Ini 4 Jenis Asuransi Jiwa Terbaik Untuk Melindungi Keluarga

Jenis Asuransi Jiwa Terbaik – Seiring perkembangan pola pikir dan kebutuhan masyarakat, asuransi jiwa sudah menjadi kebutuhan perlindungan bagi Anda dan keluarga. Beragam risiko yang mengancam di luar sana tentu menjadi pertimbangan akan pentingnya memiliki asuransi jiwa.

Asuransi juga mengikuti perkembangan kebutuhan masyarakat dengan manfaat – manfaat tambahan seperti tabungan dan investasi. Ini dilakukan untuk menjadi daya tarik agar masyarakat tertarik untuk berasuransi.

Asuransi Jiwa Terbaik dan Manfaat

4 Jenis Asuransi Jiwa Yang Perlu Anda Kenali Sebagai Perlindungan Keluarga

Secara umum terdapat 4 jenis asuransi jiwa terbaik yang menjadi acuan perusahaan dalam menawarkan produk asuransi jiwa. Terdapat perbedaan mendasar dalam jenis – jenis asuransi jiwa yaitu jangka waktu, tujuan mendasar dan keunggulan masing – masing.

Jenis – jenis asuransi jiwa terbaik tersebut telah kami jabarkan satu per satu diikuti dengan manfaat atau kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

1. Asuransi Jiwa Berjangka

Jenis asuransi jiwa terbaik yang pertama adalah Asuransi Jiwa Berjangka atau Term Life Insurance. Asuransi jiwa berjangka adalah asuransi yang memberikan jaminan atau perlindungan kepada tertanggung dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Umumnya jangka waktu yang ditawarkan oleh asuransi berlangsung 5, 10, 20 tahun sampai seterusnya. Jika Anda hidup dengan keuangan yang tidak stabil atau kemampuan keuangan yang terbatas namun ingin memiliki asuransi maka pilih jenis asuransi jiwa berjangka.

Salah satu kelebihan jenis asuransi jiwa berjangka dibanding jenis asuransi lainnya adalah menawarkan premi yang tergolong murah. Anda tentu tidak ingin melewatkan kesempatan untuk melindungi Anda dan keluarga dari berbagai macam risiko di luar sana.

Baca Juga:  Ingin Klaim Asuransi Kecelakaan Yang Benar? Begini Caranya

Manfaat Asuransi Jiwa Berjangka

1. Asuransi jiwa berjangka membebaskan Anda sebagai pemegang polis untuk menentukan jumlah premi sesuai dengan keadaan dan kemampuan keuangan Anda. Oleh sebab itu asuransi ini tergolong murah karena disesuaikan dengan kantong Anda.

2. Manfaat yang diterima saat tertanggung meninggal dunia, keluarga atau ahli waris yang ditunjuk akan menerima uang pertanggungan selama polis masih berjalan. Bahkan ahli waris dapat memperoleh uang pertanggungan hingga miliaran rupiah.

Kelemahan Asuransi Jiwa Berjangka

Di samping memiliki manfaat yang menggiurkan pasti diimbangi dengan risiko kerugian yang besar. Walaupun ahli waris atau keluarga kemungkinan mendapat uang pertanggungan yang besar tetapi bisa saja tertanggung malah kehilangan uang premi yang sudah dibayar.

Hal ini dikarenakan dalam asuransi jiwa berjangka dikatakan bahwa jika dalam jangka waktu yang ditentukan tertanggung tidak mengalami masalah kesehatan atau meninggal dunia maka premi yang dibayar akan hangus.

2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Selanjutnya adalah Asuransi Jiwa Seumur Hidup atau Whole Life Insurance. Seperti namanya, asuransi jiwa seumur hidup akan memberikan perlindungan seumur hidup kepada pihak yang tertanggung dengan batas maksimal perlindungan hanya 100 tahun.

Jenis asuransi ini sesuai dengan Anda yang tidak memiliki tanggungan sehingga asuransi ini dapat menjadi perlindungan sekaligus tabungan.

Lebih jelasnya asuransi ini cocok bagi orang yang ingin memiliki perlindungan jiwa dan tabungan saat ada kebutuhan mendesak dan orang yang mau mendapat keuntungan dari modal investasinya.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam asuransi jiwa seumur hidup terbagi lagi menjadi dua jenis sebagai berikut.

Polis Jiwa Langsung atau Straight Life Policy adalah jenis asuransi jiwa seumur hidup yang preminya tetap dibayar hingga tertanggung atau pemegang polis meninggal dunia dengan batas usia 90-100 tahun.

Polis Asuransi Jiwa Seumur Hidup Pembayaran Terbatas atau Limited-Payment Whole Life Policy adalah jenis asuransi jiwa seumur hidup yang melindungi tertanggung seumur hidup tetapi hanya membayar premi dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga:  Apa Itu Asuransi ACA Otomate? dan Fasilitas Layanannya

Secara umum asuransi jiwa seumur hidup memiliki kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut.

Manfaat Asuransi Jiwa Seumur Hidup

1. Jika tidak ada klaim atau tidak terjadi risiko yang ditanggung polis, premi tidak akan hangus. Ini menjadi kelebihan yang membedakannya dari asuransi jiwa berkala.

2. Ketika masa aktif polis sudah berakhir maka uang pertanggungan akan diberikan kepada tertanggung sesuai kesepakatan.

3. Anda sebagai pemegang polis akan mendapatkan nilai tunai sebesar premi yang dibayarkan. Nilai tunai yang diberikan umumnya tidak terlalu besar dikisaran 4% dari nilai tunai per tahunnya.

4. Dengan nilai tunai dari premi yang sudah dibayar, Anda dapat menggunakannya untuk membayar premi selanjutnya.

Kelemahan Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Premi yang tergolong cukup mahal menjadi kelemahan jenis asuransi seumur hidup ini. Beragam kelebihan yang ditawarkan asuransi jiwa seumur hidup tentu  membuatnya memiliki premi yang lebih besar dibanding asuransi jiwa berkala.

Apalagi dengan angka harapan hidup masyarakat dewasa ini di perkotaan tidak mencapai lebih dari usia 80 tahun jadi kemungkinan klaim asuransi akan lebih tinggi sebelum masa polis berakhir.

3. Asuransi Jiwa Dwiguna

Berikutnya adalah Asuransi Jiwa Dwiguna atau disebut Endowment Insurance. Asuransi jiwa dwiguna memiliki gabungan karakteristik dari dua jenis asuransi jiwa sebelumnya yaitu secara berjangka dan tabungan.

Ini merupakan asuransi yang sangat mahal dibanding asuransi sebelumnya seiring dengan double manfaatnya.

Kelebihan Asuransi Jiwa Dwiguna

1. Anda mendapatkan perlindungan secara berjangka dan sekaligus tabungan.

2. Pemegang polis atau tertanggung dapat menarik polis asuransi dalam waktu yang telah ditentukan sebelum masa polis berakhir.

Kelemahan Asuransi Jiwa Dwigana

  • Harga premi yang tergolong mahal dibanding jenis asuransi jiwa lainnya.

4. Asuransi Jiwa Unit Link

Yang terakhir adalah Asuransi Jiwa Unit Link. Jenis asuransi ini sering dipakai oleh banyak perusahaan asuransi karena menawarkan gabungan manfaat antara asuransi dan investasi.

Jika pemegang polis mengalami risiko yang ditanggung dalam polis maka seperti biasanya akan mendapat uang pertanggungan. Namun jika Anda tidak mengalaminya maka akan dijadikan sebagai tabungan dan investasi.

Jika memilih asuransi jiwa unit link dibutuhkan perencanaan yang baik kapan dana akan ditarik untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Jenis asuransi ini tentu menjanjikan tetapi untuk lebih jelasnya sebaiknya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangannya untuk menjadi bahan pertimbangan dalam memilih jenis asuransi.

Kelebihan Asuransi Jiwa Unit Link

1. Tertanggung atau pemegang polis akan mendapatkan perlindungan sesuai dengan kesepakatan yang tertera dalam polis.

2. Selain perlindungan, tertanggung juga mendapat imbal hasil investasi bahkan dengan bunga yang cukup tinggi.

Kekurangan Asuransi Jiwa Unit Link

1. Uang pertanggungan yang akan didapatkan kemungkinan rendah disesuaikan dengan investasi apakah menghasilkan keuntungan yang besar atau malah kecil.

2. Jika Anda mencari keuntungan dari investasi yang ditawarkan asuransi ini, sebaiknya Anda memilih asuransi murni. Hal ini dikarenakan imbal baliknya kurang signifikan dibanding investasi murni.

Baca Juga:  5 Perusahaan Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Sekian mengenai jenis-jenis asuransi jiwa yang perlu Anda kenali sebagai perlindungan masa depan dan semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *