Kelebihan Dan Kekurangan Kartu Kredit, Anda Harus Tahu!

Kelebihan Dan Kekurangan Kartu Kredit – Pengertian Kartu kredit atau biasa disebut Credit Card adalah alat pembayaran pengganti uang tunai. Kartu ini dapat digunakan oleh konsumen untuk ditukarkan dengan barang dan jasa yang diinginkannya.

Berlaku di tempat-tempat yang dapat menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit (merchant). Jadi pada prinsipnya kartu kredit diciptakan ini dikeluarkan oleh bank guna untuk kemudahan para penggunannya.

Untuk cara kerjanya sendiri kartu kredit diatur oleh Bank Indonesia (BI) sebagaimana halnya produk perbankan yang lain. Saat ini banyak sekali dan sudah tidak hal asing lagi orang yang menggunakan kartu kredit, mungkin karena sudah menjadi kebutuhan dan kemudahan yang ditawarkan.

Bahkan Bank-bank pun terus berinovasi dan berlomba-lomba melakukan penawaran menarik. Seperti dengan banyak memberikan diskon maupun bonus menarik nasabah dengan menggunakan kartu kredit tersebut.

Jenis dan Tipe Kartu Kredit

Kelebihan dan Kelemahan Menggunakan Kartu Kredit

Bisa dilihat sekarang dunia perbankan terus berkembang dan bank juga ada yang menerbitkan kartu kredit lebih dari satu jenis. Biasanya disesuaikan dengan masing-masing dari kebutuhan nasabah.

Dari banyak kartu Kartu kredit yang dikeluarkan, secara umum bisa dibagi menjadi 3 jenis dan memiliki tipe sebagai berikut:

  • Kartu kredit silver, biasanya memiliki limit yang kebanyakan dimiliki oleh karyawan selevel staff atau kalangan menengah
  • Kartu kredit gold, biasanya memiliki limit yang dimiliki oleh karyawan selevel supervisor atau manajer.
  • Kartu kredit platinum, biasanya memiliki limit lebih dari 20 juta, biasanya tipe kartu ini diperuntukkan kepada direktur atau pebisnis atau kalangan atas.

Selain ketiga jenis kartu kredit diatas, beberapa bank ada yang menerbitkan kartu kredit ultima. Limit yang diberikan bisa mencapai 100 juta atau lebih.

Jenis ini biasanya diberikan kepada nasabah yang loyal kepada bank. Tentunya berdasarkan analisa yang lebih selektif mengingat limit yang diberikan cukup besar.

Banyak dijumpai supermarket dan bank bekerjasama untuk menerbitkan kartu kredit yang memberikan keuntungan. Seperti memberikan diskon-diskon menarik secara berkala dan pada waktu-waktu tertentu. Sehingga akan menarik nasabah untuk menggunakan kartu kredit.

Namun dalam pemakaian kartu kredit sebagai calon pemilik atau yang sudah memiliki kartu kredit, Harap lebih bijak dalam menggunakannya. Karena jika anda terlena dampak pasti anda sendiri yang menanggungnya.

Baca Juga:  3 Alasan Kenapa Anda Harus Memilih Layanan Kartu Kredit Bank Mandiri

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Kartu Kredit

Sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, sebaiknya anda terlebih dahulu memahami cara kerja kartu kredit dan selektif dalam memilih. Baca juga Pengertian Bank Umum dan Fungsinya.

kelebihan dan kekurangan menggunakan Kartu Kredit sebagai alat bantu pembayaran yang lazim di sebagian kalangan masyarakat. Bahkan saat ini menggunakan kartu kredit sudah menjadi trend dan merupakan gaya hidup.

Sebaiknya anda harus tahu terlebih dahulu apa kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan kartu kredit ini.

Kelebihan Kartu Kredit

Kartu kredit bahkan memberikan banyak peluang tambahan bagi konsumen pengguna untuk mendapatkan kemudahan. Baik dalam bertransaksi maupun skema pembayaran yang bisa dicicil.

Namun terlepas dari itu semua untuk lebih jelasnya mengenai kelebihan kartu kredit bisa anda baca dibawah ini, antara lain:

1. Mempermudah Pembayaran Tanpa uang Cash

Kartu kredit dapat digunakan untuk mempermudah seorang nasabah sebagai alat pembayaran, sehingga penggunanya tidak perlu membawa uang cash jika ingin melakukan pembayaran dalam segala hal seperti belanja, pembayaran rekening listrik, pembayaran rekening telephon dan lain-lain.

2. Lebih Efektif dan Efesien

Kartu kredit dapat digunakan untuk mengumpulkan semua bentuk pengeluaran belanja dalam satu tagihan sehingga waktu yang kita keluarkan dapat lebih efisien, sehingga penggunanya bisa mencatat pengeluaran secara rutin untuk mempermudah dalam mengelola keuangan.

Baca Juga:  5 Cara Mencegah Penipuan Kartu Kredit dan Kartu Debit

3. Banyak Momen Diskon

Kartu kredit dapat digunakan untuk menghemat pengeluaran, misalnya pengguna kartu kredit bisa memanfaatkan meoment-moment untuk mendapatkan diskon. Seperti diskon kamar hotel, diskon makan di restoran, atau diskon belanja di Mall atau minimarket.

4. Mempermudah cross checking

Menggunakan kartu kredit Pengeluaran akan lebih terperinci yang tertera jelas di rekening giro, bisa untuk melakukan cross checking pada akhir bulan untuk mengetahu apa saja yang anda belanjakan.

5. Servis Lebih Pada pengguna

Kartu kredit tertentu ada yang memberikan servis lebih untuk menarik nasabah seperti memberikan asuransi kesehatan, perjalanan, pencurian, ataupun kerusakan barang yang dibeli dengan kartu tersebut.

6. Mudah dibawa Kemana Saja

Pemilikan kartu kredit international dalam pengguanaan bisa sangat luas bukan hanya sekedar di dalam negeri saja, sehingga mempermudah penggunanya yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri tanpa harus membawa uang cash dalam perjalanan.

7. Mudah Untuk Belanja Online

Kartu kredit juga untuk bisa untuk melakukan transaksi lewat internet seperti belanja online, sehingga anda tidak perlu susah payah melakukan transfer ke Bank untuk melakukan pembayaran. Baca Keuntungan dan Kelamahan Internet Banking.

8. Bisa Belanja Tanpa Uang (Hutang)

Bisa belanja terlebih dahulu (kredit) sehingga bisa bayar bulan depannya, namun perlu anda ketahui dengan sistim ini anda dikenakan bunga sekitar 2,5% – 3 %. Ini tergantung bank yang bersangkutan yang mengeluarkan kartu kredit.

Baca Juga:  Syarat dan Ketentuan Mengajukan Pinjaman Tanpa Kartu Kredit

9. Mudah Transaksi di Internet

Bisa melakukan transaksi bisnis di internet (e-commerce) dengan menuliskan nama dan nomor kartu kredit biasanya memiliki nomor 16 digit.

10. Bisa membayar dengan Cicilan

Kemudahan dalam melakukan pembayaran yang bisa dilakukan dengan mencicil atau membayar minimun dari tagihan yang dikirim tiap bulannya. Namun jangan sampai terlena yang bisa memberatkan anda nantinya.

11. Keamanan yang cukup tinggi

Kartu kredit memiliki Tingkat keamanan yang cukup tinggi, sehingga bila kartu kredit hilang anda bisa segera melapor ke card center untuk melakukan pemblokiran kartu kredit anda tersebut.

12. Dapat Harga diskon khusus

Kemudahan dalam menggunakan dana pihak lain tanpa bunga bila dilakukan pembayaran lunas tiap tagihan datang (grace period). Dan memungkinkan penggunanya akan mendapat berbagai hadiah atau tawaran dengan harga diskon khusus bagi pemegang kartu kredit tertentu.

Baca Juga:  Kartu Kredit BCA Online, Aplikasi Mudah Untung Berlimpah

Kekurangan Kartu Kredit 

Dalam penggunaan sesuatu produk tentu saja ada kelebihan dan kelemahan. Begitu juga dalam penggunaan kartu kredit pasti ada kelebihan dan kekurangan menggunakan Kartu Kredit.

Setelah diatas tadi sudah disebutkan tentang beberapa kelebihan menggunakan kartu kredit selanjutnya silahkan anda baca mengenai kekurangan kartu kredit, adapun keelemahan kartu kredit adalah sebagai berikut:

1. Kartu kredit bisa dibobol

Kartu kredit bisa dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Seperti contoh bila penjual tidak jujur maka akan menggosok slip kredit lebih dari 1 kali sebelum ditanda tangani. Dan akan digunakan untuk menagih ke bank yang bersangkutan.

Ini dilakukan untuk transaksi lain dengan menggunakan slip yang kedua. Dengan cara mencantumkan tanda tangan yang sudah dipalsukan seperti pada slip yang pertama.

2. Banyak Penipuan

Bila transaksi bisnis atau trasaksi lainnya yang dilakukan di internet. Maka bila penjual tidak jujur, ia akan menerima pembayaran dari bank yang bersangkutan. Tetapi ia tidak mengirimkan barang yang dipesan, sehingga anda harus lebih hati-hati dalam hal trasaksi online. 

3. Bunga Yang Tinggi

Apabila anda butuh uang atau ingin belanja lebih banyak dari kemampuan, anda tetap bisa memakai kartu kredit tersebut. Namun yang sering dilupakan oleh konsumen adalah persentase bunga kredit konsumsi yang sangat tinggi.

4. Bentuk Fisik Kartu

Jenis kartu kredit yang menggunakan band magnetik tidak terlalu baik jika dilihat dari segi keamanannya. Namun sayangnya di Indonesia kartu kredit jenis ini masih banyak di produksi. Jadi akan lebih baik kalau dibuat pengamanan tambahan dengan micro chip seperti yang dipakai di Eropa.

Baca Juga:  10 Keuntungan Bila Anda Memiliki Kartu Kredit Online

5. Biaya Tahunan Mahal

Pembayaran pertahun yang cukup mahal, termasuk pembayaran tambahan untuk pengambilan uang di luar negeri. Termasuk transaksi internet pada website yang berada di luar negeri.

6. Nilai Pertukaran Mahal (konvesrsi)

Untuk nilai pertukaran uang akan ditentukan oleh bank penerbit kartu kredit dalam hal ini adalah Bank. Sehingga terkadang pihak bank agak seenaknya memberi rata rata harian nilai pertukaran uang.

7. Bayar Harus Tepat Waktu

Anda bisa berurusan dengan debt collector yang sering dipakai oleh pihak Bank di Indonesia untuk menagih hutang. Jadi jangan sampai anda bermasalah dalam menggunakan kartu kredit. Dan bayar tagihan harus tepat waktu jika tidak mau didatangi debt Colector.

8. Fee Tarik Tunai Tinggi

Pada saat mengambil uang tunai (cash) melalui mesin ATM. Maka secara langsung anda akan dikenakan fee pengambilan yang besarannya sekitar 30 sampai 40 ribu (tergantung institusi penerbit).

9. Biaya Administrasi Mahal

Beban administratif dan beban bunga Kartu kredit yang terlalu tinggi jika melakukan pengambilan uang di ATM.

Setelah anda mengetahui kelebihan dan kekurangan menggunakan Kartu Kredit. Diharapkan sebagai konsumen atau pengguna dapat meniliti terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan untuk memiliki dan menggunakan kartu kredit.

Baca Juga:  Jenis - Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Limit, Wilayah Berlaku, dan Afiliasinya

Jangan sampai anda terlena karena kelebihan-kelebihan yang ditawarkan kartu kredit. Diharapkan juga agar anda dapat lebih bijak dalam memakai fungsi dari kartu kredit tersebut. Sehingga dikemudian hari tidak timbul masalah karena kartu kradit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *