Ingin Mengambil Kredit Pemilikan Rumah (KPR)? Perhatikan 4 Hal Ini

Kredit pemilikan rumah (KPR) saat ini memang sedang gencar dan menjamur dimana-mana, mulai dari daerah pedesaan sampai daerah perkotaan. Hal ini dianggap menjadi solusi terbaik untuk mewujudkan rumah bagi rakyat kelas menengah ke bawah.

Berbagai program kredit perumahan rakyat juga di dukung oleh beberapa bank yang membantu dalam mengcover semua biaya pembelian rumah, selanjutnya pengkredit akan membayarkan cicilannya setiap bulan ke bank terkait.

Selain itu pemerintah juga sangat mendukung program-program seperti ini dengan harapan akan membantu mensejahterakan rakyatnya. Tanpa adanya program seperti ini, dirasa sangat sulit untuk mempunyai sebuah rumah sendiri, khususnya untuk kalangan menengah ke bawah.

Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

kredit pemilikan rumah KPR
kredit pemilikan rumah via @https://uangteman.com

Perlu Diperhatikan Jika Ingin Mengambil Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan agar keputusan melakukan kredit pemilikan rumah bisa lancar. Tanpa harus mengganggu keuangan anda.

Justru anda akan semakin memperbaiki kondisi keuangan. Yuk simak bersama-sama, penjelasannya sebagai berikut :

1. Wajib Mempunyai Penghasilan Jika Ingin Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Pengajuan kredit perumahan tentunya harus mempunyai penghasilan ataupun pekerjaan tetap. Karena penghasilan kita adalah sumber dana yang nantinya akan digunakan untuk mendanai pembayaran cicilan kredit perumahan hingga masa kreditnya selesai.

Alasan inilah yang mengharuskan kita mempunyai penghasilan ataupun pekerjaan tetap, guna mengcover pembayaran setiap bulannya. Jangan mengganggap atau berfikiran bahwa mengambil keputusan kredit adalah keputusan yang menyusahkan diri sendiri.

Baca Juga:  16 Alasan Mengapa Pengajuan KTA, KPR, dan Kartu Kredit Anda Ditolak

Terlebih lagi tempo kredit perumahan itu tidaklah sebentar, minimal sampai 10 tahun lamanya. Jadi diperlukan niat dan tekad yang kuat agar tidak putus di tengah jalan.

Sebenarnya mengambil keputusan kredit perumahan merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengamankan sebagian penghasilan, yang bermanfaat bagi masa depan anda sendiri.

Coba saja bandingkan antara anda mempunyai kredit perumahan dan tidak. Jika anda memiliki kredit perumahan, tentunya sebagian penghasilan anda akan menjadi lebih menguntungkan karena harga perumahan semakin hari semakin mahal.

Sedangkan bila anda tidak memiliki kredit perumahan, kemungkinan terbesar adalah semua penghasilan anda akan habis sia-sia karena merasa tidak mempunyai tanggungan. Sekarang pilih yang mana?

Kesimpulannya adalah dengan melakukan kredit perumahan akan mengajarkan kepada anda bagaimana mengelola keuangan dengan baik. Karena dengan kredit perumahan merupakan keputusan yang tepat untuk masa depan yang lebih baik.

2. Mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Minimal Siapkan 30 Persen dari Penghasilan

Syarat ini harus terpenuhi jika anda ingin kondisi keuangan anda baik-baik saja. Jika syarat ini tidak terpenenuhi, sebaiknya jangan memaksakan diri, berarti anda belum mampu.

Tapi jangan khawatir, anda bisa menggunakan 30 persen dari penghasilan anda untuk usaha kecil-kecilan terlebih dahulu.

Hal ini diharapkan akan membuat keuangan anda menjadi semakin berkembang. Nah setelah usaha anda berjalan dengan baik, secara otomatis akan menambah penghasilan bagi anda.

Sehingga nantinya niat anda yang sebelumnya tertunda bisa diwujudkan kembali, karena penghasilan anda sudah mumpuni untuk dialokasikan ke cicilan.

Baca Juga:  8 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mengajukan Kredit Rumah

3. Mempunyai Komitmen Dalam Membayar Angsuran Kredit Pemilikan Rumah

Dalam kasus ini komitmen sangatlah dibutuhkan agar proses kredit perumahan yang sedang berjalan tidak kandas di tengah jalan.

Maksud komitmen disini adalah bertanggung jawab atas keputusan yang diambil dan menyelesaikannya sampai tuntas. Dengan modal tekad yang kuat, kemungkinan besar komitmen akan tetap terjaga.

Jangan sampai pada suatu waktu anda mulai goyah dan menggunakan uang yang seharusnya untuk cicilan malah digunakan untuk keperluan lainnya. Hal-hal seperti inilah yang ajib anda perhatikan dan hindari.

4. Pastikan Kredit Pemilikan Rumahan Anda Mempunyai Bunga Flat

Kebanyakan orang tidak terlalu memperhatikan aspek yang satu ini. Justru yang menjadi sorotan utama adalah DP dan cicilan saja tanpa memperhatikan bunga yang ditawarkan dan selanjutnya akan mempengaruhi besarnya cicilan selanjutnya.

Carilah kredit pemilikan rumah yang menawarkan bunga flat. Hal ini jauh lebih aman dan mempunyai resiko kecil terjadi masalah pada keuangan anda.

Pasalnya dari mulai cicilan awal sampai cicilan akhir, anda akan membayarkan cicilan dengan jumlah yang sama tanpa adanya kenaikan karena hal-hal lain.

Seringkali marketing perumahan tidak menjelaskan mengenai bunga yang dipakai. Oleh karena itu anda sebagai customer wajib sekali mempunyai sifat responsif dan banyak tanya. Sehingga anda akan memperoleh informasi sebanyak-banyaknya, yang tentunya akan menguntungkan diri anda sendiri.

Baca Juga:  Syarat Pengajuan KPR BNI Syariah dan Take Over Dari Bank Lain

Lebih baik lagi jika anda bertanya-tanya terlebih dahulu pada teman anda yang lebih mengerti, dan berpengalaman mengenai informasi seputar kredit pemilikan rumah.

Gunanya sebagai bekal anda dalam membantu memilih penawaran kredit pemilikan perumahan terbaik, yang akan berpengaruh pada pengelolaan keuangan anda di masa yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *