keuangan Anda tersebut.

Anda tentu tidak pernah tahu, kapan masalah dan juga berbagai kendala akan terjadi di dalam keuangan, sehingga sangat penting untuk mengamankan posisi keuangan sejak dini. Jangan mengambil resiko yang besar di dalam keuangan, sebab ini bisa saja membuat Anda mengalami masalah di kemudian hari.

Baca Juga:  9 Cara Mengelola Keuangan Gaji Bulanan Yang Baik

Menyisihkan Sebagian Gaji

Berapapun jumlah gaji yang Anda bawa pulang setiap bulannya, pastikan Anda menyisihkan sebagian gaji tersebut untuk investasi dan juga tabungan. Bukan setelah berbagai pengeluaran lainnya, namun segera sisihkan dana ini begitu Anda menerima gaji bulanan Anda.

Hal ini akan membantu Anda untuk bisa lebih mudah dan cepat memenuhi kedua pos tersebut. Sebelum Anda tergoda untuk mengalokasikan uang Anda ke berbagai kebutuhan lainnya yang tidak begitu perlu.

Tentukan jumlah / porsi masing-masing kedua pos ini, agar lebih mudah bagi Anda untuk mengelola dana lainnya di dalam keuangan Anda. Setidaknya, Anda harus menyisihkan 10% dari gaji Anda untuk tabungan dan 10-30% lainnya sebagai dana investasi.

Di luar kedua hal ini, pastikan juga bahwa uang yang tersisa masih bisa mencukupi semua kebutuhan rutin bulanan Anda dengan baik. Sehingga semua aktifitas Anda dapat berjalan dengan lancar ke depannya.

Pada umumnya, orang akan mengumpulkan dulu dana investasi mereka selama beberapa waktu. Hingga dana tersebut mencukupi untuk membeli sebuah portofolio yang dianggap tepat di dalam keuangan mereka.

Jika Anda merasa dana investasi Anda telah cukup, maka segera lakukan investasi tersebut. Jangan mengambil resiko dengan membeli portofolio yang tidak Anda pahami dengan baik. Sebab hal seperti ini hanya akan membuat Anda berpeluang untuk mengalami kerugian di masa yang akan datang.

Pastikan Anda paham benar dan mengenal dengan baik instrumen investasi yang akan Anda beli. Sehingga Anda bisa mengatasi semua resiko yang mungkin terjadi pada investasi tersebut. Hal ini sangat penting untuk Anda cermati sejak awal, agar Anda terhindar dari berbagai resiko investasi di masa yang akan datang.

Baca Juga:  Pinjaman Dan Hutang Itu Beda Lho. Mau Tahu Apa Bedanya?

Pilih Tempat Yang Tepat dan Aman Bagi Uang Anda

Apapun jenis investasi yang akan Anda beli, belilah hanya pada tempat yang tepat saja. Hindari membeli investasi di tempat-tempat yang tidak resmi. Mengingat saat ini ada banyak oknum yang melakukan penipuan dengan mengadakan investasi bodong.

Meski bukan modus baru, namun investasi dengan iming-iming hasil menggiurkan ini masih saja beroperasi di mana-mana. Jika Anda berinvestasi di tempat seperti ini, maka siap-siap saja kehilangan dana investasi yang Anda miliki.

Pilihlah lembaga keuangan bank untuk menjadi tempat berinvestasi bagi Anda. Bank juga menyediakan banyak jenis investasi yang cukup menguntungkan. Meski hasilnya tidak setinggi di tempat lain.

Namun lembaga keuangan bank akan menjamin keamanan dana investasi Anda. Sebab bank memiliki jaminan dari LPS yang akan menjamin keamanan dana nasabah di dalamnya.

Anda tidak perlu khawatir, jika sewaktu-waktu bank bermasalah atau bahkan bangkrut sekalipun. Dana Anda tetap akan dikembalikan dengan utuh oleh pihak pemerintah melalui LPS.

Hal yang sama juga berlaku bagi dana tabungan yang Anda miliki. Dimana akan jauh lebih bijak jika Anda menyimpannya di lembaga keuangan bank yang resmi dan berada di bawah naungan OJK.

Berapapun jumlah dana tabungan yang Anda miliki, uang tersebut tentu sangat bernilai bagi Anda. Untuk itu, pastikan Anda hanya akan menyimpannya di tempat yang tepat saja dan bukan di sembarang tempat yang tidak jelas.

Baca Juga:  Tips Mengatur Budget Pernikahan yang Terbatas, Namun Tetap Berkesan

Hindari mengambil resiko yang besar pada uang Anda, sebab Anda menghasilkan uang ini dengan keringat dan kerja keras. Tempatkan uang Anda di lembaga yang tepat sejak awal, agar uang tersebut tetap tersimpan dengan aman. Anda bisa tidur dengan nyenyak dn nyaman setiap malam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

tips mengelola keuangan pribadi

5 Tips Mengelola Keuangan Pribadi Dengan Tepat

Pinjaman Dan Hutang Itu Beda Lho. Mau Tahu Apa Bedanya?

Pinjaman Dan Hutang Itu Beda Lho. Mau Tahu Apa Bedanya?