Jenis Investasi Hewan Ternak Menjanjikan Dengan Modal Kecil

Jenis Investasi Hewan Ternak – Indonesia merupakan Negara yang memiliki iklim yang baik untuk kegiatan investasi hewan ternak. Ini karena kebutuhan akan daging untuk di konsumsi sehari – hari kian hari kian meninggkat saja. Kenapa harus daging? Ini karena peminatnya adalah kalangan menengah ke atas dan juga persaingan usaha ternak ini masih bisa di bilang minim pesaing.

Ini dibuktikan dengan adanya import daging dari luar Negeri untuk kebutuhan konsumsi daging masyarakat Indonesia. Import daging terjadi karena permintaan yang cukup tinggi di pasaran dan para peternak di tanah air tidak mampu mencukupi permintaan pasar akan daging yang cukup tinggi ini dan berkualitas tentunya.

Hal ini tak jarang menjadi sebuah dilema di masyarakat karena harga daging sering sekali mengalami kenaikan yang cukup signifikan karena harga perkilo nya bisa menembus diatas Rp. 100.000. Banyaknya kandungan gizi yang baik yang ada pada daging membuatnya menjadi jenis lauk favorit dimasyarakat Indonesia dan juga banyaknya pedagang yang menggunakan daging sebagai bahan baku utama jualan mereka.

Jenis Investasi Hewan Ternak Menjanjikan Dengan Modal Kecil

Jenis Investasi Hewan Ternak Menjanjikan Dengan Modal Kecil

Hewan ternak memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi karena ini merupakan kebutuhan hidup sehari – hari untuk dikonsumsi meski tidak semua masyarakat kita mampu membeli daging setiap hari sebagai lauknya. Meskipun untuk hewan ternak sendiri ada banyak jenisnya seperti, ternak kambing, ternak sapi, ternak kelinci, ternak domba, ternak kerbau, ternak ikan lele, ternak ikan gurami, ternak ikan bandeng, ternak bebek dan masih banyak yang lainnya.

Tetapi tidak semua daerah dan kota yang ada di Indonesia memiliki peternak yang bisa mencukupi kebutuhan akan jenis pangan yang satu ini. Kegiatan beternak jika digeluti dengan profesional maka akan bisa menjadi sebuah jenis investasi hewan ternak yang menguntungkan tentunya.

Usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil

Berbicara mengenai usaha ternak tidak lepas dari yang namanya modal usaha. Banyak orang yang tidak berani menjadi seorang pengusaha mandiri karena terbentur tidak punyanya modal yang dibutuhkan.

Tetapi tahukah Anda jika untuk terjun usaha ternak hewan tidaklah harus membutuhkan modal usaha yang besar. Kali ini penulis akan mengulas beberapa usaha ternak yang menjanjikan dengan modal yang kecil tentunya.

1. Ternak Ayam

Daging ayam merupakan komoditas pangan yang dibutuhkan oleh masyarakat kita sehari – hari. Kebutuhan daging ayam yang selalu meningkat dan dengan harganya yang stabil sehingga menjadi primadona baru untuk ditekuni secara profesional.

Untuk memulai usaha ternak ayam modal yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar. Nominalnya masih di bawah 20 jutaan untuk memulai usaha ternak ayam. Modal tersebut untuk pembuatan kandang, pembelian bibit ayam dan pakan serta biaya operasional

2. Ternak Bebek

Bebek saat ini menjadi primadona menu masakan yang banyak dijajakan di pinggir jalan ini karena rasa daging bebek memiliki rasa yang khas yang tidak terdapat pada daging ayam dan daging sapi / kambing sekalipun. Jika Anda tertarik memulai usaha ternak bebek ada baiknya Anda memiih lokasi yang dekat dengan rawa – rawa .

Karena bebek bisa mendapatkan asupan makanan aslinya di alam dan bebek cepat gemuk sehingga cepat kembali modal tentunya. Ini karena nafsu makan bebek yang cenderung rakus jika dibandingkan Anda beternak ayam.

3. Ternak Kambing

Jenis investasi hewan ternak kambing saat ini kian digemari karena tren masyarakat yang melakukan Aqiqah buat buah hati mereka yang baru lahir tak ayal membuat banyak sekali bermunculan jasa penyedia daging kambing untuk Aqiqah.

Daging yang dibutuhkan untuk Aqiqah kebanyakan adalah daging dari kambing jantan karena menurut hukum Islam jika anak yang di Aqiqoh itu laki – laki maka harus menyembeli 2 ekor kambing jantan. Anda bisa bekerja sama dengan para pemilik jasa Aqiqah sebagai penyuplai daging kambing yang mereka butuhkan. Dengan demikian Anda tidak perlu lagi mencari calon pembeli setiap harinya.

Untuk harga kambing pun Anda bisa melakukan kesepakatan dengan pihak pemilik jasa Aqiqoh. Apakah harga kambing dinilai dari berat tubuh kambing atau dinilai dari daging nya. Setelah dilakukan penimbangan semua tergantung kesepakatan Anda Bagaimana. Baca Juga: 4 Pilihan Investasi Jangka Pendek Yang Menguntungkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *