Kelebihan dan Kekurangan Mobile Banking, Sebaiknya Anda Tahu!

Kelebihan dan Kekurangan Mobile Banking – Pesatnya jumlah pengguna smartphone dimanfaatkan betul oleh perbankan untuk memperbaiki layanan kepada nasabah. Pasti anda masih ingat betul bagaimana susahnya melalukan transaksi di bank bertahun-tahun yang lalu.

Penerapan sistem bisnis yang masih tradisional membuat nasabah merasa susah untuk melakukan trasaksi seperti pembayaran, transfer uang, atau hal lainnya. Dengan adanya mobile banking semua hambatan dalam transaksi konvesional sudah dapat di atasi dengan mudah.

Manfaat Mobile Banking dalam Bertransaksi

Meskipun memiliki banyak manfaat kemudahan yang di dapat, anda sebagai pengguna Mobile Banking tetap dituntut untuk selalu bijaksana dalam penggunaanya. Kita tahu Grafik pengguna samrtphone terus meningkat tajam dalam beberapa tahun belakangan ini.

Selain mempengaruhi cara berkomunikasi jarak jauh, dunia perbankan turut merasakan efek dari meningkatnya jumlah pengguna smartphone. Lokasi bank yang jauh dan juga antrian panjang di bank menjadi penyebab utama nasabah merasa susah bertransaksi di bank.

Kelebihan dan Kekurangan Mobile Banking Sebaiknya Anda Ketahui
Photo by rawpixel.com from Pexels

Dalam hal ini bank tentu saja menjadi pihak yang yang dirugikan atas rasa susah yang dialami oleh nasabah. Karena nasabah merasa enggan mendatangi kantor bank yang bersangkutan. Sehingga hal ini akan berdampak transaksi akan berkurangnya transaksi perbankan.

Dengan hadirnya layanan Mbanking nasabah merasa dimanjakan. Mereka tidak merasa kesulitan lagi dalam bertransaksi. Secara bebas, kita dapat mengartikan bahwa mobile banking adalah layanan bank yang bisa diakses melalui perangkat mobile seperti ponsel pintar.

Baca Juga:  Cara Aktivasi Internet Banking BRI Versi Mobile Terbaru

Mobile banking bisa membuat anda lebih mudah melakukan berbagai transaksi. Seperti melakukan transfer, pembayaran, atau semacamnya. Anda bisa melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja. Asalkan anda sebagai nasabah memiliki smartphone yang terhubung ke internet.

Sekarang mobile banking jauh lebih memudahkan anda bukan?. Setelah membaca ulasan tersebut, pasti banyak diantara anda yang ingin menggunakan layanan mobile banking. Tapi disebalik itu layanan ini tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan tidak sempurna sepenuhnya.

Kelebihan dan Kekurangan Mobile Banking

Sebelum anda menggunakan fasilitas layanan Mobile Banking yang bisa diakses dari telepon genggam ini, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya. Check it out!

Kelebihan Mobile Banking

Menghemat waktu adalah kelebihan pertama yang akan anda rasakan ketika menggunakan layanan mobile banking. Tentu saja akan menghemat waktu, karena anda akan bertransaksi tanpa harus mendatangi kantor bank ataupun ATM.

Dengan layanan ini anda tidak perlu membuang banyak waktu melakukan transaksi. Dengan demikian, layanan ini sangat direkomendasikan. Terutama bagi anda yang memiliki banyak kegiatan di luar. Sehingga waktu anda yang berharga tidak perlu disia-siakan untuk perjalanan ke bank atau hanya sekedar antri di teller bank atau ATM.

Bahkan ada banyak nasabah yang bisa merasakan manfaat menghemat waktu ini. Bukan cuma nasabah yang memiliki aktifitas padat di luar saja, Tapi bagi anda yang sering melakukan transaksi setiap hari, seperti pelapak online juga bisa menikmati ini.

Dengan adanya mobile banking, tidak perlu lagi keluar rumah untuk bertransaksi. Sehingga memiliki waktu yang lebih banyak untuk mengurus dagangan. Kehadiran layanan mBanking sangat benar-benar memberikan pengaruh yang besar, khusus bagi yang sering melakukan transaksi perbankan.

Oleh kerana bila anda banyak melakukan transaksi sangat disarankan untuk mengaktifkan layanan mobile banking. Hemat waktu dan tenaga inilah yang utama akan anda dapatkan.

Baca Juga:  Cara Daftar dan Aktivasi M Banking CIMB Niaga ( Go Mobile)

Kekurangan

Meskipun ada banyak sekali kelebihan mobile Banking, Namun layanan ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya kekurangan soal keamanan. Di tengah masyarakat, isu keamanan bertransaksi masih menjadi kekurangan dari mobile banking.

Sistem mobile banking sebenarnya sangat aman dari serangan hacker. Karena pihak perbankan sudah mengenkripsi data nasabah pada sistem. Namun, walaupun data pengguna sudah dienkripsi, sistem keamanan ini justru seringkali dibobol karena kelalaian pengguna.

Contohnya saat sistem menyimpan username dan password secara otomatis malah dihidupkan oleh nasabah di ponsel. Sehingga saat ponsel hilang atau di curi, mereka juga bisa dengan leluasa masuk ke dalam akun mbanking, karena sistem keamanannya sudah terbuka.

Namun tenang saja pada ponsel yang dicuri tersebut, para pelaku tetap tidak bisa melakukan transaksi. Meskipun mereka berhasil masuk ke dalam akun banking. Sebab, pada setiap transaksi yang akan dilakukan harus melewati sistem keamanan lanjutan.

Ini merupakan salah satu cara mengamankan akun nasabah yang diterapkan oleh pihak bank. Dengan cara memasukkan kode verifikasi yang dikirim via SMS ke ponsel sesui dengan nomor yang didaftarkan saat pendaftaran.

Tetapi, bila nomor yang terdaftar untuk pengiriman kode verifikasi juga sama dengan nomor yang pasang di smartphone tempat aplikasi mobile banking terinstall, sistem keamanan ini tetap akan gagal.

Baca Juga:  Cara Daftar Mobile Banking BNI dan Aktivasi Terbaru

Tips mengamankan Akun Mobile Banking

Oleh sebab itu, beberapa cara mengamankan berikut bisa anda terapkan untuk mengatasi masalah keamanan yang disebabkan oleh pengguna.

Pertama yang bisa dilakukan adalah dengan cara memasang kode keamanan seperti password pada ponselmu.

Dengan langkah keamanan pertama ini, pencuri tidak akan bisa menggunakan ponsel, meskipun mereka bisa mencurinya, karena ponsel dalam keadaan terkunci.

Kedua, anggaplah pencuri bisa mengakses ponsel anda, namun anda akan tetap bisa mengamankan akun dengan cara tidak mengaktifkan sistem simpan password dan username secara otomatis pada ponsel.

Ketiga mengenai cara mengamankan atau menjaga keamanan akun mobile Banking dengan cara mendaftarkan nomor yang berbeda dari nomor yang terpasang di smartphone. Sehingga kode verifikasi tidak bisa didapatkan. Meskipun pencuri bisa masuk ke dalam akun.

Paling tidak cara ini bisa meminimalisir agar terhindar dari pencurian uang dalam rekening milik anda. Dengan demikian, akun akan tetap terjaga keamanannya. karena pencuri tidak bisa mendapatkan kode verifikasi untuk melakukan transaksi.

Baca Juga:  Cara Daftar BRI Mobile Banking dan Aktivasi Terbaru

Itulah Kelebihan dan kekurangan yang akan anda dapatkan ketika bertransaksi menggunakan layanan mobile banking. Semoga info ini bermanfaat, terutama bagi yang masih baru menggunakan layanan ini.

One Comment

Leave a Reply
  1. Terima kasih atas infonya sangat bermanfaat, ditunggu info bermanfaat selanjutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *