Jenis Investasi Jangka Pendek Paling Menguntungkan

Jenis Investasi Jangka Pendek – Investasi adalah salah satu kegiatan dan ativitas yang berkaitan dengan finansial dan ekonomi. Secara garis besar kegiatan ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari kegiatan tersebut. Saat ini untuk jenis bisnis investasi sendiri sangat banyak.

Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan kesesuaian budget yang anda miliki. Salah satunya kegiatan yang banyak dilakukan sebagian investor adalah investasi jangka pendek.

Jenis Investasi Jangka Pendek Paling Menguntungkan

Jenis Investasi Jangka Pendek Paling Menguntungkan

Jenis Investasi Jangka Pendek apa saja yang paling menguntungkan? Berikut anda bisa simak ulasan beberapa jenis investasi jangka pendek yang bisa anda jalankan.

Investasi Jangka Pendek Deposito

Investasi deposito merupakan salah satu bentuk investasi yang disediakan oleh pihak bank. Bentuknya adalah dengan menyimpan dana nasabah yang masuk dalam jenis tabungan berjangka. Investasi dalam bentuk deposito tidak diambil setiap saat, namun waktu berjangka yang ditentukan tidak terlalu lama.

Pihak bank menawarkan jangka waktu yang bervariasi, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 5 bulan, 12 bulan, atau bahkan 24 bulan. Masing – masing bank penyedia deposito menawarkan suku bunga yang kompetitif bagi investor nya.

Pembayaran bunga di sistem deposito dilakukan hanya pada akhir periode investasi. Hal ini berbeda dengan sistem bunga di tabungan biasa, dimana penghitungan nya dilakukan tiap hari dan biasanya dibayarkan tiap akhir bulan kepada pihak yang menabung.

Dengan adanya sistem itu, anda bisa memperkirakan dengan mudah bunga yang akan diterima pada tiap akhir periode investasi deposito. Bunga deposito yang diperoleh merupakan hasil dari sejumlah uang yang di investasikan sebelumnya.

Namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa uang yang di investasikan akan kalah jika terjadi inflasi dalam waktu – waktu tertentu.

Persiapan Sebelum Investasi Deposito

Sebelum memulai melakukan investasi deposito, sebaiknya pelajari terlebih dahulu perbedaan nya dengan tabungan biasa agar anda bisa lebih memahami berapa suku bunga deposito yang akan diperoleh dari jumlah dana yang anda investasikan.

Keuntungan dari investasi deposito adalah salah satunya dari segi bunga. Bunga yang diterima pada investasi deposito pada umumnya lebih besar dari tabungan biasa, yaitu kisaran tiga sampai tujuh persen.

Selain itu investasi deposito juga tidak memberikan biaya administrasi, sehingga uang yang anda simpan tidak akan berkurang sepeser pun. Penyimpanan uang di deposito juga terbilang aman karena dilindungi oleh Lembaga Penjamin Simpanan.

Namun patut diingat juga jumlah uang yang ada dibawah perlindungan LPS dibatasi sampai 2 miliar saja. Penggunaan deposito sebagai jaminan untuk mengajukan kredit ke bank juga bisa dilakukan.

Dan yang terakhir adalah syarat yang diperlukan cukup mudah untuk membuka deposito, yaitu rekening bank, kartu identitas diri dan materai yang digunakan ketika akan membuka ataupun menarik deposito.

Baca Juga:  Mengenal Jenis Investasi yang Berbahaya, Agar Lebih Waspada

Jenis Investasi Jangka Pendek Komoditas

Jenis Investasi Jangka Pendek Paling Menguntungkan

Investasi dalam bentuk komoditas atau barang merupakan suatu kegitan penyimpanan dana atau investasi dalam bentuk barang. Barang yang pada umumnya bisa dijadikan investasi adalah:

  • Perhiasan logam mulia ( berupa emas dan perak)
  • Batu permata atau berlian

Investasi dalam bentuk emas merupakan yang paling digunakan karena ketersediaan nya serta dapat mengalami kenaikan harga seiring waktu yang berjalan setelah pembelian. Meskipun begitu ketersediaan nya batu permata juga banyak ditemukan dan harga nya berubah- ubah.

Namun dalam segi kepopuleran investasi emas lebih banyak digemari oleh masyarakat umum maupun investor berpengalaman.

Bentuk investasi dalam bentuk barang bisa dibilang lebih aman karena harganya yang stabil dan bahkan cenderung naik mengikuti inflasi. Hal ini tentunya berbeda jika investasi dilakukan dengan uang.

Selain dua barang berharga diatas, investasi dalam bentuk komoditas juga bisa dilakukan dengan salah satu bahan tambang yang cukup populer yaitu minyak. Kita sama – sama mengetahui bahwa harga minyak dunia juga dapat berubah – ubah.

Tempat Bisnis Investor Komoditi

Lalu dimana para investor komoditi menjalankan bisnisnya? Perdagangan online yang dimaksud seperti apa? Mereka melakukan semua itu di bursa komoditi. Sama halnya saham, komodit pun memiliki bursa yang menjadi lahan bisnis bagi para investor.

Di bursa komoditi tidak hanya minyak saja namun juga terdapat minyak kelapa sawit, jagung, kopi, kakao dan masih banyak lagi. Semua komoditi tersebut dibutuhkan secara global sehingga dalam hal ini penentuan harganya pun diberlakukan secara global.

Namun untuk komoditi yang tidak masuk ke dalam kebutuhan global seperti cabai, maka harga nya pun tidak diberlakukan secara global. Jika untuk saham ada Bursa Efek Indonesia (BEI) dan NYSE (New York Stock Exchange).

Sedangkan untuk komoditi ada bursa Komoditi seperti Chichago Board Of Trade (CBOT) yang ada di Amerika Serikat, Intercontinal Exchange (ICE) dan di Indonesia ada Bursa Berjangka Jakarta (BBJ).

Baca Juga:  Ingin Sukses Investasi Properti ? Lakukan 7 Langkah Ini

Saham atau reksadana

Resiko Investasi Reksadana Yang Umum Dialami Investor

Jenis Investasi Jangka Pendek ini mungkin pada umumnya dilakukan oleh pebisnis kelas atas, namun hal itu sudah tiak berlaku lagi. Di zaman yang modern ini mulai banyak kalangan menengah yang ikut juga menjalankan bisnis saham untuk memutarkan keuangannya.

Maksud dari reksadana adalah dana yang dikumpulkan dan selanjutnya dikelola untuk membeli saham, obligasi, atau instrumen keuangan lainnya. Perbedaan antara reksadana dengan saham adalah terletak pada besaran investasi yang tidak terlalu besar.

Sistem Jenis Investasi Jangka Pendek Saham atau Reksadana

Sistemnya pun cukup sederhana karena kita hanya perlu menaruh sejumlah modal yang dipercayakan kepada pihak lain yang lebih profesional untuk keperluan membeli saham.

Sistem yang mudah ini membuat anda tidak repot dalam memilih saham atau obligasi yang harus beli. Berbagai kemudahan yang diberikan mendorong semua lapisan masyarakat untuk mencoba investasi  yang satu ini.

Bahkan di negara – negara yang tergolong maju hampir setiap warga yang sudah mengenyam bangku pendidikan mulai dari golongan remaja sampai ibu – ibu rumah tangga sudah mengikuti investasi saham atau reksa dana.

Hal itu juga di dorong dengan perkembangan teknologi internet yang semakin canggih sehingga kegiatan bisnis saham bisa dijalankan dari rumah hanya dengan di fasilitasi komputer dan internet. Dibawah ini adalah beberapa keuntungan dari investasi saham atau reksa dana.

  • Pengembalian bisa dilakukan dalam waktu cepat dan hasilnya sangat baik.
  • Minim risiko, sehingga keuntungan yang akan diperoleh bisa diprediksi dengan mudah
  • Karena memiliki nilai kecil memang tidak serta merta akan memberikan hasil yang signifikan akan tetapi setidaknya bisa penghasilan yang diperoleh bisa berkesinambungan.

Itu adalah macam – macam investasi yang seringkali dianggap paling menguntungkan dan sangat cocok bagi anda investor pemula. Yang terpenting adalah harus ada kemauan dan kerja keras karena setiap usaha yang dilakukan tidak akan langsung berhasil.

Baca Juga:  4 Peringatan Penting Sebelum Main Forex Agar Sukses

Bahkan banyak para investor yang harus mengalami rugi terlebih dahulu sebelum akhirnya berhasil dan mendapatkan banyak keuntungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *