in

Apa Saja Kelebihan Asuransi Mobil ACA? 4 Hal Ini Sebaiknya Anda Tahu!

Apa Saja Kelebihan Asuransi Mobil ACA? Penawaran asuransi mobil biasanya dilakukan oleh pihak dealer saat Anda membeli mobil baru di dealer mobil tersebut. Karena itu, tidak sedikit pemilik mobil yang mungkin belum mengerti mengenai kelebihan dari suatu produk asuransi mobil. Apalagi bagi mereka yang tidak mau ambil pusing, sehingga mempercayakan asuransi mobilnya kepada pihak dealer.

Alhasil, asuransi mobil yang dimilikinya adalah asuransi yang dipilih dan disodorkan dari pihak dealer. Hal tersebut tentu saja tidak salah. Namun, perlu Anda sadari bahwa segala sesuatu memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak terkecuali untuk produk asuransi mobil. Pasalnya, tawaran asuransi dari pihak dealer semata-mata dilakukan untuk produk asuransi mobil dari perusahaan asuransi yang bekerjasama dengan dealer tersebut.

Untuk itulah, Anda perlu mempelajari dengan cermat manfaat, atau perlindungan yang Anda peroleh dari kepemilikan sebuah produk asuransi, khususnya yang terkait produk asuransi mobil yang akan Anda ambil. Umumnya, asuransi mobil memberikan perlindungan atas kerusakan sebagian maupun keseluruhan, atau kerusakan total mobil Anda.

Hal ini tentu bergantung dari jenis asuransi mobil yang Anda pilih. Meski banyak pilihan paket yang ditawarkan, biasanya asuransi mobil memiliki dua jenis perlindungan, yaitu asuransi mobil all risk (gabungan) dan asuransi mobil total loss only (TLO).

Baca Juga: Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan Total Loss Only (TLO)

Kelebihan Asuransi Mobil ACA

Apa Saja Kelebihan Asuransi Mobil ACA? 4 Hal Ini Sebaiknya Anda Tahu!

Manfaat dasar dan biaya premi

Di samping memberikan perlindungan dasar tersebut, perusahaan asuransi mobil biasanya juga menawarkan perluasan perlindungan atau manfaat tambahan dalam produk asuransi mobilnya. Di sinilah diperlukan perhitungan yang sama cermatnya dengan menghitung untung rugi bisnis Anda. Perhitungan tersebut mencakup biaya premi, nilai uang pertanggungan, dan jaminan atau perlindungan yang bisa Anda dapatkan.

Baca Juga: Biaya Asuransi Mobil All Risk ACA, Apa Saja Yang Ditanggung?

Ketiga hal inilah yang menjadi komponen penting dalam pemilihan asuransi mobil, di samping bengkel rekanan yang tergabung dengan pihak asuransi tersebut. Nah, untuk mengetahui mahal murahnya biaya premi. Besaran nilai pertanggungan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, Anda dapat membandingkan ketentuan tersebut dengan ketentuan yang telah diatur dalam Surat Edaran OJK Nomor 06/SEOJK.05/2017.

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kalau biaya premi yang dikenakan kepada Anda terbilang mahal. Selain itu, bandingkan biaya premi tersebut dengan manfaat atau perlindungan yang diberikan oleh pihak asuransi; Apakah manfaat asuransi mobil tersebut sebanding dengan dana yang Anda keluarkan.

Pasalnya, tujuan dari kepemilikan asuransi adalah untuk mengalihkan risiko kerugian Anda atas kerusakan atau kehilangan mobil dari premi yang dibayarkan. Jadi, ketika manfaat asuransi mobil tersebut tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan, Anda dapat memilih produk asuransi mobil lainnya. dimaksudsama dengan mengalihkan risiko pemilik mobil pada perusahaan asuransi yang telah dipilih.

Contoh, jika mobil Anda mengalami kecelakaan, atau tabrakan dengan kendaraan lain di jalan, apakah kerugian tersebut akan dijamin oleh pihak asuransi, dan seberapa mudah proses ganti rugi atau klaim dari pihak asuransi tersebut. Selain itu, apakah perusahaan asuransi juga menyediakan layanan gawat darurat yang mudah diakses dalam 24 jam?

Tanyakan segala hal yang terkait dengan manfaat asuransi tersebut secara detil oleh pihak asuransi. Karena pada dasarnya, memiliki asuransi dimaksudkan agar Anda tidak lagi keluar biaya berlebih saat mobil rusak sebagian, atau bahkan rusak total. Dengan kata lain, selain manfaat utama, perusahaan asuransi sejatinya juga memberikan manfaat tambahan yang menjadi keunggulan atau kelebihan perusahaan asuransi mobil tersebut.

Baca Juga: Mengenal Jenis Asuransi Mobil di Indonesia Yang Populer

Kelebihan asuransi mobil ACA

Syarat dan Prosedur Cara Klaim Asuransi Mobil di ACA
Image Via: https://klikasuransiaca.com/

Untuk asuransi mobil ACA misalnya. Perusahaan ini memberikan beberapa layanan istimewa yang menjadi kelebihan asuransi mobil ACA, antara lain:

1. Layanan mobil ganti

Layanan mobil ganti bertujuan agar Anda tidak perlu membatalkan perjalanan ketika mobil yang Anda pergunakan rusak, atau mengalami kecelakaan dan harus diperbaiki selama lebih dari 48 jam. Bantuan mobil ini akan diberikan hingga kendaraan Anda selesai diperbaiki, atau maksimal 5×24 jam.

2. Layanan mobile claim

Mobile claim dapat menjadi solusi Anda akan langsung mendatangi lokasi Anda untuk melakukan survei atas kerusakan yang terjadi. Layanan mobil ini juga termasuk dalam asuransi mobil ACA Otomate.

3. Bengkel rekanan yang tersebar di berbagai lokasi

Jumlah rekanan bengkel asuransi mobil ACA dinilai cuku banyak, bahkan ada sekitar 80 bengkel rekanan yang tersebar di berbagai lokasi di jabodetabek maupun di luar kota. Hal ini tentu akan memudahkan Anda untuk memperoleh bantuan perbaikan jika mobil Anda rusak.

Selain itu, Anda juga memperoleh garansi perbaikan untuk mobil Anda. Garansi perbaikan ini berlaku selama 6 bulan sejak kendaraan keluar bengkel, dan perbaikan yang dilakukan oleh bengkel rekanan tersebut terbukti tidak memenuhi standar.

4. New for Old

Salah satu kelebihan asuransi mobil ACA adalah pada layanan ACA Otomate yang memberikan ganti rugi atas mobil yang mengalami kerusakan total atau hilang. Khususnya jika mobil Anda terbilang kendaraan yang 100% baru, yang berusia kurang atau sama dengan enam bulan sejak tanggal pembelian.

Lepas dari kelebihan yang disebutkan di atas, ada baiknya Anda menanyakan informasi tersebut kepada perusahaan asuransi yang bersangkutan. Hal ini tidak hanya untuk meyakinkan Anda. Namun juga untuk memastikan bahwa layanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut benar adanya. Baca: Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk ACA Yang Benar

Written by Zonkeu

Suka mencoba hal baru penuh tantangan yang memaksa otak untuk selalu berfikir keras

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Mengenal Jenis Investasi yang Berbahaya, Agar Lebih Waspada

Mengenal Jenis Investasi yang Berbahaya, Agar Lebih Waspada

Jenis-Jenis Investasi yang Sangat Populer di Indonesia

Jenis-Jenis Investasi yang Sangat Populer di Indonesia