in

Kredit Pintar Pinjaman Uang Online Berbasis Aplikasi

Kredit Pintar Pinjaman Uang – Pinjaman online kini semakin marak. Untuk memperolehnya pun cukup mudah. Namun, hal ini juga membuat sebagian masyarakat bingung untuk memilih; pinjaman mana yang memberikan pelayanan yang baik dan memiliki biaya yang terukur. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang juga khawatir terhadap sistem keamanan data yang ditawarkan oleh pinjaman online tersebut.

Mengingat, semua proses pengajuan pinjaman dilakukan secara online. Karena itu, pihak otoritas menetapkan sejumlah peraturan baru untuk mengatur perusahaan penyedia layanan pinjam online ini. Tujuannya, agar penyedia pinjaman online tidak bertindak serampangan.

Mereka diwajibkan untuk mendaftarkan usahanya kepada pihak otoritas jasa keuangan maupun Bank Indonesia (BI) selaku regulator keuangan. Beberapa peraturan tersebut berkaitan dengan ketentuan usaha, sistem atau infrastruktur, hingga manajemen usaha yang membawahi layanan pinjam online.

Sementara bagi mereka yang tidak mendaftarkan usahanya, maka pihak otoritas melalui kementerian komunikasi dan informasi akan memblokir usahanya tersebut, baik yang melalui website maupun aplikasi.

Karena itu, Anda sebagai penggunanya harus pintar-pintar dalam menyikapi pertumbuhan layanan pinjam online ini. Mengingat, ada saja oknum yang memanfaatkan untuk mengambil “untung” melalui tindakan yang tidak dapat dibenarkan oleh hukum dalam bisnis yang tengah berkembang pesat ini.

Kredit Pintar Pinjaman Uang Online Berbasis Aplikasi

Kredit Pintar Pinjaman Uang Online Berbasis Aplikasi

Produk pinjaman dan ketentuan Kredit Pintar

Salah satu pinjaman uang online berbasis aplikasi atau website yang bisa kita temui adalah kredit pintar. Aplikasi kredit pintar pinjaman uang menawarkan produk pinjaman fleksibel dan berjangka. Dalam pinjaman fleksibel, pinjaman akan diproses secara online, dengan nominal mulai dari 500 ribu rupiah sampai dengan 2 juta rupiah.

Bunganya akan dihitung per hari dimulai dari hari kedua berdasarkan jenis pinjaman. Kedua, pinjaman atau pendanaan berjangka. Ini merupakan jenis produk yang ditawarkan untuk pengguna baru. pinjamannya pun akan diproses secara online, dengan nominal yang sama, yaitu 500 ribu rupiah sampai dengan 2 juta rupiah.

Jenis pinjaman ini juga memberlakukan biaya bunga. Sedangkan untuk risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh pemberik pinjaman. Karena itu, ada baiknya Anda membaca secara detail ketentuan pengguna atau peminjam sebelum melakukan pinjaman.

Selain itu, perlu juga memperhitungkan berapa besar dana pinjaman yang Anda butuhkan dengan limit pinjaman tersebut. Dengan begitu, Anda dapat mempetimbangkan jenis produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain mempertimbangkan kemampuan bayar Anda tentunya.

Baca Juga:  Kredit Mobil Baru DP Murah Cicilan Ringan, Pertimbangkan Ini Sebelum Mengajukan

Produk Aplikasi Kredit Pintar Pinjaman Uang Online

Agar lebih jelas, berikut produk yang ditawarkan aplikasi kredit pintar pinjaman uang:

1. Nilai nominal pendanaan 500 ribu rupiah memiliki tenor pinjaman 14 hari.
2. Nilai pendanaan Rp1 juta rupiah, tenor 28 hari.
3. Nilai pendanaan 2 juta rupiah, tenor 3 bulan.

Cara pengajuan Kredit Pintar Pinjaman Uang Online

Untuk mendapatkan pinjaman uang dari kredit pintar, Anda harus menginstall aplikasi tersebut, baru kemudian melakukan registrasi atau pendaftaran akun, di mana dalam proses pendaftaran akun ini Anda perlu menyertakan foto KTP dan foto selfi Anda lewat smartphone. Baru kemudian proses registrasi selesai.

Informasnya, setelah pinjaman yang diajukan disetujui, dana pinjaman tersebut akan ditransferkan langsung ke nomor rekening Anda dalam waktu 1×24 jam. Hal yang tidak kalah penting yang harus Anda perhatikan tentu saja besarnya biaya bunga yang harus Anda bayarkan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan.

Hal ini lagi-lagi untuk mengukur kemampuan bayar Anda dan memastikan bahwa Anda dapat melunasinya sebelum tanggal jatuh tempo. Karena biasanya, ada biaya denda atas keterlambatan pembayaran yang Anda lakukan. Hal ini tentu saja bisa memberatkan keuangan Anda.

Untuk pembayaran dana dari kredit pintar pinjaman uang, pembayaran dapat dilakukan di bank-bank yang telah bekerja sama dengan kredit pintar, antara lain Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BRI, maupun Alfa Group.

Baca Juga:  6 Aplikasi Pinjam Uang Online Terbaik dan Terpercaya

Aplikasi yang Menawarkan Pinjaman Online

Kredit Pintar Pinjaman Uang Online Berbasis Aplikasi
Image via: https://www.kreditpintar.com

Terlepas dari layanan yang diberikan kredit pintar pinjaman uang, ada banyak penyedia aplikasi yang menawarkan pinjaman online, antara lain:

1. Dana Rupiah
2. Uang Teman
3. Pinjam Yuk
4. Dompet Kilat
5. Tunai Kita
6. Investree
7. Modalku
8. Qreditt
9. Taralite
10. Akseleran

Mewaspadai aplikasi peminjaman uang illegal

Selain perusahaan penyedia layanan keuangan online yang terdaftar dan berizin, tentu ada saja perusahaan ilegal yang juga menawarkan produk pinjaman di tengah masyarakat. Hal inipun menjadi perhatian dari pihak otoritas dan regulator.

Baru-baru ini, informasi menyebutkan kominfo memblokir sejumlah aplikasi dan website yang termasuk dalam kategori illegal. Jumlahnya pun tidak tanggung-tanggung, yakni ada sebanyak 738 fintech.

Dengan adanya temuan ini, bukan tidak mungkin masih ada website maupun aplikasi ilegal yang masih menjalankan bisnisnya. Karena itu, Anda pun harus cermat dalam melihat hal ini. Jangan sampai pinjaman online yang dimaksudkan membantu Anda mengatasi masalah keuangan justru menyengsarakan.

Paling tidak, dengan adanya pengawasan dari pihak otoritas dan regulator, bisa meminimalisir kemungkinan buruk yang terjadi. Dan kalaupun terjadi hal-hal yang tidak diinginkan Anda dapat melaporkan perusahaan tersebut kepada pihak yang berwenang untuk ditindaklanjuti.

Baca Juga:  Apakah Boleh Pinjam Uang Online Untuk Acara Pernikahan?

Jadi, pastikan terlebih dahulu bahwa perusahaan penyedia layanan pinjam meminjam online yang akan Anda pilih terdaftar dan memiliki izin usaha. Jangan sampai Anda terjebak pada perusahaan pinjaman online ilegal yang menawarkan produk pinjaman online mudah dan cepat.

Tempat Yang Memberikan Pinjaman Uang yang Bisa Dicicil

Tempat Yang Memberikan Pinjaman Uang yang Bisa Dicicil

Kredit Mobil Baru DP Murah Cicilan Ringan, Pertimbangkan Ini Sebelum Mengajukan

Kredit Mobil Baru DP Murah Cicilan Ringan, Pertimbangkan Ini Sebelum Mengajukan