in

9 Keuntungan Progam Amnesti Pajak Bagi Rakyat dan Negara

Keuntungan Progam Amnesti Pajak – Dalam keberlangsungan pembangunan negara pasti negara membutuhkan masukan atau sumber pemasukan dari berbagai sektor. Salah satu sektor pemasukan kas negara adalah pajak. Ada beragam jenis pajak yang diberlakukan di negara Republik Indonesia.

Pajak ini nantinya akan dikembalikan kepada kepentingan rakyat seperti pembangunan jalan tol, perbaikan jalan raya, peningkatan fasilitas rumah sakit, penjaminan kesehatan masyarakat, peningkatan fasilitas dan akses pendidikan serta kepentingan masyarakat lainnya.

Sebagai wajib pajak, seharusnya anda taat dalam membayar pajak. Namun tidak semua wajib pajak yang rutin membayar pajak negara. Ada beberapa orang atau oknum yang tidak taat terhadap negara yaitu tidak membayar pajak sebagaimana yang telah diperintahkan oleh undang – undang perpajakan.

Progam Amnesti Pajak dan Keuntungannya

9 Keuntungan Progam Amnesti Pajak Bagi Rakyat dan Negara
Image Via: https://www.femina.co.id/money/5-hal-yang-perlu-anda-ketahui-tentang-amnesti-pajak

Pada artikel ini akan membahas 9 manfaat amnesti pajak untuk rakyat dan negara.
Pentingnya mengetahui keuntungan program amnesti pajak bagi rakyat seperti anda yaitu agar anda sadar terhadap kepentingan negara. Salah satu kepentingan negara adalah menyejahterakan rakyat serta pembangunan nasional yang berprikeadilan.

Diharapkan dengan adanya amnesti pajak membuat wajib pajak yang belum membayar pajak bersedia untuk membayar pajak terutangnya. Program ampunan pajak ini diharapkan akan mendulang pundi – pundi rupiah yang akan menambah kas negara. Berikut ini 9 keuntungan program amnesti pajak bagi rakyat dan negara, antara lain:

a. Menghapus pajak harta yang baru dilaporkan

Keuntungan yang pertama ketika anda mengikuti program amenesti yaitu mampu menghapus pajak yang baru dilaporkan. Wajib pajak akan lebih ringan membayar pajak karena tebusan pajak yang dibayarkan sebagian dari pajak terutang keseluruhan.

Kondisi ini membuat wajib pajak seperti anda yang memiliki pajak terutang merasa tidak terbebani. Oleh sebab itu, sebagai wajib pajak anda sebaiknya mengikuti program amnesti pajak.

Jika anda mengikuti pajak otomatis anda akan mempermudah usaha anda serta membantu pemerintah dalam menjalankan kebijaksanaan pembangunan nasional. Pelaporan pajak harta lebih cepat maka pajak tebusannya akan lebih kecil.

b. Menghapus sanksi administrasi dan sanksi pidana

Manfaat mengikuti amnesti pajak selanjutnya adalah penghapusan sanksi administrasi berupa denda serta sanksi pidana berupa hukuman penjara. Seperti yang tertulis pada undang – undang perpajakan bahwa wajib pajak yang tidak membayar pajak atau tidak melunasi pajak terutang dalam masa toleransi tertentu maka akan dikenakan sanksi administrasi dan sanksi pidana.

Selain denda, sanksi administrasi lainnya berupa bunga atau kenaikan jumlah pajak sedangkan sanksi pidana berupa hukuman penjara atau kurangan dan denda pidana. Hal ini akan merusak reputasi anda dan usaha atau bisnis anda.

Baca Juga:  Ini Dia Manfaat Pajak Bea Cukai Bagi Masyarakat dan Negara

c. Tidak dilakukan pemeriksaan dan penyidikan pajak

Program amnesti pajak ini menguntungkan bagi masyarakat yang berstatus wajib pajak karena dengan mengikuti amnesti pajak maka wajib pajak tidak dikenakan pemeriksaan dan penyidikan pajak. Sebagai seorang pengusaha dan wajib pajak, anda merasa beruntung jika mengikuti amnesti pajak.

Anda akan menyelamatkan reputasi perusahaan atau badan usaha anda sehingga para klien anda masih tetap bisa percaya dan bekerjaama dengan anda. Jika anda melaporkan pajak anda maka petugas pajak tinggal mengecek apakah laporan pajak anda benar atai tidak.

d. Dapat menghentikan proses pemeriksaan dan penyidikan pajak

9 Keuntungan Progam Amnesti Pajak Bagi Rakyat dan Negara
Image Via: https://pemeriksaanpajak.com/2015/04/23/ini-sanksi-wajib-pajak-yang-tak-perbaiki-spt-5-tahun/

Jika anda mengikuti amnesti pajak maka dipastikan proses pemeriksaan dan penyidikan pajak terkait pembayaran atau pelunasan pajak terutang akan diberhentikan. Jika pemeriksaan dan penyedikan pajak anda diberhentikan maka dipastikan anda terbebas dari sanksi perpajakan seperti sanksi administrasi dan sanksi pidana.

Dimaana sanksi adminsitrasi berupa denda, bunga atau kenaikan nominal pajak, sedangkan sanksi pidana berupa denda pidana, kurungan atau hukuma penjara.

e. Terjaga rahasia terkait pajak terutang

Kelebihan lainnya program amnesti pajak yaitu data pajak anda akan terjaga kerahasiannya. Jaminan kerahasiaan ini akan membuat citra atau reputasi anda tetap positif. Namun jika anda tidak mengikuti amnesti pajak maka banyak orang mengetahui nilai atau nominal pajak terutang anda.

Kondisi ini akan memperburuk usaha anda karena citra atau reputasi anda sebagai pengusaha akan negatif. Oleh sebab itu, anda sebagai wajib pajak yang taat aturan sebaiknya mengikuti program pemerintah amnesti pajak.

f. Terbebas dari pajak penghasilan dan pajak balik nama

Salah satu pajak yang wajib dibayarkan adalah pajak penghasilan. Jenis pajak ini merupakan pajak yang pertama dan utama untuk kas negara. Jika anda mengikuti amnesti pajak maka anda akan terbebas dari pajak penghasilan terutang anda atau pajak penghasilan yang belum anda bayarkan.

Selain pajak penghasilan terutang, jika anda mengikuti program pemerintah terkait amnesti pajak maka pajak balik nama atau pajak harta yang akan dibalik nama akan terbebaskan. Oleh sebab itu, tidak ada alasan untuk tidak mengikuti program amnesti pajak karena memudahkan anda untuk mengurangi pengeluaran anda.

Baca Juga:  Ingin Memulai Usaha? Sebaiknya Kenali Dulu Aturan Pajak Penghasilan Badan Usaha

g. Wajib pajak mudah mengakses perbankan

Keuntungan Progam Amnesti Pajak selanjutnya setelah anda mengikuti program pemerintah amnesti paja yaitu anda dan wajib pajak lainnya akan mudah mengaksses perbankan. Jika anda masih memeiliki tanggungan pajak yang belum dibayar maka anda akan susah dalam mendapatkan akses perbankan baik didalam negeri maupun diluar negeri.

Hal ini dikarenakan direktorat perpajakan bekerja sama dengan instansi perbankan baik nasional maupun swasta dalaam mensuksekan program pemerintah amnesti pajak. Keadaan ini akan membuat usaha atau bisnis anda akan lancar dan tetap maju.

Namun jika kondisi anda sulit atau terblokir dari akses perbankan maka akan sangat sulit usaha anda bisa tetap berjalan. Apalagi saat ini transaksi pembayaran pasti melewati dan membutuhkan akses perbankan. Oleh sebab itu, sstu – satunya jalan yaitu mengikuti program amnesti pajak.

h. Program Amnesti Pajak Meningkatkan kas negara

9 Keuntungan Progam Amnesti Pajak Bagi Rakyat dan Negara
image Via: https://m.liputan6.com/bisnis/read/2380544/kemenkeu-bantah-kas-negara-jebol-karena-ada-utang#

Untuk manfaat negara yang pasti adalah meningkatkan kas atau penerimaan negara. Jika kas negara naik maka program pemerintah yang pro rakyat pasti akan dapat dijalanakan. Program pemerintah ini pasti membutuhkan dana maka diambilah dari kas negara atau yang dikenal sebagai APBN (Anggran Pendapatan dan Belanja Negara).

Ada beragam program pemerintah yang pro rakyat seperti perbaiakan jalan raya, jaminan kesehatan rakyat dengan bantuan kartu indonesia sehat, jaminan akses pendidikan dengna adanya kartu indonesia pintar, perbaikan fasiltas perdesaan, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, serta fasilitas umum lainnya dan kepentingan nasional lainnya.

i. Amnesti Pajak Meningkatkan kesadaran wajib pajak

Salah satu manfaat Progam Amnesti Pajak yang secara empiris terlihat dari adanya amnesti pajak yaitu meningkatkan kesadaran wajib pajak terhadap aturan atau kewajibannya untuk membayar pajak. Banyak orang atau wajib pajak belum sadar akan pentingnya pajak bagi keberlangsungan pembangunan nasional serta kepentingan negara lainnya.

Pajak ini diambil dari rakyat dan akan digunakan semaksimal mungkin untuk kepentingan rakyat. Adanya amnesti pajak ini diharapkan wajib pajak seperti anda sadar akan pentingnya membayar pajak sehingga kedepannya wajib pajak siap sedia membayar pajak dan tidak terjadi lagi pajak terutang.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Dekat Pajak Penghasilan (PPh) dan Cara Menghitungnya

Demikianlah 9 keuntungan program amnesti pajak bagi rakyat (wajib pajak) dan negara. Bagi anda seorang wajib pajak maka perhatikan manfaat tersebut sehingga anda lebih sadar untuk membayar kewajiban anda membayar pajak.

Pentingnya Mengikuti Amnesti Pajak Bagi Usaha Anda

Pentingnya Mengikuti Amnesti Pajak Bagi Usaha Anda

Ini Dia Manfaat Pajak Bea Cukai Bagi Masyarakat dan Negara

Ini Dia Manfaat Pajak Bea Cukai Bagi Masyarakat dan Negara