Hal yang Harus Anda Pahami Tentang Kredit Kendaraan

Tentang Kredit Kendaraan – Kendaraan nampaknya sudah menjadi barang kebutuhan pokok bagi kebanyakan manusia di zaman sekarang. Hampir setiap rumah di kota maupun desa banyak yang sudah memiliki setidaknya 1 kendaraan pribadi.

Meskipun transportasi umum yang tersedia kian bertambah dan bermacam-macam seseorang masih banyak yang berpikiran lebih merasa nyaman jika menggunakan kendaraan pribadi.

Namun tidak semua orang tentunya mampu untuk membeli kendaraan tersebut secara kontan atau langsung sekaligus saat itu juga. Sehingga muncul jalan untuk pemecahan masalah tersebut dengan membayarnya secara dicicil atau kredit.

Tentang Kredit Kendaraan

Kredit barang apapun terutama kendaraan juga nampaknya sudah menjadi budaya terutama di negara kita. Karena semakin lama kian marak orang-orang yang memilih pembayaran melalui cicilan.

Untuk mengkredit suatu barang tentu anda harus mengetahui dan memahami apa saja dan bagaimana tentang kredit yang anda akan ambil itu sendiri.

Berikut kami jelaskan hal-hal yang harus anda pahami untuk mengkredit barang yang anda beli terutama tentang kredit kendaraan.

Baca Juga:  Baru Menikah? Simak 5 Langkah Mengatur Keuangan Rumah Tangga Ini

Tempat Pengajuan Kredit Kendaraan

Tentang Kredit Kendaraan Yang Harus Anda Fahami
Kredit Kendaraan via @karimunestilo.com

Tentang kredit kendaraan terutama untuk mengajukan kredit bagi yang menginginkan kendaraan. Ada 2 pilihan yang saat ini bisa anda pilih, bisa melalui Bank atau leasing. Dari kedua tempat tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kredit dan bank keduanya masih sama-sama mensyaratkan jika Down Payment (DP) minimal adalah 30 persen dari harga jual kendaraan yang telah disepakati kedua belah pihak yakni penjual dan pembeli.

Bagi anda yang menginginkan pembayaran DP atau uang muka secara ringan. Mungkin anda bisa memilih bank. Dengan melalui bank pula maka anda bisa melunasi utang dalam waktu lebih cepat ketika anda memiliki uang tunai lebih.

Sedangkan untuk kekurangannya itu sendiri adalah anda akan lebih rumit dan lama melewati proses-proses kepengurusannya.

Sebaliknya jika anda memilih leasing maka anda akan lebih mudah ketika melewati proses kepengurusan untuk memiliki kendaraan idaman anda.

Selain itu yang akan melakukan kepengurusannya adalah petugas leasing sehingga anda tidak perlu untuk pergi mengurusnya ke dealer.

Namun ketika anda mengajukan lewat leasing maka anda harus membayar suku bunga yang lebih tinggi dibanding bank.

Baca Juga:  Hati-Hati! Inilah Kesalahan dalam Mengelola Keuangan

Uang Muka atau DP Kredit Kendaraan

Tentang Kredit Kendaraan Yang Harus Anda Fahami
DP via @kreditgogo.com

Ketika seseorang memilih untuk membeli secara kredit kendaraan, seseorang tersebut terlebih dahulu harus melengkapi syarat-syarat yang harus dipenuhi seperti dokumen-dokumen.

Umumnya bila melalui leasing berupa dokumen berupa KTP,Kartu Keluarga, slip gaji atau surat keterangan penghasilan, NPWP, rekening 3 bulan terakhir.

Dan satu lagi yang anda siapkan diawal ialah uang muka. Dengan pembayaran uang muka ini, maka pihak penjual akan memastikan dan menjamin seseorang yang akan membeli kendaraan benar-benar akan serius melakukan transaksi.

Leasing biasanya akan menawarkan beberapa pilihan dalam uang muka yang bersangkutan dengan jangka pelunasan cicilan ini.

Kami menyarankan agar kiranya jika anda mampu bayarkan uang muka yang lebih besar untuk meringankan permasalahan beban biaya angsuran yang besar di tiap bulannya.

Namun tentu hal ini juga tergantung dengan kemampuan dana yang telah anda miliki dan siapkan. Selain itu anda juga memiliki keuntungan lainnya seperti memilih tenor pembayaran yang lebih cepat.

Biasanya leasing menyediakan pilihan antara 12 bulan, 24 bulan dan 36 bulan untuk masa pelunasan. Tentu anda tidak mau berlama-lama untuk memiliki hutang bukan?.

Sebaliknya jika uang muka yang anda bayarkan diawal kecil maka anda harus lebih siap dengan biaya angsuran yang lebih besar di tiap bulan.

Permasalahan yang saat ini sering terjadi adalah ketika ramainya banyak pihak-pihak yang menawarkan pembayaran uang muka rendah diawal.

Jika seseorang mudah tergiyur tanpa berpikir panjang tentu hal tersebut akan mengakibatkan kerugian bila seseorang tersebut tidak mampu untuk memenuhi pembayaran angsuran per bulannya.

Baca Juga:  8 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mengajukan Kredit Rumah

Tentang Angsuran Kredit Kendaraan

Angsuran via @angsuran.com

Sebelum anda memutuskan untuk mengkredit suatu barang sudah pasti anda lebih dahulu memilih tipe angsuran yang anda akan bayarkan, jumlah dan tenor pembayaran.

Sesuaikanlah dengan kemampuan anda agar kelak anda tidak mengalami kerugian penarikan kendaraan. Usahakan untuk selalu membayar angsuran tepat waktu agar anda terhindar dari denda pembayaran.

Kenali pula tentang denda pembayaran dan hitung denda tersebut bila sewaktu-waktu anda terlambat untuk membayar angsuran.

Asuransi Kendaraan Kredit

Tentang Kredit Kendaraan Yang Harus Anda Fahami

Asuransi kendaraan adalah salah satu asuransi yang cukup penting anda miliki untuk menghindari kerugian seandainya terjadi sesuatu yang kurang baik terhadap kendaraan yang kita miliki. Mungkin penyertaan asuransi ini lebih sering ditujukan untuk kendaraan baru.

Untuk kendaraan bermotor ada dua jenis asuransi yaitu asuransi yang menangani kehilangan saja (Total Lost Only) dan asuransi yang menangani kerusakan kendaraan hingga kehilangan (All Risk).

Baca Juga:  Apa Itu Rekening Koran Bank dan Kegunaannya

Ada baiknya jika anda memilih asuransi yang menangani kerusakan kendaraan hingga kehilangan, meskipun harus mengeluarkan biaya lebih dengan asuransi ini maka anda tidak was-was dengan kendaraan yang anda punya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *