Kelebihan dan Kekurangan KTA Yang Perlu Anda Ketahui

Kelebihan dan Kekurangan KTA – Semakin berkembangnya dunia seperti saat sekarang ini, kebutuhan akan dana juga semakin banyak dibutuhkan baik itu sebagai modal usaha maupun untuk keperluan pribadi dengan tujuan agar kebutuhan semua bisa terpenuhi.

Hal ini tidak akan menjadi pesoalan bagi yang ada aset yang bisa di agunkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Namun yang menjadi permasalahannya jika anda tidak ada aset yang bisa diagunkan di Bank guna mendapatkan dana yang anda perlukan.

Kelebihan dan Kekurangan KTA Yang Perlu Anda Ketahui

Nah disini peran Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk mengatasi dan menjadi solusi dalam menyelesaikan permasalahan untuk mendapatkan dana yang harus anda penuhi atau butuhkan. Meskipun terdapat Kelebihan dan Kekurangan KTA. Kredit Tanpa Agunan merupakan Produk pinjaman bank yang diberikan bank kepada nasabah tanpa meminta agunan atau jaminan dari debitur.

Kelebihan dan Kekurangan KTA Yang Perlu Anda Ketahui

Beda dengan kredit Multiguna yang mengharuskan anda memiliki aset yang di agunkan. Jika Anda tertarik untuk menggunakan KTA. Sedikit informasi ini bisa menjadi pertimbangan anda dalam menggunakan Kredit Tanpa Agunan. Ingin Tahu Apa saja Kelebihan dan Kekurangan KTA , beikut ulasannya.

Kelebihan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Seperti yang sudah kita tahu bahwa dalam suatu produk yang dikeluarkan oleh Bank sudah barang tentu memiliki kelebihan, hal ini agar bisa menarik minat nasabah untuk menggunakannya.

Begitu juga dengan Kredit Tanpa Agunan mempunyai kelebihan yang bisa anda manfaatkan guna untuk memenuhi kebutuhan dana yang anda perlukan diantaranya adalah:

1. Persyarata KTA Lebih Mudah

Kredit Tanpa Agunan tentu saja kredit ini diberikan tanpa ada syarat pengajuan agunan dari calon debitur kepada kreditur. Hal tersebut tentu sangat membantu sekali bagi nasabah untuk mendapatkan kredit di bank tanpa harus memilik aset untuk di Agunkan.

Jadi produk ini bisa anda manfaatkan untuk bisa mendapatkan Rumah bagi yang belum memiliki rumah atau barang lainnya yang bisa anda dapatkan dengan pendanaan dari kredit tanpa agunan.

Untuk mendapatkan Kredit tanpa Agunan tidak banyak dokumen yang diperlukan. Pihak bank biasanya hanya meminta fotokopi KTP, kartu keluarga, dan catatan pembayaran kartu kredit bulan terakhir, dan mengisi formulir.

Untuk mendapatkan formulir kadang bank tertentu sudah menyediakan secara online yang bisa langsung anda download di web Bank bersangkutan, jadi bisa lebih mudah dan cepat.

Baca Juga:  Daftar Bank di Indonesia Lengkap Dibagi Per Bagian

2. Waktu Pencairan Cepat

Salah satu Kelebihan KTA ini bisa digunakan untuk keperluan dana yang mendesak (darurat), Karena bank tidak memerlukan agunan apa pun dari debitur. Sehingga prosesnya lebih cepat dan dana bisa langsung cair dalam waktu 2-3 hari.

Tentu saja, hal tersebut bisa terjadi yang penting syarat-syarat yang diperlukan bisa anda terpenuhi. Bagi orang yang sedang membutuhkan pinjaman cepat. Tentu Kredit tanpa agunan ini bisa menjadi pilihan tepat dan sangat membantu sekali.

3. Hampir Tiap Bank Menawarkan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Saat ini untuk mendapatkan Kredit Tanpa Agunan sudah terbilang sangat mudah. Karena hampir semua Bank sudah menawarkan kredit tanpa agunan yang bisa digunakan untuk anda yang memerlukan dana mudah dan cepat.

Seperti yang kita tahu banyak bank yang mempromosikan produk ini. Oleh karena itu, ketika anda sedang butuh KTA. Anda tinggal menentukan dana pinjaman yang akan dipinjam dan bisa langsung mendatangi lembaga keuangan yang ada.

Karena banyak Bank yang menyediakan sehingga ini sangat menguntung bagi anda karena bisa membandingkan mana yang lebih mengguntungkan bagi anda yang bisa dipilih.

Baca Juga:  Cara Mengurus ATM Hilang Dengan Beberapa Langkah Mudah

Kekurangan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Kekurangan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Selain memiliki kelebihan Sebagai sebuah produk, kredit tanpa agunan tentunya memiliki sejumlah kekurangan. Sehingga dalam beberapa kondisi produk KTA tidak bisa digunakan secara maksimal untuk keperluan anda. Adapun Kekurangan Kredit Tanpa Agunan adalah:

1. Bunga Kredit Tanpa Agunan  Relatif Tinggi

Kekurangan yang dimiliki Kredit Tanpa Agunan biasanya bunga yang ditawarkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan kredit multiguna. Hal ini disebabkan karena produk ini tidak menyertakan jaminan sebagai salah satu kelengkapan persyaratannya.

Sehingga hal ini yang membuat bunga dibebankan kepada kreditor menjadi tinggi. Tentunya, hal ini akan sedikit memberatkan Anda ketika dalam proses pembayaran angsuran perbulannya.

2. Harus Memiliki Kartu Kredit

Biasanya yang sering memberatkan untuk bisa mendapatkan Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah diharusnkannya memiliki Kartu Kredit. Nah ini yang sering membuat orang gagal untuk mendapatkan Kredit Tanpa Agunan di bank.

Karena ini menjadi salah satu syarat wajib dipenuhi yang diberikan oleh bank dan minimal telah menggunakan kartu kredit selama 1 tahun. Kalaupun tidak menggunakan kartu kredit, Anda mesti menjadi pengguna layanan payroll bank tersebut.

Kebanyakan orang tidak mengetahui kekurangan ini. Meski persyaratan lainnya relatif mudah, namun hal ini mesti diingat karena sangat krusial dalam proses untuk mendapat persetujuan KTA.

3. Limit Kecil dan Masa Tenor Relatif Pendek

Kekurangan selanjutnya untuk kredit tanpa agunan bank pada umumnya hanya menawarkan produk kredit tanpa agunannya dengan limit sampai Rp 200 juta. Karena tidak sebesar limit Kredit Multiguna yang bisa disesuaikan dengan harga aset yang anda aguankan.

Pemberian limit KTA biasanya dilihat dari limit kartu kredit yang dimiliki calon debitur yang bersangkutan. Dengan limit yang kecil tersebut sehingga untuk masa tenor dibuat lebih pendek, Sehingga jumlah cicilan yang harus dibayar menjadi sedikit lebih besar.

Meskipun Kredit Tanpa Agunan (KTA) memiliki kekurangan, namun hal bisa juga memberi manfaat yang sangat besar, terutama bagi yang membutuhkan dana dalam waktu cepat. Tentunya jika anda bisa menggunakan dengan bijak.

Sebaiknya anda mencari produk KTA dari bank atau lembaga lain yang sudah terpercaya karena memiliki risiko yang lebih kecil. Untuk mengantisifasi hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya anda memilih KTA di lembaga keuangan yang kredibel agar bisa meminimalir hal-hal merugikan.

Baca Juga:  Buku Tabungan Hilang? ini Syarat, Biaya Yang Harus Dipersiapkan

Itu tadi ulasan mengenai Kelebihan dan Kekurangan KTA, semoga dengan mengetahuinya bisa menjadi pertimbangan anda sebelum memutuskan untuk mengambil kredit tampa agunan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *