5 Tips Agar Keuangan Rumah Tangga Aman Meski Gaji Kecil

Keuangan Rumah Tangga Aman Meski Gaji Kecil – Memiliki uang dari gaji yang kita dapatkan setiap bulannya memang menyenangkan, bukan? Kita bisa membeli barang apa saja kesukaan atau makan di restoran yang kita mau.

Namun seringkali kita merasa kewalahan ketika memasuki tengah atau akhir bulan. Ya, apalagi jika bukan karena kondisi anggaran keuangan bulanan dari gaji mulai menipis, terlebih buat mereka yang sudah berumah tangga.

Dengan begitu, mengerti dan menjalani manajemen keuangan rumah tangga mutlak harus dilakukan. Apa sih manfaat memiliki manajemen keuangan tersebut? Bukankah mengatur keuangan itu tidak sulit, ditambah sudah memiliki gaji setiap bulannya.

Baca Juga:  Investasi Saham Reksadana, Khusus Pemula Sebaiknya Mengenal Ini

Pertanyaannya, apakah gaji kita dapatkan itu mencukup semua kebutuhan dan kesenangan keluarga?

Cara Agar Keuangan Rumah Tangga Aman Meski Gaji Kecil

5 Tips Agar Keuangan Rumah Tangga Aman Meski Gaji Kecil

Bagaimana pula bagi mereka yang mendapatkan gaji kurang dari lima juta per bulannya? Dengan begitu, wajib kiranya untuk bisa mengaplikasikan manajemen keuangan tersebut.

Bagaimana caranya Agar Keuangan Rumah Tangga Aman Meski Gaji Kecil?Yuk simak ulasannya di artikel singkat dibawah ini.

Apa Saja Pengeluaran di Rumah Tangga? Evaluasi Sekarang Juga!

Sebelum menggunakan gaji yang didapatkan, alangkah baiknya kita langsung membuatkan pengeluaran rutin di bulan tersebut.

Langkah awal, prioritaskan terlebih dahulu pengeluaran rutinitas dan wajib, contohnya seperti bayar listrik, biaya kontrakan rumah, atau cicilan kendaraan/rumah, dan utang lainnya.

Setelah terlihat pengeluaran rutin, kemudian evaluasi juga pengeluaran tidak terduga, seperti dana darurat. Jangan sampai lupa untuk menyisihkan sebagian dana untuk investasi atau tabungan di masa depan.

Terakhir, kita pun ingin bersenang-senang, bukan? Jika bisa, sisihkan sebagian untuk kesenangan bersama keluarga ya.

Baca Juga:  Mengenal 7 Bentuk Laporan Keuangan Perusahaan StartUp

Belanja Bulanan Sering Membengkak, Data Kembali dengan Matang Ya!

Belanja bulanan wajib masuk ke dalam anggaran rutin rumah tangga. Belanja tersebut meliputi pembelian kebutuhan primer. Kebutuhan ini merupakan wajib dilakukan, seperti makan, listrik, transportasi, sekolah, dan lainnya.

Sedangkan belanja bulanan lainnya bersifat tersier, seperti kesenangan, hobi, belanja pakaian, dan lainnya. Tentunya yang terakhir itu tidak menjadi belanja wajib, bukan?

Jika Ingin Punya Kartu Kredit maka Wajib Bisa Mengontrolnya

Zaman serba modern seperti sekarang ini memang bisa membuat kita melakukan kegiatan yang canggih, seperti berbelanja dengan kartu kredit. Di perkotaan penggunaan kartu kredit sudah lumrah.

Akan tetapi, jika manajemen keuangan di dalam rumah tangga ingin berhasil, wajib bagi kita untuk bisa mengontrol penggunaan kartu tersebut. Ya karena karena kartu kredit bisa menjadi sahabat dan memudahkan, sekaligus bisa menjadi bumerang.

Belanjalah dengan bijak dan hindari belanja dengan emosi, dan cenderung selalu tertarik dengan promo yang kerap diberikan oleh bank. Tentunya tidak mau bukan rumah tangga penuh dengan utang dan sulit kita lunasi?

Membeli Barang Bekas, Asal Masih Berkualitas

Kehidupan rumah tangga pastinya membutuhkan banyak barang perabotan, sebut saja, lemri es, televisi, furnitur, kendaraan, termasuk rumah.

Nah untuk menyiasati anggaran agar aman meski dengan gaji yang tidak terlalu besar, kita bisa memanfaatkan pembelian barang bekas. Barang bekas tidak selamanya jelek, selama kita pintar untuk teliti maka bisa mendapatkan barang bekas berkualitas.

Dengan barang yang bekas maka pengeluaran bisa ditekan. Bahkan barang bekas pun bisa dibuat kembali seperti baru, salah satunya dengan dicat ulang.

Baca Juga:  Mata Uang Virtual Bitcoin di Mata Kemenkeu Indonesia

Keuangan Ingin Aman, Jangan Terlalu Sering Makan di Luar

Makan adalah kebutuhan semua orang, termasuk di dalam rumah tangga. Namun jika ingin anggaran rumah tangga aman, kurangi makan di luar ya. Dengan sering makan di restoran maka biaya keluar akan jauh lebih banyak, ketimbang makan dan masak sendiri.

Namun makan di restoran pun bukan dilarang, selama kita bisa mengaturnya maka semua akan baik-baik saja. Waktu satu bulan sekali adalah yang ideal agar keluarga tidak bosan.

Nah itulah langkah dalam mengelola keuangan rumah tangga dengan gaji kurang dari lima juta. Coba diaplikasikan ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *