Kelebihan dan Kekurangan Internet Banking Yang Harus Dipahami

Kelebihan dan Kekurangan Internet Banking – Bagi sebagian orang terutama para pelaku bisnis Internet tentu sudah tidak merasa asing lagi dengan yang namanya Internet Banking atau biasa disebut E-Banking. Nanun tidak sedikit juga orang yang belum tahu.

Untuk itu kali ini akan memberikan sedikit penjelasan mengenai pengertian apa itu internet banking. Agar semua tahu sebelum menggunakan layanan yang diberikan untuk mempermudah nasabahnya dalam bertransaksi Online.

Kelebihan dan Kekurangan Internet Banking

Internet Banking adalah salah satu layanan perbankan yang menggunakan teknologi komunikasi dan informasi. Ini bertujuan untuk mempermudah nasabah dalam bertransaksi contohnya layanan mobile banking.

Seperti transaksi menggunakan handphone dan seperti atm, biasa disebut dengan telepon banking dan sms banking. Sebelum mengetahui Keuntungan dan Kelemahan Internet Banking, tidak ada salahnya mengetahui istilah yang ada dan sudah banyak dikenal luas tentang layanan mudah ini.

Seperti contohnya  M-Banking dan juga SMS Banking. Untuk perbedaannya hanyalah dari sistem pada pengoperasiannya. M-Banking menggunakan menu ataupun kata lain kita tinggal klik ataupun memilih menu untuk melakukan transaksi sementara.

Apabila SMS banking konsepnya kurang lebih hampir sama dengan M-Banking tetapi pengoperasiannya melalui sms dengan mengetikkan perintah yang formatnya sudah ditentukan oleh pihak bank.

Baca Juga:  Fasilitas Pembayaran Online (e-Payment) dan Contohnya

Keamanan Internet Banking

Internet Banking, Keuntungan dan Kelamahannya

E-banking sebetulnya telah mempunyai keamanan yang sangat baik sekali. Karena pengamanannya terdiri dari dua lapis yaitu Password/Key dan PIN. Berikut penjelasannya!

1.Password
Lapisan yang pertama untuk kemanan trasaksi menggunkan E-banking, seperti jika anda ingin masuk ke akun Internet Banking.

Jika anda lupa pasword ataupun salah saat memasukkan password yang benar, maka anda tidak akan bisa masuk lagi kedalam akun tersebut.

Ini bertujuan untuk kemanan akun anda agar terhindar dari kejahatan orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan adanya pasword ebanking akun anda menjadi lebih aman dari tindakan kejahatan.

2. Key
Lapisan yang kedua ini bertujuan disaat anda akan melakukan transaksi. Saat itu anda akan diminta untuk memasukkan key yang terdiri dari 6 Digit. Key ini akan berubah-ubah jika anda ingin melakukan transaksi.

Ini tentu saja bertujuan agar trasaksi anda aman, karena anda akan selalu memasukan key baru setiap akan transaksi. Jadi orang lain tidak bisa tahu apa Key yang anda punya dan tidak bisa dihafal.

Untuk kedua keamanan tersebut, bisa dibilang sudah sangat aman sekali untuk akun Internet Banking anda. Kegunaan key sendiri untuk menjaga apabila ada seseorang yang telah mengetahui password yang anda miliki.

Dengan adanya key akun anda masih aman, karena selama orang tersebut tidak memiliki alat fisik untuk menggenerate key disaat akan bertransaksi.

Baca Juga:  9 +6 Jenis Tabungan Bank CIMB Niaga dan Keuntungannya

Fasilitas Internet Banking

Apa saja fasilitas Internet Banking, saat ini sudah banyak Bank yang memiliki layanan Internet Banking, terutama bank-bank besar  di Indonesia yang menerapkannya layanan ini, diantaranya adalah:

  • BNI dengan layanan BNI Internet Banking, BNI Mobile Banking;
  • BRI dengan layanan mbanking bri, bri mobile,bri mobile banking;
  • Bank Mandiri dengan layanan Mandiri Internet Bisnis, Mandiri Internet Banking;
  • BCA dengan layanan BCA mobile, BCA Internet Banking,klikBCA;

Bagi anda yang ingin menggunakan layanan tersebut bisa langsung datang ke bank yang bersangkutan.

Ini untuk mengetahui cara daftar m banking sesuai dengan bank yang anda miliki agar kedepannya anda lebih mudah bertrasaksi.

Kelebihan dan Kekurangan Internet Banking

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, walaupun internet banking ini keamananya yang dilakukan oleh pihak bank sudah berlapis-lapis. Tetap saja sebagai penggunana layanan ini juga berperan penting.

Terutama untuk tetap menjaga kerahasiaan password akun anda dengan sebaik mungkin. Jangan biarkan orang lain mengetahuinya.

Kelebihan Menggunakan Internet Banking

Internet Banking, Keuntungan dan Kelamahannya
internet banking

Di jaman yang semakin canggih seperti saat sekarang ini, Manfaat smartphone atau telpon pintar bukan hanya digunakan untuk alat komunikasi.

Selain mudah mengakses internet juga banyak digunakan untuk menunjang berbagai aktivitas lainnya. Salah satunya sebagai alat untuk media transaksi yang merupakan Salah satu fasilitas yang diberikan bank pada nasabahnya yaitu internet banking.

Internet banking menggunakan layanan internet untuk memudahkan para nasabah bank. Terutama bagi mereka yang sering melakukan transaksi perbankan untuk keperluan bisnis dan banyak lagi lainnya yang semua itu bisa menggunakan Smarphone.

Dari semua kemudahan yang di tawarkan oleh pihak bank berupa internet Banking tentu saja ada kelebihan dan kekurangan.

Apa saja kelebihan menggunakan internet banking yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan menggunakan layanan ini.

Baca Juga:  Cara Cek Limit Kartu Kredit BNI Via SMS Banking Dengan Mudah

Kelebihan dan Kekurangan Internet Banking Bagi Nasabah

Banyak bank-bank di Indonesia yang sudah menggunakan layanan internet banking untuk mempermudah nasabahnya. Bank-bank tersebut diantaranya seperi bank BCA, bank Mandiri, BRI, dan bank-bank lainnya.

Untuk lebih jelasnya berikut beberapa Kelebihan menggunakan internet banking untuk anda ketahui:

1. Melakukan Transfer Uang

Salah satu Kelebihan menggunakan fasilitas internet banking yang pertama adalah kemudahan dalam melakukan transfer uang.

Dengan menggunakan layanan ini nasabah akan lebih mudah dan tak perlu repot pergi ke ATM dalam melakukan transfer uang non tunai.

Anda cukup login melalui situs resmi bank kemudian memilih layanan internet banking. Masukan nominal yang akan ditransfer ke rekening tujuan Anda. Tak butuh waktu lama maka uang akan berpindah ke rekening tujuan.

Dengan begitu segala transaksi akan lebih mudah termasuk transaksi online. Anda tidak perlu lagi keluar rumah bila hanya sekedar ingin melakukan transaksi perbankan.

2. Mengecek Saldo dan Mutasi Rekening

Kelebihan berikutnya adalah kemudahan dalam melakukan cek saldo dan juga mutasi rekening. Jika Anda ingin melihat atau sekedar mengecek saldo rekening maka tak perlu lagi pergi ke ATM terdekat.

Cukup dengan memanfaatkan koneksi internet dan smartphone Anda melalui internet banking. Selain cek saldo, Anda sebagai nasabah juga bisa melihat transaksi keuangan (mutasi rekening).

3. Melihat Informasi Kurs Mata Uang

Dengan layanan ini anda dapat melihat atau mengetahui kurs mata uang setiap harinya secara resmi. Informasi kurs mata uang akan di update secara resmi setiap hari melalui situs resmi bank.

Dengan melihat situs resmi pada bank, maka Anda akan mengetahui jatuh naiknya mata uang rupiah terhadap dolar Amerika, dolar Singapura, dan banyak lagi lebih terpercaya.

4. Informasi Mengenai Kartu Kredit

Informasi mengenai tagihan kartu kredit, informasi saldo rekening, data transaksi, dan banyak lagi dapat Anda ketahui dengan menggunakan internet banking. Kartu kredit pastinya dikeluarkan oleh pihak bank yang bersangkutan.

Untuk lebih jelasnya cara pembuatan kartu kredit Anda dapat menanyakan pada customer service bank tersebut. Dengan begitu saat anda datang ke Kantor cabang bank bersangkutan sudah bisa mempersiapkan lebih dahulu persyaratannya.

5. Membeli Pulsa Elektrik

Dapat membeli pulsa elektrik dengan mudah tanpa harus ke konter. Menggunakan internet banking anda dapat melakukan pembelian pulsa elektrik untuk ponsel, listrik, atau modem.

Pembelian pulsa elektrik dengan menggunakan internet banking didukung dengan berbagai operator seluler di Indonesia. Dengan begitu Anda tak perlu capek-capek pergi ke outlet pulsa hanya untuk membeli pulsa elektrik.

Itulah beberapa kelebihan menggunakan layanan internet banking, dan masih banyak lagi keuntungan lain yang didapat dari layanan tersebut.

Perlu anda ketahui juga selain mempunyai kelebihan, layanan ini juga memiliki kukurangan yang perlu anda ketahui. Ini sebaiknya anda ketahui sebagai sebagai pengguna untuk antisipasi kemanan dalam menggunakan layanan ini.

Baca Juga:  Syarat dan Keuntungan Tabungan Dollar Bank Muamalat Syariah

Kekurangan Menggunakan Internet Banking

Sebagai nasabah perlu waspada mengingat banyaknya terjadi pencurian data melalui internet. Untuk pencurian ini bisa melalui berbagai macam teknik. untuk penyusup ini sendiri biasa dikenal dengan istilah hacker.

Hacker bisa saja menguras habis uang nasabah dengan berbagai cara. Karena itu, nasabah wajib mematuhi semua prosesdur penggunaan internet banking sehingga lebih aman.

Kejahatan dunia online selalu saja mengincar, jika anda kurang hati-hati dan teliti. Bisa saja terjadi Pencurian data dengan cara teknik skimming atau melalui modus penipuan dengan berbagai macam penawaran yang mengecoh nasabah.

Jika akses internet yang dimiliki nasabah tergolong murah dan lancar, lebih disarankan memakai internet banking karena lebih menghemat banyak biaya.

Namun, perangkat komputer harus tertanam perangkat lunak antivirus dan antimalware supaya terhindar dari cracking.

Hindari penggunaan menggunakan layanan publik, seperti warnet atau wifi gratis karena rawan tindakan penyadapan data nasabah.

Walaupun saat ini semua akses internet bisa diakses dengan smartphone ataupun gadget dengan sangat mudah. Namun tetap saja bagi pengguna dengan mobilitas tinggi butuh penyesuaian fitur dalam mengaksesnya melalui smart phone.

Yang jelas jika mengakses menggunakan smartphone tentu tak senyaman saat anda menggunakan laptop (PC). Seperti yang kita ketahui pula bahwa banyak juga kejahatan terjadi di dunia online yang sekarang ini marak terjadi.

Salah satu kejahatan dalam dunia maya adalah kejahatan yang dilakukan oleh hacker atau peretas. Apabila Anda tidak berhati-hati dalam menggunakan layanan ini, maka rekening Anda bisa dibobol oleh para pelaku kejahatan internet.

Untuk menghindari hal tersebut, maka ada baiknya memperhatikan beberapa tips dalam menjaga keamanan transaksi Anda.

Baca Juga:  Syarat Pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA) Dana Instan Bank Danamon

Tips Aman Transaksi dengan Internet Banking

Tips Aman Transaksi dengan Internet Banking

Mau tidak mau kita juga harus selalu mengikuti kemajuan zaman jika tidak mau ketinggalan. Karena saat ini semua perlu cepat dan mudah.

Setiap layanan yang dibuat tentu saja tidak bisa sempurna, pasti saja ada kelebihan dan kekurangannya,

Setelah anda mengetahui semua kelebihan dan kukurangan, langkah yang harus anda ambil adalah antisipasi dalam penggunaannya. Tentu saja ini dilakukan agar anda terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.

Untuk mengantisipasi kejadian dan hal-hal yang tidak diinginkan ada baiknya untuk anda mengetahu Tips aman transaksi dengan Internet banking. Berikut tips yang bisa anda ikuti.

Pertama-yang harus anda lakukan adalah jangan berikan nomer token kepada siapapun untuk menghindari penggunaan yang tidak bertanggung jawab.

Kedua-pastikan situs yang dikunjungi sebagai trasaksi adalah situs bank terkait, jangan sampai anda login ke web phising.

Ketiga-Sebelum mengunakan atau mengakses pastikan gadget mauapun PC anda tidak terkena infeksi virus tertentu.

Keempat-apabila mendapatkan email yang mengatakan bahwa rekening Anda diblokir atau hal apapun secepatnya untuk melapor ke pihak bank.

Dengan fasilitas ini memang memudahkan urusan kita saat ini, namun pergunakanlah fasilitas tersebut secara bijak dan berhati-hati demi keamanan anda sendiri.

Kelima-Penting untuk dilakukan yaitu untuk selalu menggunakan Password/PIN Yang Kuat dan Ganti Secara Berkala. Hal ini sebenarnya berlaku untuk semua akun internet, namun karena internet banking terkait uang Anda maka tentu harus lebih ekstra hati-hati.

Keenam-Saking rumitnya membuat pasword terkadang bisa saja Anda lupa. Namun jangan panik saat lupa Password/PIN akun bank Anda.

Hal yang harus Anda lakukan ketika lupa password/PIN adalah menghubungi pihak bank untuk melakukan reset pasword. Jika memungkinkan segera kunjungi kantor bank terdekat saat jam kerja.

Baca Juga:  Pengertian, Fungsi dan Tugas Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Ketahui Semua Keuntungan dan Kelemahan Internet Banking

Semua hal diatas baik Keuntungan dan Kelemahan Internet Banking, jika Anda mampu pahami dengan baik tentu saja akan membuat layanan ini semakin mudah, aman, dan nyaman saat anda gukanan.

Karena itu, perhatikan Keuntungan dan Kelemahan Internet Banking dengan baik. Karena pada akhirnya semuanya kembali pada kehati-hatian anda sendiri sebagai nasabah yang menggunakan layanan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *