Tulis ArtikelMulai Menulis & Share Artikel Terbaikmu Disini Sekarang !

Hati-Hati! Inilah Kesalahan dalam Mengelola Keuangan

Kesalahan dalam Mengelola Keuangan – Tak semua orang mampu mengelola keuangan dengan baik. Hal ini sudah terbukti dari berbagai kasus. Terutama pada orang-orang yang masih hidup sendiri alias single yang sering gagal dalam mengatur keuangan. Dan kebanyakan orang, ketika sudah berumah tangga mampu mengelola keuangan dengan baik, karena mulai dibebani tanggung jawab keluarga dan anak.

Kegagalan dalam mengelolah keuangan umumnya diakibatkan oleh suatu kesalahan baik kesalahan besar maupun kesalahan kecil.

Kesalahan dalam Mengelola Keuangan Pribadi

Berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam mengelola keuangan pribadi yang patut diminimaliskan atau dihentikan dan dihindari. Dengan begitu, kita bisa mengubah kebiasaan buruk kita menjadi kebiasaan yang baik dalam mengelolah keuangan pribadi kita.

1. Belanja Tanpa Prioritas

Kesalahan utama dalam mengelolah keuangan adalah belanja tanpa melihat prioritas yang kita butuhkan. Seperti halnya ketika sedang berbelanja bulanan di sebuah supermarket, jika kita tidak melakukan perincian daftar kebutuhan, maka kita akan tergoda dengan hal-hal lain yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Hal ini bisa saja Anda akan membeli barang yang di luar daftar kebutuhan Anda. Inilah yang bisa merusak dan mengganggu Anda dalam mengelolah keuangan pribadi Anda.

2. Rencana Jangka Panjang

Tahukah Anda bahwa rencana jangka panjang dapat berdampak buruk bagi keuangan Anda? Kita boleh saja merencanakan jangka panjang, namun kita tidak boleh berlebihan yang dapat mengganggu keuangan kita. Jadi, rencana panjang haruslah kita minimalisisr agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada pengelolaan keuangan kita.

Membuat rencana jangka panjang cukup dilakukan pada awal pernikahan saja bersama pasangan kita. Dengan berbicara dengan pasangan, apa yang akan menjadi tujuan dan prioritas keluarga ke depannya.

3. Kurang Komitmen

Kurang dan tidak adanya komitmen adalah salah satu penyakit dalam mengelolah keuangan pribadi. Bahkan hal ini bisa menjadi masalah yang cukup serius bagi kita. Seperti halnya kita membeli sepatu dua kali dalam sebulan, adalah contoh penyakit kurang komitmen dalam diri kita. Jadi, kita harus komitmen pada diri kita sendiri dalam berbelanja atau mengeluarkan uang.

4. Tidak Memikirkan Anggaran Rumah Tangga

Dalam menjalani bahterah rumah tangga harus memiliki tanggung jawab penuh demi kelangsungan hidup rumah tangga yang tentram. Untuk itu, kita perlu mengelolah keuangan sebaik mungkin. Sehingga, kondisi ekonomi rumah tangga bisa berjalan dengan baik dengan memperhatikan anggaran belanja secara periodik.

Hal ini seringkali diabaikan pasangan suami istri yang bisa mempengaruhi ekonomi kita. Dan salah satu anggaran yang bisa dibicarakan adalah anggaran pendidikan untuk anak.

5. Tidak Memiliki Target

Orang yang tidak mengatur target angka dalam tabungan adalah orang yang salah dalam mengelolah keuangan pribadinya. Seperti halnya tabungan dibiarkan mengalir saja apa adanya tanpa adanya keinginan bahwa bulan ini harus terkumpul sekian-sekian. Hal ini patut kita hindari.

6. Belanja Melebihi Batas Kemampuan

Tren dan fashion akan membuat diri kita lupa diri akan kapasitas dompet kita. Tidak memperhatikan isi dompet dan memaksakan gaya hidup adalah suatu kesalahan yang sangat besar bagi pengelolaan keuangan pribadi. Terkadang, orang yang seperti ini adalah tidak percaya diri dengan apa yang ia miliki saat ini. Ia seringkali membandingkan apa yang ia miliki dengan apa yang orang lain miliki.

Inilah penyakit utama yang perlu kita hindari dalam mengelolah keuangan pribadi. Dengan kata lain, kita tidak akan memiliki kejadian pengeluaran yang tidak terkontrol dan bisa menghambat kita dalam menabung. Cenderung mengikuti zaman dan memaksakan diri adalah penyebab utamanya.

Baca Juga: 19 Tips Smart Berhemat Pengeluaran hari ini Saat Belanja Supermarket

Kesalahan dalam Mengelola Keuangan Bisnis

Yang pastinya, dalam mengelola keuangan bisnis harus dilakukan dengan sifat profesional. Kita perlu adanya kaidah dalam mengelolah keuangan bisnis, agar bisnis yang kita jalankan dapat berjalan dengan baik. Karena keuangan dalam bisnis adalah satu tubuh dengan diri kita. Kita harus bisa mengelola keuangan bisnis dengan benar dengan memperhatikan kesalahan-kesalahan yang seringkali terjadi pada para pengusaha.

1. Keuangan Pribadi dengan Keuangan Bisnis Bercampur

Kesalahan utama dalam mengatur keuangan bisnis adalah mencampuradukan antara keuangan pribadi dengan keuangan usaha atau bisnis. Hal ini tak sedikit para pengusaha yang melakukannya. Memang, awalnya hal ini sepele.

Namun, jika ditumpuk akan menyebabkan Anda mengikis keuangan usaha Anda dan membuat Anda menjadi korupsi. Sehingga, Anda perlu membuat rekening untuk menyimpan keuangan bisnis Anda, agar tidak terjadi hal-hal yang mengganggu dalam mengelola keuangan usaha Anda.

2. Minimnya Pengetahuan Akuntansi

Masih banyak para pengusaha yang belum memahami pembukuan dan akuntansi seperti halnya pada catatan keuangan dasar. Hal ini kebanyakan ditemui pada para pengusaha kecil dan menengah. Padahal, hal ini sangatlah penting dalam mengelolah keuangan bisnis kita agar kita bisa memprediksi dan merencanakan anggaran belanja untuk ke depannya.

3. Rencana Keuangan yang Kurang Jelas

Dalam menjaga keuangan bisnis yang baik, maka diperlukannya rencana keuangan yang jelas. Dengan begitu, usaha Anda memiliki tujuan yang jelas dalam mencapai target nilai bisnis yang menguntungkan.

Itulah beberapa Kesalahan dalam Mengelola Keuangan baik pribadi maupun bisnis yang perlu anda hindari. Semoga kita bisa mengatur keuangan kita dengan baik. Baca Juga: Tips Melakukan Perencanaan Keuangan Untuk Usaha Baru

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *