Kirim ArtikelJadikan Tulisanmu Banyak Yang Baca dan Bermanfaat Bagi Orang Lain di Zonkeu

Kemudahan Pengajuan Pinjaman di Lembaga Pemberi Pinjaman Non-Bank

Selama ini mungkin banyak masyarakat yang hanya mengetahui bahwa untuk mengajukan pinjaman membutuhkan jaminan, yang mana jaminan tersebut harus sesuai dengan taksiran besar uang yang diajukan. ada banyak jenis jaminan yang bisa diajukan, misalnya sertifikat rumah, sertifikat tanah, surat kendaraan dan lain sebagainya.

Hal yang pasti, semakin besar nilai dari jaminan, semakin besar pula nominal pinjaman yang akan didapatkan. Lalu bagaimana bila masyarakat yang membutuhkan pinjaman tidak memiliki barang berharga yang bisa dijadikan jaminan? Baca Juga: Syarat dan Ketentuan Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan Non Bank Tanpa Kartu Kredit.

Berawal dari banyaknya kasus yang membutuhkan pinjaman namun tidak memiliki barang berharga untuk dijadikan jaminan, akhirnya membuat lembaga pemberi pinjaman non bank mulai membebaskan para peminjam dari jaminan tentunya dengan berbagai persyaratan. Selain dibebaskan dari jaminan, lembaga pemberi pinjaman pun memberi kemudahan dengan mempercepat proses pencairan dana yang hanya membutuhkan waktu satu hari.

Lembaga Pemberi Pinjaman Non-Bank

Kemudahan Pengajuan dan Pencairan Dana Pinjaman di Lembaga Pemberi Pinjaman Non-Bank

Lembaga Pemberi Pinjaman Non-Bank akan sangat membantu masyarakat yang membutuhkan dana cepat dengan poses yang tidak ribet. Untuk besaran pinjaman di lembaga pemberi pinjaman non bank memang relatif kecil, yaitu berkisar antara Rp 3 juta sampai Rp 5 juta saja. jangka waktu pinjamannya juga relatif pendek, yaitu hanya 15 sampai 30 hari. Tidak seperti di lembaga bank yang memberikan pinjaman dengan nominal besar dengan jangka waktu lama.

Dibalik kemudahannya, sebanarnya bunga yang dibebankan cukup besar, yaitu 1% per hari. Jadi, jika Anda meminjam dengan perjanjian jangka waktu selama 30 hari, Anda harus membayar bunga sebesar 30%.

Dalam pengajuan pinjaman di lembaga non bank caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mendatangi kantor dengan membawa dokumen-dokumen lengkap seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotokopi Kartu Keluarga (KK), NPWP, surat keterangan kerja dan slip gaji. Jika pengajuan Anda diterima, Anda akan langsung diberi sejumlah pinjaman dengan nominal yang diajukan sesuai dengan persayaratan dan perjanjian yang telah disepakati.

Baca Juga: 6 Tips Mendapatkan Pinjaman Agar Lebih Mudah Disetujui

Lalu ketika jatuh tempo Anda diharuskan membayar sesuai dengan jumlah pinjaman plus bunga yang dibebankan. Jika Anda terlambat, tiap harinya Anda akan dikenakan biasaya keterlambatan sampai Anda membayarnya. Banyak lembaga pemberi pinjaman non bank yang bisa Anda pilih bila Anda membutuhkan dana pinjaman dalam waktu yang singkat.

Berikut daftar Lembaga Pemberi Pinjaman Non-Bank tanpa jaminan langsung cair:

1. Amartha

Di Amartha.com Anda akan ditawarkan pinjaman tanpa jaminan yang besaran pinjamannya mulai dari Rp 2 juta dengan jangka waktu 3, 6, dan 12 bulan. Sayangnya Amartha baru tersedia untuk pengusaha kecil yang berada di daerah Bogor dan Bandung. Satu hal yang membedakan Amartha dengan lembaga pemberi pinjaman lainnya yaitu pengajuan pinjaman harus dilakukan oleh kelompok yang terdiri atas beberapa anggota (Group Landing).

2. Investree

Di Investree Anda bisa mengajukan kredit secara online melalui situs Investree. Pinjaman yang diberikan hanya dikategorikan untuk karyawan dan pengusaha. Pengajuan peminajaman di Investree tidak memerlukan jaminan, namun harus ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Untuk karyawan, pinjaman hanya akan diberikan kepada mereka yang berdomisili di Jabodetabek, bekerja di perusahaan yang bekerjasama dengan Investree, dengan minimal pendapatan Rp 3.1 juta.

3. Modalku

Sebagai marketplate yang mempertemukan antara peminjam dan pemberi pinjaman, Modalku akan mempermudah Anda mencari pinjaman tanpa jaminan. Produk yang ditawarkan salah satunya adalah pinjaman yang diperuntukan kepada pemilik olshop di Tokopedia yang domisilinya di Jabodetabek.

Besaran pinjaman yang diberikan sebasar Rp 10 juta sampai Rp 50 juta dengan jangka waktu 1 smapai 2 bulan dengan proses pencairan dana 3 hari kerja.

4. UangTeman

Satu lagi pinjaman online yang bisa Anda pilih, yaitu UangTeman. UangTeman memberikan pinjaman tanpa jaminan dengan proses cepat untuk kebutuhan pinjaman yang relative kecil dan berjangka waktu pendek. Maksimal jumlah pinjaman adalah Rp 2 juta dengan jangka waktu paling lama 30 hari.

Proses pengajuan dana di UangTeman sangatlah mudah dan cepat. Dana akan cair hanya 2 hari setelah pengajuan pertama.  Sedangkan untuk pinjaman selanjutnya hanya memerlukan waktu 3 jam.

Baca Juga: Syarat Umum, Analisa Pinjaman Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengajukan pinjaman dana, berikut persyaratannya:

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

WNI adalah syarat utama agar Anda dapat mengajukan pinjaman tanpa jaminan. Sehingga Anda membutuhkan kartu identitas berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang dapat membuktikan status warga negara Anda.

2. Batas Usia

Untuk dapat mengajukan pinjaman tanpa jaminan, minimal umur Anda adalah 21 tahun dengan maksimal  umur 60 tahun. Meskipun begitu, banyak juga beberapa lembaga pemberi pinjaman yang memberikan keringanan yang memperbolehkan usia 18 tahun mengajukan pinjaman tnapa jaminan.

3. Batas Penghasilan

Selain batas usia, batas penghasilan pun menjadi syarat yang harus dipenuhi. Maka dari itu, dalam pengajuan pinjaman tanpa jaminan dengan proses cepat Anda harus menunjukan slip gaji Anda. Batas penghasilan Anda agar pengajuan Anda diterima sendiri tergantung ketentuan dari lembaga pemberi pinjaman yang maksud.

Biasanya lembaga pemberi pinjaman non bank memberlakukan batas penghasilan sesuai dengan besaran UMR (Upah Minimum Regioanal) daerah masing-masing.

4. Nominal Pinjaman

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, rata-rata minimal pinjaman adalah Rp 3 juta dengan maksimal pinjaman Rp 5 juta. Walau begitu besaran pinjaman sebenarnya tergantung lembaga yang bersangkutan. Baca Juga: Agar Tidak Tertimbun Utang, Simak 5 Tips Mengelola Pinjaman Ini!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *