in

Jenis-Jenis Investasi yang Sangat Populer di Indonesia

Sekarang ini Anda tidak perlu khawatir untuk mulai berinvestasi hanya karena tidak memiliki jumlah uang yang banyak. Karena dengan berbagai jenis investasi yang ada sekarang ini, investasi tidak membutuhkan uang ratusan juta hingga milliaran rupiah. Dengan modal seratus ribu rupiah pun Anda bisa mulai untuk berinvestasi.

Namun, kembali lagi pada prinsip berinvestasi, sebelum mulai berinvestasi Anda harus menentukan tujuan investasi Anda, dan mengetahui investasi mana yang cocok untuk Anda. Bagi orang yang mungkin sudah berpengalaman dan memiliki kelebihan dana yang cukup mungkin bisa menempatkan dananya pada instrumen investasi yang memiliki tingkat risiko tinggi.

Tapi, bagi Anda yang merupakan investor pemula, ada baiknya mencoba investasi melalui produk investasi yang memiliki tingkat risiko yang terukur. Sebab, keuntungan dari berinvestasi bersifat tidak tetap dan dipengaruhi oleh berbagai faktor ekonomi.

Jenis-Jenis Investasi yang Populer di Indonesia

Berikut jenis-jenis investasi yang ada di Indonesia:

1. Investasi saham

Perbedaan Investasi Saham dan Reksa Dana Saham

Investasi saham merupakan salah satu instrumen investasi yang memiliki tingkat risiko yang tinggi. Sebab, pergerakan harga saham bersifat fluktuatif. Jadi, Anda harus dengan cermat memilih saham mana yang prospektif. Dengan kata lain, keuntungan yang diperoleh dari jenis investasi ini bersifat tidak pasti. Atau yang lebih dikenal dengan “high risk high return”.

Artinya, dengan tingkat risikonya yang tinggi, juga memungkinkan bagi Anda untuk memiliki keuntungan yang tinggi pula, atau justru sebaliknya. Namun, selain dari selisih harga, Anda juga dapat memperoleh keuntungan deviden. Karena membeli saham sama halnya dengan Anda membeli kepemilikan suatu usaha atas perusahaan yang sahamnya diperdagangkan tersebut.

Sehingga Anda yang membeli saham termasuk dalam pemegang saham tersebut dan berhak atas pembagian dividen jika perusahaan tersebut mencatatkan keuntungan. Bagaimana pembagiannya? Selain berdasarkan jumlah saham yang Anda beli, pembagian dividen juga akan tergantung dari keputusan yang dibuat dalam rapat umum pemegang saham yang dilaksanakan setiap tahunnya.

2. Investasi obligasi

Investasi Obligasi, Apa Saja Keuntungan dan Kerugiannya?

Investasi obligasi juga merupakan jenis investasi yang menguntungkan. Anda bisa memperoleh keuntungan dari bunga obligasi, atau yang disebut dengan istilah kupon dan kenaikan harganya. Biasanya, obligasi atau surat utang dikeluarkan oleh perusahaan swasta maupun pemerintah untuk mendapatkan tambahan dana alias pinjaman dari para investor.

Ini akan digunakan sebagai tambahan modal usaha ataupun perluasannya, dan proyek yang tengah dikerjakannya. Karena itu, Anda juga perlu mencermati faktor risiko terjadinya gagal bayar oleh perusahaan dengan menganalisis terlebih dahulu kinerja dan bisnis yang dikembangkan oleh perusahaan.

3. Investasi Reksadana

Cara Investasi Reksadana Paling Mudah dan Menguntungkan

Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang dapat Anda pilih. Produk investasi reksadana ini pun ada berbagai macam jenisnya, yaitu reksadana pendapatan tetap, reksadana pasar uang, reksadana saham, dan reksadana campuran. Dari keempat produk tersebut, Anda bisa memilih produk mana yang sesuai dengan Anda.

Anda pun tidak perlu khawatir, karena dana yang Anda investasikan pada produk reksadana akan dikelola oleh manajer investasi dari perusahaan investasi yang Anda tunjuk. Jadi, meskipun Anda termasuk investor pemula yang belum memiliki pengalaman, Anda bisa memulai berinvestasi melalui produk reksadana. Dan menariknya, investasi reksadana bisa dimulai dengan hanya seratus ribu rupiah.

4. Investasi valas

Jenis-Jenis Investasi yang Sangat Populer di Indonesia

Investasi valas atau investasi mata uang asing merupakan salah satu jenis investasi yang juga bisa Anda pilih. Apalagi jika Anda termasuk orang yang senang berspekulasi dan ingin mengambil keuntungan cepat. Anda bisa memperoleh keuntungan dari selisih harga kurs yang dicatatkan mata uang asing tersebut.

Jadi, Anda harus dapat memahani terlebih dahulu apa yang dimaksud kurs jual dan kurs beli. Kurs jual merupakan nilai yang ditawarkan oleh bank ataupun tempat penukaran mata uang asing (money changer) untuk melakukan penjualan valas atau dolar. Sementara kurs beli merupakan nilai yang ditawarkan oleh bank ataupun money changer untuk melakukan pembelian atas dolar yang Anda miliki.

5. Investasi emas

Tips Cara Investasi Emas Batang

Investasi emas menjadi salah satu jenis investasi yang banyak dilirik. Investasi ini dinilai memiliki nilai keuntungan yang lebih terukur dan sangat menjanjikan. Investasi ini tentu cocok bagi Anda yang tidak ingin mengambil risiko tinggi dalam berinvestasi, dan sangat mudah untuk dilakukan oleh siapa pun. Anda dapat membeli emas kemudian menyimpannya sendiri, ataupun membelinya melalui perusahaan perbankan sebagai suatu instrumen investasi.

Selain itu, Anda juga dapat menjadikan emas sebagai jaminan ketika Anda membutuhkan dana untuk keperluan yang mendesak. Namun, tetap saja Anda harus dapat menyimpan emas tersebut pada tempat yang aman.

6. Properti

Pahami Sebelum Aksi! Kelebihan dan Kekurangan Investasi Properti

Salah satu jenis investasi yang juga banyak dipilih oleh orang Indonesia adalah investasi properti, baik dalam bentuk rumah, apartemen, maupun ruko dan sejenisnya. Terlebih harga properti mengalami kenaikan setiap tahunnya, bahkan untuk di kota-kota besar seperti Jakarta atau Surabaya, harganya bisa mengalami kenaikan berkali kali lipat.

Investasi ini juga bisa memungkinkan Anda untuk memperoleh pendapatan yang berulang (recuirring income), yaitu dengan menyewakannya kepada orang lain. Jadi, Anda tidak harus menjualnya untuk memperoleh tambahan dana. Meski begitu, berinvestasi pada jenis investasi ini tentunya tidak sedikit. Butuh ratusan juta hingga milliaran rupiah.

Written by Zonkeu

Suka mencoba hal baru penuh tantangan yang memaksa otak untuk selalu berfikir keras

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Apa Saja Kelebihan Asuransi Mobil ACA? 4 Hal Ini Sebaiknya Anda Tahu!

Apa Saja Kelebihan Asuransi Mobil ACA? 4 Hal Ini Sebaiknya Anda Tahu!

Syarat dan Prosedur Cara Klaim Asuransi Mobil di ACA

Syarat dan Prosedur Cara Klaim Asuransi Mobil di ACA