7 Jenis Asuransi di Indonesia Yang Paling Populer

Jenis asuransi di Indonesia merupakan salah satu jenis investasi yang cukup menguntungkan demi masa depan anda. Bahkan dengan memiliki asuransi, anda bisa menekan resiko buruk yang mungkin terjadi kedepannya.

Definisi asuransi sendiri adalah perjanjian yang dilakukan antara pihak yang menyediakan jasa asuransi sebagai pihak penanggung jawab serta nasabah atau masyarakat.

Masyarakat sendiri berperan sebagai pemegang polis atau pihak yang tertanggung yang wajib membayar biaya premi. Ini dalam rangka pemberian penggantian pada resiko kematian, kerusakan, kehilangan, kerugian, dan hal lainnya yang menjadi peristiwa tidak terduga.

Pemegang polis berkewajiban membayar sejumlah dana (premi) kepada pihak penyedia asuransi. Nantinya akan disetujui untuk memberikan kompensasi dan proteksi di masa depan. Diberikan untuk mengganti kerugian yang bisa terjadi kedepannya kepada pemegang polis saat terjadi musibah.

Jenis Asuransi di Indonesia

7 Jenis Asuransi di Indonesia Yang Paling Populer

Penerima asuransi tersebut tak hanya orang yang namanya tercantum dalam perjanjian. Bisa juga orang lainnya yang ditunjuk oleh pemilik asuransi.

Jenis Asuransi di Indonesia Yang Paling Populer

Asuransi sendiri terbagi dalam beberapa jenis dan dikelompokkan sesuai dengan fokusnya masing-masing. Nah berikut ini ada beberapa Jenis asuransi yang ada di Indonesia saat ini.

1. Janis Asuransi Kesehatan

Dapat dikatakan jika jenis asuransi di indonesia ini cukup dikenal bahkan yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang fokus menangani masalah kesehatan pihak yang tertanggung.

Dikarenakan penyakit dan harus menanggung seluruh biaya perawatan yang ada. Biasanya biaya yang ditanggung oleh pihak penyedia asuransi kesehatan adalah cedera, sakit, cacat, bahkan hingga kematian yang disebabkan oleh kecelakaan.

Produk asuransi kesehatan biasanya juga dapat dibeli untuk kepentingan orang ketiga ataupun pihak yang tertanggung saja. Saat ini banyak sekali pihak-pihak penyedia jasa asuransi yang menawarkan produk asuransi kesehatan dengan beragam fasilitas di dalamnya.

2. Jenis Asuransi Jiwa

Jenis asuransi di Indonesia ini memang dikenal sebagai asuransi yang mana dapat memberikan keuntungan finansial pada pihak tertanggung atas kematiannya.

Sistem pembayaran dari asuransi jiwa ini pun bermacam-macam, tergantung dari pihak penyedia jasa asuransi. Ada pihak perusahaan asuransi yang mengembalikan dana kepada pihak tertanggung setelah kematian pihak tertanggung.

Namun juga ada beberapa pihak perusahaan asuransi yang mengembalikan dana sebelum kematiannya. Sama hal nya dengan asuransi kesehatan, asuransi jiwa juga dapat digunakan untuk kepentingan orang lainnya atau orang ketiga.

Bahkan asuransi ini juga dapat dibeli dalam kehidupan orang lainnya. Misalnya saja, suami dapat membeli asuransi jiwa yang mana manfaatnya dapat diberikan kepadanya setelah kematian pihak istri. Ataupun orang tua dapat mengasuransikan diri mereka terhadap kematian anak-anaknya.

Baca Juga:  Produk Investasi Syariah Pilihan Terbaik Untuk Investor

3. Jenis Asuransi Kendaraan

Sesuai dengan namanya, asuransi kendaraan ini memang diperuntukkan sebagai perlindungan untuk kendaraan. Produk asuransi kendaraan yang paling populer adalah asuransi mobil.

Asuransi ini diperuntukkan terhadap cedera yang dialami orang lain. Ataupun kerusakan pada kendaraan lainnya yang mana dikarenakan kendaraan yang tertanggung.

Jenis asuransi mobil ini juga dapat digunakan untuk membayar kehilangan ataupun kerusakan dari kendaraan yang tertanggung.

Banyak Negara-negara yang sudah mewajibkan semua pemilik kendaraan memiliki asuransi kendaraan ini. Dikarenakan semua kerusakan dan kerugian yang diakibatkan karena kecelakaan akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Namun hal ini juga tergantung berdasarkan kebijakan yang dimiliki perusahaan tersebut. Ada beberapa perusahaan asuransi yang hanya menanggung setengah dari kerugian yang ada.

Misalnya saja pada kasus yang dikarenakan kecelakaan-kecelakaan besar ataupun  yang sudah ditetapkan dalam undang-undang.

4. Jenis Asuransi Pendidikan

Macam-macam asuransi lainnya yang ada di Indonesia adalah asuransi pendidikan. Sama halnya dengan asuransi-asuransi sebelumnya, asuransi pendidikan memang cukup populer di kalangan pemegang polis.

Asuransi ini menjadi solusi terbaik yang dapat menjamin pada pendidikan anak. Biaya premi yang ditanggung pemegang polis memang berbeda-beda. tergantung dari tingkatan pendidikan yang akan dicapai nantinya.

Pentingnya pendidikan bagi anak-anak memang menjadi hal yang penting dan menjadi perhatian bagi para orang tua. Terlebih lagi dengan semakin meningkatnya biaya pendidikan serta kondisi ekonomi yang tidak stabil akan sangat mempengaruhi biaya pendidikan anak-anak kedepannya.

Sehingga salah satu solusi yang tepat untuk menjamin pendidikan anak kedepannya adalah dengan asuransi pendidikan.

Baca Juga:  Mengenal Jenis Asuransi Rumah dan Cara Kerjanya

5. Jenis Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti

Jenis asuransi di Indonesia ini bertujuan untuk melindungi pemilik rumah atau properti. Agar terhindar dari kerugian-kerugian yang ada kaitannya dengan tempat tinggal yang mereka asuransikan.

Asuransi ini melindungi kehilangan dan kerusakan dari properti yang dimiliki pihak tertanggung. Termasuk pula melindungi serta memberikan keringanan bila terjadi musibah seperti kebakaran, bencana alam, dan hal lainnya yang menimpa rumah.

6. Jenis Asuransi Bisnis

Asuransi ini memberikan perlindungan pada kerusakan, kehilangan, serta kerugian yang dialami dalam jumlah besar yang terjadi pada bisnis yang berjalan.

Asuransi ini memiliki tujuan untuk memberikan penggantian terhadap kerusakan yang dikarenakan ledakan, kebakaran, gempa bumi, banjir, tabrakan hingga hal-hal lainnya yang merugikan bisnis tersebut.

Biasanya pihak perusahaan asuransi akan menawarkan pilihan manfaat asuransi bisnis, mulai dari perlindungan investasi, perlindungan karyawan, asuransi kesehatan untuk karyawan, hingga asuransi jiwa yang menyeluruh untuk karyawan.

7. Jenis Asuransi Kredit

Asuransi ini menawarkan perlindungan atas resiko yang bisa saja terjadi ketika debitur gagal melunasi fasilitas kartu kredit maupun pinjaman tunai dalam bentuk kredit perdagangan, modal kerja, dan lainnya.

Asuransi ini berkaitan dengan jasa perbankan, khususnya pada hal perkreditan. Kredit adalah pinjaman yang diberikan pihak bank ataupun lembaga keuangan kepada nasabah.

Asuransi kredit ini melindungi pihak bank ataupun lembaga keuangan yang menerbitkan kartu kredit tersebut. Melindungi dari resiko tidak dikembalikannya kredit yang telah dipinjam oleh nasabah.

Selain itu, asuransi ini juga akan memberi pengarahan dan keamanan dalam perkreditan. Sehingga pihak bank tidak akan mengalami kerugian dan lebih aman.

Baca Juga:  Apa Itu Asuransi ACA Otomate? dan Fasilitas Layanannya

Nah itu tadi jenis asuransi di Indonesia yang paling populer. Setiap asuransi tentu saja memiliki fokus nya masing-masing. Anda tinggal memilih yang mana yang cocok, tepat serta sesuai dengan kebutuhan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *