Kirim Uang Lewat Alfamart

Kirim Uang Lewat Alfamart,Transfer THR dengan Mudah

Posted on

Alfamart hadir di Indonesia di setiap lapisan masyarakat. Keberadaannya dimulai dari kota hingga desa. Layanan utama Alfamart ialah penjualan produk dan kebutuhan rumah tangga. Namun kini telah hadir layanan baru, yaitu layanan kirim uang lewat Alfamart. Jadi, konsumen dapat menggunakannya untuk transfer uang tanpa mendatangi bank.

Hadirnya layanan baru di Alfamart, rupanya memberikan kemudahan bagi masyarakat. Karena masyarakat dapat transfer uang tanpa harus mengantri panjang di bank. Belum lagi bila jarak bank cukup jauh, akan menghabiskan waktu perjalanan. Namun, apakah layanan transfer lewat alfa dapat dilakukan kapan pun atau ada ketentuan dalam menjalankannya?

Kenalan dengan Layanan Kirim Uang Lewat Alfamart

Kenalan dengan Layanan Kirim Uang Lewat Alfamart

Layanan kirim uang melalui mini market, sebenarnya telah lama diperkenalkan di masyarakat. Namun, konsumen tidak memahami caranya, sehingga jasa kirim uang ini tidak banyak diminati. Padahal bila melakukannya, ada banyak keuntungan yang akan didapatkan konsumen. Salah satunya dengan tidak perlu mengantri panjang seperti bank.

Pengiriman uang melalui Alfamart dapat dilakukan secara tunai. Artinya, anda yang tidak memiliki rekening tetap dapat memanfaatkan layanan. Hal menarik yang dimiliki layanan ini ialah seluruh cabang Alfamart menyediakan layanan. Jadi, anda tidak perlu menanyakan apakah bisa transfer uang lewat alfamart. Karena jawabannya ialah layanan tersedia di mana pun, di seluruh Indonesia.

8 Hal Penting Dalam Transfer Uang Lewat Alfamart

Sebelum melakukan pengiriman uang melalui alfamart, anda perlu memahami beberapa hal penting terkait layanan. Apa saja hal yang dimaksud? Berikut ulasannya,

  • Tanpa Rekening

Berbeda dengan transaksi di bank ataupun di ATM, pengiriman uang di alfamart tidak membutuhkan nomor rekening. Untuk melakukannya, hanya dibutuhkan data diri dan identitas asli pengirim. Di sisi lain dibutuhkan pula data berupa identitas penerima, sehingga proses pencairan dapat berjalan lancar.

  • Kode MTCN

Beberapa pihak merasa pengiriman uang melalui alfamart tidak aman dilakukan. Namun, anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Karena keamanan konsumen terjaga dengan digunakannya kode MTCN untuk penerimaan uang. Kode inilah yang harus dikirimkan ke penerima, tanpa harus diketahui pihak lainnya.

  • Bisa di Minimarket Berbeda

Apakah layanan ini hanya dapat dilakukan di Alfamart? Tentu tidak, karena layanan juga dapat dilakukan di minimarket lain seperti Indomaret. Namun, layanan kirim uang lewat indomaret memiliki cara tersendiri untuk dijalankan. Karenanya, penting untuk menggali informasinya secara lebih dalam.

  • Bisa Kirim dan Terima

Ada hal menarik lain yang akan dapat dinikmati dari layanan yang diberikan Alfamart, yaitu dapat mengambil uang. Dalam hal ini, setelah pengiriman dilakukan, penerima dapat langsung mengambil uang tersebut di alfamart terdekat. Namun yang harus dimiliki ialah ketersediaan kode MTCN, sehingga pengambilan uang dapat dilakukan.

  • Identitas Diri

Pada pengiriman uang, anda akan dimintai data diri oleh kasir. Bila identitas diri tidak bawa, maka transaksi tidak dapat dilakukan. Untuk itu, sebelum melakukan pengiriman siapkan data diri yang dibutuhkan. Data diri yang dibutuhkan dapat berupa, KTP, SIM ataupun paspor. Tanpa identitas diri, proses pengiriman dana tidak dapat dilakukan.

  • Jumlah Uang

Sama seperti bank, anda dapat mengirimkan uang dapat jumlah besar. Namun tidak menutup kemungkinan untuk mengirim dana dalam jumlah minim. Adapun jumlah dana yang dapat dikirimkan maksimal mencapai Rp 5.000.000 dan sedangkan jumlah minimum ialah Rp 10.000. Proses kirim uang lewat Alfamart dapat dilakukan kapanpun, selama toko masih dibuka.

  • Tersedia Di Manapun

Di Indonesia, masyarakat dapat menemukan Alfamart dengan mudah. Karena jumlah gerainya cukup besar, sehingga dapat ditemukan di kota maupun di desa. Di seluruh gerai tersebut, anda dapat melakukan transaksi pengiriman uang. Dengan catatan, seluruh syarat yang dibutuhkan telah dilengkapi, diantaranya kartu identitas dan uang yang akan dikirimkan.

  • Biaya Admin

Sayangnya, dari seluruh kemudahan yang diberikan dari layanan setor tunai di indomaret dan alfamart ada kekurangan didalamnya. Kekurangan yang dimaksud ialah biaya admin yang cukup besar dan disesuaikan dengan besaran dana yang dikirimkan. Contohnya, untuk dana sebesar Rp 5.000.000, akan dikenakan biaya hingga Rp 25.000 per pengiriman.

Baca juga : Cara Transfer Uang Lewat ATM, Benarkah Ada Biaya Admin? 

Bagaimana Cara Kirim Uang Lewat Alfamart?

Bagaimana Cara Kirim Uang Lewat Alfamart

Semua hal penting telah disiapkan, waktunya memperhatikan bagaimana cara kirim dana dapat dilakukan. Lebih lengkapnya, simak dalam ulasan dibawah ini

  • Siapkan Data Diri

Langkah awal dari pengiriman dana ialah siapkan data diri yang diperlukan. Sebagai persiapan, anda dapat menyiapkan salah satu identitas, seperti KTP ataupun SIM. Syarat ini berlaku pula untuk transfer uang lewat indomaret. Namun siapkan pula fotokopi dari identitas diri tersebut, sehingga tidak menjadi kendala saat proses dilakukan.

  • Pilih Alfamart Terdekat

Punya beberapa alfamart yang dekat dari rumah? Anda dapat memilih salah satunya dan jadikan sebagai jasa transfer uang terdekat. Sehingga tidak perlu mendatangi bank untuk melakukan transfer THR untuk kerabat di kampung. Setelahnya, segera datangi kasir dan sampaikan maksud untuk mengirimkan uang.

  • Siapkan Uang

Selesai dengan dua tahapan di atas, tahapan selanjutnya ialah siapkan uang yang akan dikirimkan. Tahapan ini terjadi saat petugas mengisikan data diri pengirim dan penerima dana. Ingat bahwa dana maksimal yang dapat dikirimkan ialah Rp 5.000.000 dengan biaya admin terpisah. Jangan sampai terjadi perbedaan antara formulir dengan uang yang diberikan.

  • Kode MTCN

Langkah terakhir yang harus diperhatikan adalah menerima kode MTCN. Kode MTCN merupakan bukti bahwa uang telah diberikan dan transaksi berjalan lancar. Tanpa adanya kode MTCN, artinya transaksi belum berhasil dan gagal. Karenanya, pastikan selalu minta kode, bila petugas telah menyatakannya berhasil.

  • Kirimkan Kode MTCN

Kode MTCN adalah kunci untuk pengambilan dana. Karenanya, pengirim dana perlu mengirimkan kode MTCN ke penerima uang. Kode ini dapat disampaikan dengan mengirimkan foto atau hanya menyampaikan kode tertentu. Penerima uang yang tidak memiliki kode MTCN, tidak akan bisa melakukan pencairan dana.

Bagaimana Proses Penerimaannya?

Cara transfer uang lewat indomart dan alfamart telah dipahami, lantas bagaimana dengan cara pengambilannya? Rupanya cara pengambilannya pun mudah. Anda hanya perlu mendatangi kasir dan meminta formulir pencairan dana. Hal yang perlu diperhatikan ialah menyediakan data diri seperti yang dilakukan oleh pengirim uang.

Dalam pengambilan dana siiapkan kode MTCN yang telah dikirimkan pengirim uang sebelumnya. Bila seluruhnya dinilai sesuai, penerima dana dapat langsung mengambil uang yang dikirimkan. Tidak ada biaya tambahan yang akan dikenakan oleh penerima uang. Jadi, tidak perlu khawatir dimintai dana tambahan saat pengambilan uang tersebut.

Adanya layanan ini, nampaknya memberikan kemudahan bagi konsumen untuk melakukan transaksi. Namun konsumen perlu memperhatikan hal-hal utama dalam layanan kirim uang lewat alfamart. Sehingga transaksi yang dilakukan dapat berjalan lancar tanpa kendala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *