in ,

4 Layanan E-Banking Yang Memudahkan Anda Bertransaksi

Layanan E-Banking – OJK (Otoritas Jasa Keuangan) merupakan lembaga pemerintahan yang dibentuk melalui Undang-Undang yang tugasnya adalah mengawasi industri jasa keuangan. Informasi terbaru OJK baru-baru ini telah merilis buku yaitu Buku Bijak Ber-E-Banking. Yang mana buku tersebut berisi informasi lengkap tentang E-Banking.

Sehingga, dapat dimanfaatkan untuk masyarakat yang ingin mengetahui beberapa produk layanan yang disediakan E-Banking. Dengan begitu, maka para nasabah bank diharapkan dapat lebih memahami sehingga dapat memaksimalkan fitur layanan E-Banking yang disediakan.

Karena dengan adanya perkembangan teknologi dan komunikasi mulai munculnya fitur-fitur E-Banking yang baru.  Seperti ATM, Internet Banking, Mobile Banking, Phone Banking, SMS Bangkong, EDC, E-Commerce. Hingga membuat sebuah video Banking yang bisa berguna untuk lebih memudahkan nasabah dalam menjalankan transaksi.

Layanan E-Banking Yang Memudahkan Anda Bertransaksi

Berikut ini ada 4 layanan E-Banking yang disediakan yang perlu Anda ketahui adalah:

1. ATM

Mungkin di khalayak umum, menganggap bahwa ATM hanya sebagai penarik uang saja. Nah, dalam buku bijak yang dikeluarkan oleh OJK. Buku ini telah menjelaskan bahwa adanya informasi detail mengenai ATM (Anjungan Tunai Mandiri) atau automated teller machine.

Di mana buku tersebut menjelaskan bahwa ATM menjelaskan adanya 4 jenis ATM.  Yaitu ATM tunai, non-tunai, ATM setor tunai, hingga ATM lengkap.

  • ATM Tunai – bertransaksi tunai dan menarik uang melalui mesin ATM
  • Untuk ATM Non Tunai – fitur khusus untuk transfer, bayar tagihan, cek saldo, dan lain-lain
  • ATM Setor Tunai – atau biasa disebut sebagai Cash Deposit Machine (CDM). Fungsinya untuk menyetor uang, sehingga nasabah tanpa perlu antri untuk menabung.
  • ATM Lengkap – fitur yang sangat lengkap dari transaksi tunai hingga setor tunai.

Sehingga, fungsi dari ATM ini bukan hanya untuk menarik uang saja. Melainkan juga dapat transfer uang, cek saldo, bayar tagihan kartu kredit, bayar listrik, beli pulsa, hingga pembayaran premi asuransi.

Baca juga : Alternatif Transfer Uang Bagi Yang Tidak Memiliki Rekening.

Perlu Anda ketahui juga bahwa ATM juga memiliki 2 jaringan besar bank di Indonesia yaitu :

  • ATM Bersama yang di antaranya adalah BNI, BRI, Mandiri, CIMB Niaga, Panin, Permata, dan Danamon
  • ATM Prima di antaranya adalah BCA, BNI, BRI, Mandiri, dan CIMB Niaga

2. EDC

EDC via @infopulsa.com

Selain ATM, buku panduan dari OJK juga menjelaskan tentang EDS yaitu Electronic Data Capture. Fungsinya sebagai alat transaksi jual beli menggunakan kartu kredit atau debit tanpa menggunakan uang tunai. Jadi, ketika berbelanja Anda tidak perlu lagi menggunakan uang tunai untuk membayarnya. Cukup gesek, maka Anda sudah membayar asal saldo atau limitnya mencukupi.

Baca juga : Cara Setor Tunai BCA di Mesin ATM Bank BCA Setor Tunai.

Dengan adanya EDC, maka orang ketika berbelanja dapat lebih praktis dilakukan. Umumnya, toko yang menyediakan EDC ini adalah toko-toko yang besar. Toko yang menyediakan barang dengan harga yang tak murah. Karena adanya batasan nominal transaksi setiap gesek atau bertransaksi dengan EDC.

Perlu diketahui juga bahwa EDC juga bukan hanya digesek, melainkan juga ada yang dengan cara ditempel dengan menggunakan kartu flash. EDC mulai semakin populer dengan adanya pembayaran. Seperti untuk pembayaran belanja, jalan tol, tiket pesawat, dan lain sebagainya membuat EDC semakin populer di kalangan E-Banking.

Adapun 3 jenis EDC yang biasa digunakan oleh toko yaitu :

  • Fixed Line/Line Telepon – untuk membayar langganan atau tagihan listrik yang langsung tertuju ke PT Telkom.
  • GPRS Power – mesin yang berdasarkan sinyal seluler yang digunakan saat bertransaksi.
  • GPRS Mobile – mesing yang menggunakan baterai atau bisa diisi ulang.

3. INTERNET BANKING

Selanjutnya adalah layanan Internet Banking yang merupakan layanan dari pihak bank. Hal ini guna untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi tanpa pergi ke ATM atau Bank. Yaitu cukup membuka internet, maka nasabah sudah dapat bertransaksi.

Dalam internet banking ini kita bisa melakukan cek saldo, transfer dan fitur lainnya. Dengan adanya internet banking maka Anda serasa self service alias melayani sendiri. Tak perlu capek dan ribet antri ke ATM atau Bank kan?

Baca juga : 10 Layanan Internet Banking BRI Untuk Nasabah.

Tak hanya fitur tersebut, Anda pun juga dapat membayar beberapa tagihan seperti listrik, telepon, pulsa, internet, dan lain sebagainya. Untuk mendaftarkan diri ke internet banking cukup pergi ke kantor bank dan mengisi formulir maka Anda akan dipandu oleh teller. Jika Anda sudah mendapatkan ID dan Pasworrd, maka pendaftaran Internet Banking pun berhasil.

4. SMS BANKING

Tanpa menggunakan data internet pun Anda juga bisa melakukan transaksi. Hal ini merupakan layanan tambahan dari E-Bangking yaitu SMS-Banking. Dengan adanya fitur tersebut, maka Anda dapat bertransaksi tanpa harus menggunakan data internet. Cukup menggunakan pulsa, maka Anda sudah bisa bertransaksi. Walaupun sms banking ini lebih banyak menyedot pulsa Anda.

Itulah 4 layanan dari E-Bangking yang perlu Anda ketahui agar Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh E-Bangking. Masih banyak fitur lainnya yang dijelaskan dalam buku terbitan OJK ini jika Anda ingin mengetahuinya lebih. Baca juga : Perbedaan E Banking dan E Payment Yang Perlu Anda Tahu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Investasi Emas dalam Islam, Yang Muslim Wajib Baca!

Investasi Emas dalam Islam, Yang Muslim Wajib Baca!

Cara Investasi Emas di Bank Syariah dan Keuntungannya

Cara Investasi Emas di Bank Syariah dan Keuntungannya