Keuntungan dan Kerugian Investasi Bitcoin Yang Harus Anda Tahu

Investasi Bitcoin merupakan investasi yang menggunakan mata uang digital. Bagi yang belum pernah mendengar istilah bitcoin, tentu akan bertanya-tanya apa sebenarnya maksud dari investasi bitcoin ini. Bitcoin adalah mata uang virtual yang hanya tersedia dalam bentuk digital dan berbentuk serangkaian algoritma rantai blok.

Bitcoin merupakan mata uang digital yang menggunakan system pembayaran peer to peer (P2P). itu artinya bitkoin berjalan dengan tidak mempunyai server. Sehingga penyimpanannya dijalankan oleh setiap pengguna itu sendiri yang telah terhubung ke dalam jaringan. Terdapat banyak keuntungan yang bisa diperoleh apabila Anda bisa menggunakan mata uang bitcoin ini dengan cara yang tepat.

Namun investasi bitcoin ini juga memiliki beberapa resiko dan dapat menimbulkan kerugian apabila pengguna tidak benar-benar mengetahui system penggunaannya.

Keuntungan dan Kerugian Investasi Bitcoin

Keuntungan dan Kerugian Investasi Bitcoin Yang Harus Anda Tahu

Semakin berkembangnya teknologi, pengetahuan masyarakat tentang bitcoin juga semakin meluas. Dengan meluasnya pengetahuan tentang bitcoin, menjadikan proses investasi bitcoin juga semakin mudah. Namun, perlu ditekankan sekali lagi bahwa bitcoin bukan merupakan investasi biasa seperti saham. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memahami resikonya sebelum membeli.

Terdapat beberapa resiko yang perlu Anda ketahui saat akan berinvestasi dengan menggunakan bitkoin. Seperti salah satunya ialah resiko financial. Hal ini disebabkan karena nilai mata uangnya yang cenderung fluktuatif. Seperti misalnya di awal tahun 2013, harga bitcoin tiap kepingnya hanya sekitar 13 dollar AS. Di akhir tahun, harganya melonjak hingga mencapai lebih dari 1100 dollar AS.

Kemudian beberapa jam kemudian, terpangkas menjadi 500 dolar AS dikarenakan ada pelarangan bitcoin di China. Harga bitcoin yang naik turun secara tajam dalam waktu yang singkat, tentu menjadi satu permasalahan tersendiri bagi salah satu pelaku jual beli bitcoin. Namun sebenarnya, investasi bitcoin dapat memberikan banyak keuntungan apabila calon investor mengetahui dan benar-benar memahami system, permasalahan, dan segala bentuk resiko bitcoin.

Baca Juga: Cara Membuat Akun Bitcoin Indonesia dan Verifikasi Gratis

Adapun keuntungan yang dapat diperoleh dari investasi bitcoin ini antara lain sebagai berikut:

1. Mempunyai jaringan global

Bitcoin telah dikenal di berbagai Negara di seluruh dunia. Oleh karena itu, penggunaan untuk ranah internasional pun semakin mudah. Anda dapat melakukan transfer ke pengguna lain di luar negeri dengan sangat mudah.

2. Proses transaksi berjalan lebih cepat

Dengan menggunakan bitcoin ini, proses transaksi yang Anda perlukan bisa berjalan dengan lebih cepat meskipun relasi Anda berada di luar negeri. Anda tidak perlu memakan banyak waktu dan tenaga karena transaksi dngan menggunakan bitcoin tidak perlu lembaga keuangan. Sehingga proses transaksi bisa berjalan lebih cepat.

3. Sentralisasi otoritas lebih minim

Maksudnya ialah pada saat Anda melakukan transaksi, tidak ada pihak lain yang terlibat seperti misalnya perantara, ataupun otoritas yang terpusat. Sehingga dalam transaksi ini terdapat lebih banyak financial. Hal ini lah yang menjadi daya tarik tersendiri pagi para investor untuk melakukan investasi bitcoin.

4. Bitcoin tidak dikuasai pemerintah

Bitcoin ini tidak diatur, tidak dioperasikan, serta tidak dimiliki oleh suatu pemerintah. Sehingga tidak akan mengalami perubahan sedikitpun apabila suatu pemerintahan mengalami kegagalan yang berakibat pada turunnya nilai mata uang. Selain itu, dengan menggunakan bitcoin, Anda juag akan terhindar dari adanya manipulasi biokrasi yang ada di pemerintahan. Selain beberapa keuntungan di atas, masih banyak keuntungan lain yang bisa Anda peroleh apabila melakukan investasi bitcoin.

Namun invertasi bitcoin ini juga akan berdampak pada kerugian investor apabila tidak dilakukan secara benar. Adapun kerugian yang bisa terjadi akibat investasi bitcoin antara lain adalah resiko yang terlalu tinggi akibat nilanya yang fluktuatif. Selain itu, investasi bitcoin juga akan sangat beresiko bagi calon investor yang belum benar-benar memahami seluk beluknya. Seperti misalnya bagaimana ia harus membeli, menjual, dan memanfaatkan bitcoin yang ia miliki.

Baca Juga: Cara Mengisi / Membeli Saldo Bitcoin Indonesia Dengan Cepat.

Demikian sedikit penjelasan tentang investasi bitcoin yang bisa Anda jadikan sebagai sumber referensi. Ada baiknya Anda mempersiapkan dengan benar-benar matang apabila ingin melakukan investasi bitcoin dan siap menanggung segala resikonya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang tertarik dengan bitcoin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *